Halo sobat pelajar!

Pada masa pandemi COVID-19 ini salah satu opsi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas belajar kamu adalah dengan mengikuti berbagai bimbel online yang ada.

Baca: 7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Bimbel online sendiri bukan sekedar memindahkan metode belajar bimbel konvensional ke media digital loh, sobat!

Lebih dari itu, ada banyak sekali fitur-fitur unggulan hasil inovasi dari penyedia layanan bimbel online ini yang dapat membuat pengalaman belajarmu semakin menarik meski dilakukan secara online.

Dua diantara penyedia layanan bimbel online paling besar dan terkenal di Indonesia adalah Ruangguru dan Zenius.

Pasti sobat pelajar sudah tahu atau setidaknya pernah mendengar kedua bimbel online ini, dong? Tapi, bagaimana sih perbedaan antara keduanya? Mana yang lebih baik, Ruangguru atau Zenius?

Nah, dalam tulisan ini Ruang Mahasiswa akan melakukan analisis perbandingan antara kedua layanan bimbel online terbesar ini, sobat!

Yuk kita simak perbandingannya!

1. Kurikulum

Kurikulum adalah salah satu komponen paling penting untuk menentukan bimbel mana yang cocok untuk kamu.

Hal ini dikarenakan, agar dapat benar-benar mendukung proses kegiatan belajarmu di sekolah maka bimbel yang kamu ikuti harus memiliki kurikulum yang sama dengan yang berlaku di sekolahmu.

Nah, di Indonesia permasalahan kurikulum ini sedikit kompleks, sobat.

Per tahun ajaran 2020/2021 ini saja setidaknya masih ada tiga kurikulum yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, mulai dari jenjang SD hingga SMA.

Ketiga kurikulum tersebut adalah KTSP, K-13 dan Kurikulum 2013 Revisi.

Dalam hal ini, ada sedikit perbedaan antara Ruangguru dan Zenius, sobat!

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan jika kamu saat ini duduk di bangku SMA maka kedua layanan bimbel online ini sama-sama menawarkan pembelajaran berbasis ketiga kurikulum tersebut.

Namun, Ruangguru lebih unggul dalam tingkat SD dan SMP. Pada tingkat SMP Ruangguru  lebih unggul karena menawarkan K-13 Revisi sebagai basis pembelajaran yang dapat kamu pilih.

Sementara itu, pada tingkat SD tim Ruang Mahasiswa sendiri kesulitan untuk menemukan basis kurikulum yang digunakan oleh Zenius. Sementara itu, Ruangguru dengan jelas menawarkan ketiga kurikulum tersebut plus K-13 Revisi Tematik sebagai basis pembelajaran yang bisa sobat pilih.

2. Mata Pelajaran

Selain kurikulum, hal lainnya yang sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih diantara kedua bimbel online ini adalah mata pelajaran yang ditawarkan.

Mata pelajaran yang ditawarkan oleh bimbel online ini tentu saja harus sesuai dengan mata pelajaran yang ada di sekolahmu.

Semakin lengkap mata pelajaran yang ditawarkan, maka semakin banyak pula manfaat yang dapat kamu ambil dari bimbel online tersebut.

Lalu, mana yang lebih banyak menawarkan mata pelajaran? Silahkan sobat lihat perbandingannya pada tabel di bawah ini, ya!

Berdasarkan kedua tabel diatas, kita dapat melihat perbandingan bahwa pada tingkat SD dan SMP, Ruangguru kembali lebih unggul dari sisi kuantitas mata pelajaran yang ditawarkan.

Sementara pada tingkat SMA, kedua bimbel ini sama-sama menawarkan mata pelajaran yang lengkap.

Namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar pada paket yang ditawarkan.

Zenius menawarkan mata pelajaran SMA IPA dan IPS dalam satu paket yang sama. Artinya, apabila kamu ingin membeli paket SMA IPA maka kamu juga akan mendapatkan mata pelajaran SMA IPS.

Sementara itu, Ruangguru menawarkan mata pelajaran SMA IPA dan IPS dalam paket yang terpisah. Artinya, jika kamu ingin membeli paket SMA IPS maka kamu tidak akan mendapatkan mata pelajaran SMA IPA.

Di SMA mungkin kamu akan lebih banyak memilih paket yang hanya sesuai jurusan kamu saja.

Baca: 7 Tips Meningkatkan Konsentrasi Mengerjakan Tugas

3. Video Pembelajaran

Dalam hal video pembelajaran sendiri kedua bimbel online ini memiliki perbedaan yang cukup kontras, sobat.

Zenius dan Ruangguru memiliki cara dan keunggulan masing-masing dalam penyampaian materinya.

Zenius lebih berfokus untuk membentuk pemahaman fundamental para siswanya atas materi yang disampaikan. Untuk itu, video pembelajaran yang ditawarkan oleh Zenius lebih banyak menghadirkan penjelasan konseptual atas berbagai materi yang ada.

Tutor dari Zenius sendiri tidak hadir secara fisik di dalam video pembelajaran tersebut dan hanya memberikan penjelasan melalui suara yang dibantu dengan papan tulis virtual.

Sementara itu, video pembelajaran Ruangguru sendiri lebih menyerupai kegiatan pembelajaran yang ada di kelas, dimana ada tutor yang hadir lengkap dengan papan tulis untuk menyampaikan materi yang akan dipelajari.

Namun, fitur-fitur canggih kekinian yang ditawarkan oleh Ruangguru menciptakan tampilan visual yang ciamik.

