MALANG — Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang new normal life pada masyarakat desa Sumberpucung (8/8/2020).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 64 itu adalah Gamajaya, Mauludy, Findi, Melinia dan Prima dengan dosen pembimbing lapangan Ary Bakhtiar, S.P, M.Si melakukan Social Education terhadap pentingnya pencegahan penyebaran virus covid-19 di masa pandemi ini, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya mengedukasi masyarakat tentang apa itu new normal life

Pelaksanaan kegiatan dari program kerja KKN kali ini mengenai sosialisasi dan edukasi tentang era new normal dengan sasaran yaitu warga masyarakat desa Sumberpucung.

Berdasarkan dari hasil survei yang telah dilakukan masih banyak masyarakat desa Sumberpucung yang masih belum paham mengenai konsep dari era new normal, serta masih banyak masyarakat yang masih kurang memahami akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan

Baca: Selain Kuliah, berikut 7 Kegiatan yang Wajib Mahasiswa Ikuti

Hal itu dapat dilihat dari masih banyaknya warga yang tidak mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah atau bepergian dan juga masih banyaknya warga yang suka berkerumun tanpa melakukan physical distancing.

Oleh karena itu dengan adanya program ini diharapkan warga dapat mengetahui serta dapat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh masyarakat desa dengan tetap mengacu dan mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan tim Gugus Tugas Covid-19.

Sebelum masuk ke tempat acara, masyarakat diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, selain itu masyarakat juga diwajibkan menggunakan masker, dan tempat duduk yang digunakan juga telah ditata sedemikian rupa.

Acara sosialisasi ini lebih didominasi dengan sesi diskusi mengenai new normal life. Seperti pemutaran video tentang bagaimana pola hidup berdamai dengan covid-19, apa itu new normal dan lain sebagainya yang kemudian memicu rasa ingin tau dari masyarakat itu sendiri.

Kegiatan edukasi dilaksanakan di Dusun Pakel, Desa Sumberpucung di salah satu rumah warga yakni Ibu Dewi.

Edukasi terkait new normal ini dibawakan dibawakan langsung oleh salah satu tim dari kelompok KKN 64 UMM yakni Mauludy.

edukasi new normal KKN UMM

Mahasiswa KKN Menjelaskan Cara Menjalankan Protocol Kesehatan Covid-19

Dirinya menjelaskan terkait pentingnya berdamai dengan virus Covid-19 dengan tetap menjalankan protocol kesehatan.

Beberapa  masyarakat yang menghadiri kegiatan edukasi tidak menerapkan protokol kesehatan sehingga para team KKN 64 UMM memberikan edukasi langsung kepada mereka terkait pentingnya menjaga diri dari virus Covid-19.

Baca juga : 7 Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

Pada akhir acara penutupan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan, tim KKN 64 UMM memberikan reward yakni gantungan kunci sebagai bentuk kenang-kenangan bagi mereka yang telah mengikuti pola hidup new normal.

Penulis: Tim KKN 64 PMM 
Universitas Muhammadiyah Malang