Beberapa video pembelajaran Ruangguru juga berhasil memvisualisasikan soal-soal cerita sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Video pembelajaran di Ruangguru didukung oleh berbagai inovasi yang kreatif, seperti ilustrasi, kartun dan motion graphic sehingga materi yang disampaikan menjadi tidak membosankan.

4. UI/UX

User interface dan user experience atau yang lebih populer dikenal dengan UI/UX juga perlu menjadi pertimbangan kamu, sobat!

Memangnya apa sih UI/UX itu?

Mudahnya, UI adalah bagaimana tampilan sebuah website/aplikasi jika dilihat oleh pengguna. Sementara UX adalah bagaimana performa sebuah website/aplikasi ketika digunakan oleh pengguna.

Nah, sampai disini sudah paham kan mengapa UI/UX juga penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih salah satu dari dua aplikasi ini?

Okay, dalam konteks UI, Zenius memiliki tampilan yang lebih minimalis di dalam aplikasinya dengan dominasi warna putih. Warna ungu dan kuning juga dipilih sebagai warna lain yang menghiasi aplikasi ini.

Warna-warna yang digunakan di dalam aplikasi Zenius cenderung lebih lembut dan tidak mencolok jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Sementara itu, Ruangguru memiliki tampilan yang lebih colorful di dalam aplikasinya.

Meskipun juga memilih warna putih sebagai background, namun ikon-ikon di Ruangguru menggunakan beragam gradasi warna yang membuatnya terlihat lebih mencolok.

Namun sisi positif-nya, hal ini membuat tampilan pada aplikasi Ruangguru menjadi tidak membosankan untuk dipandang.

Sementara itu, dari segi UX kedua aplikasi ini memiliki peforma yang baik dan tidak membuat gawai kamu cepat panas.

5. Tutor

Perbedaan diantara kedua bimbel online ini juga cukup kontras pada tutornya lho, sobat!

Tutor Ruangguru cenderung lebih suka menggunakan pilihan kata-kata yang formal, yang mana mirip dengan cara guru-guru di sekolah dalam menyampaikan materi.

Penggunaan bahasa yang lebih formal tersebut membuat tutor yang ada di Ruangguru terlihat kurang atraktif dan menarik bagi para siswa tapi lebih resmi secara pengajaran di pendidikan formal

Sebaliknya, meskipun tidak hadir secara fisik di dalam video (hanya melalui audio), namun tutor-tutor yang ada di Zenius cenderung lebih menarik bagi para siswa dikarenakan penggunaan bahasa yang lebih non-formal.

Penggunaan bahasa sehari-hari ini membuat tutor Zenius terkesan lebih friendly dengan para siswa. Beberapa siswa bahkan mengaku merasa tutor-tutor Zenius seperti temannya sendiri meski hanya mengenalnya lewat suara.

Selain itu, dengan mengonversikan bahasa-bahasa ilmiah yang asing di telinga ke dalam bahasa sehari-hari, para siswa juga dapat lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Baca: Pilih Genre Musik yang Cocok untuk Belajar

6. Harga

Setelah mengetahui berbagai perbedaan diatas serta keunggulan dan kekurangan masing-masing bimbel online, hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan adalah harga.

Kamu tentu ingin mendapatkan manfaat yang sebanyak-banyaknya dengan mengeluarkan biaya semurah-murahnya, bukan?

Oleh karena itu, tim Ruang Mahasiswa telah merangkum beberapa harga paket unggulan yang ditawarkan oleh kedua bimbel online tersebut.

Zenius

  • Zenius Aktiva Sekolah (Kelas 1-12): Rp. 1.450.000
    Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal dan soal latihan.
  • Zenius Aktiva UTBK: Rp. 2.300.000
    Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal, video pembahasan UTBK dan soal latihan.
  • Zenius Optima (Kelas 10-12): Rp. 6.000.000
    Kelas live semua pelajaran, kelas live IPA dan IPS, semua fitur Aktiva Sekolah dan tonton ulang rekaman kelas.
  • Zenius Ultima (Kelas 12 + UTBK): Rp. 9.000.000
    Kelas live semua pelajaran, kelas live UTBK, semua fitur Aktiva Sekolah, Aktiva UTBK serta Optima dan tonton ulang rekaman kelas.

Ruangguru

Paket RuangBelajar: Rp. 250.000 – Rp. 2.800.000

Akses video pelajaran, rangkuman modul bimbel dan soal latihan.

  • Paket 1 tahun kelas 1-12: Rp. 1.350.000
  • Paket 2 tahun kelas 1-12: Rp. 2.200.000
  • Paket 3 tahun kelas 1-12: Rp. 2.800.000
  • Paket 1 bulan kelas 1-12: Rp. 250.000
  • Paket 1 tahun SMA/SMK + SBMPTN: Rp. 2.200.000

RuangBelajar Plus: Rp. 2.755.000~Rp. 5.175.000

Akses live streaming, materi lengkap RuangBelajar, tutor stand-by, try out eksklusif dan konsultasi gratis.

  • Paket 1 tahun kelas 6: Rp. 2.755.000
  • Paket 1 tahun SMP-SMA: Rp. 3.565.000
  • Paket 1 tahun SMA + SBMPTN: Rp. 5.175.000

Nah sobat, itulah artikel mengenai perbedaan Zenius dengan Ruangguru yang berhasil dirangkum oleh tim Ruang Mahasiswa.

Berdasarkan segala perbedaan yang telah dipaparkan diatas dapat dilihat bahwa kedua bimbel online ini saling memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, kamu sendiri yang berhak menentukan manakah bimbel online yang paling baik dan paling cocok untuk kamu.

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat pilihan diantara dua bimbel online terpopuler di Indonesia itu ya, sobat!