Apakah kamu suka mendesain? Atau kamu tertarik untuk belajar desain? Kalau iya, maka jurusan desain bisa menjadi pilihan yang cocok untuk masa depanmu.

Untuk mengimbangi kemajuan teknologi, desain menjadi suatu komponen penting dalam berbagai bidang. Berbagai sektor, baik swasta maupun pemerintah, terutama yang bergerak di bidang marketing, konstruksi, barang dan jasa, semuanya memerlukan desain.

Oleh karena itu, berkuliah di jurusan desain akan banyak memberikan keuntungan di segi karier, terutama di era digital sekarang ini.

Dan… ternyata jurusan desain ada banyak banget, lho Sobat! wah kalau begitu kamu pasti bingung kan mau pilih yang mana?

Tenang, ada Ruang Mahasiswa yang akan membantumu dalam memilih jurusan desain yang tepat untukmu.

Yuk simak, ini dia 6 jurusan desain dengan prospek kerja yang paling menjanjikan!

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini merupakan jurusan bidang desain yang paling populer dan sangat diminati.

Jurusan DKV mempelajari tentang bagaimana kita memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Kita akan belajar bagaimana mengolah pesan dalam bentuk visual yang kreatif dan inovatif.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan pesan yang komunikatif dan tepat sasaran.

Nah, untuk prospek kerjanya sendiri keren banget loh!

Kamu bisa bekerja di bidang advertising, pemasaran, branding perusahaan, konsultan desain, percetakan, bahkan bisa berwirausaha sebagai illustrator, animator, web designer, dan sebagainya.

Jurusan Desain Komunikasi Visual dapat kamu temui baik di PTN maupun PTS.

Diantaranya, ITB, ISI Jogjakarta, ITS, UNS, UNNES, UNM, Universitas Trisakti, Telkom University, Binus, Universitas Pelita Harapan, dan Institut Kesenian Jakarta.

2. Desain Grafis

jurusan desain paling menjanjikan
Sumber gambar: careergirls.org

Banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara Desain Grafis dan DKV, karena keduanya sama-sama berfokus pada penyajian informasi secara visual.

Nah, kali ini Ruang Mahasiswa mau ngasih tahu nih perbedaan antara 2 jurusan ini biar kamu nggak bingung.

Desain Grafis merupakan bagian dari DKV, bahkan bisa dikatakan bahwa Desain Grafis merupakan DKV dalam ruang lingkup yang lebih sempit.

Oleh karena itu, Desain Grafis biasanya tidak berdiri sendiri, namun menjadi bagian dari Program Studi DKV atau Desain.

Berbeda dengan DKV yang berfokus pada penyajian informasi, desain grafis berfokus pada foto dan gambar. Kamu akan mempelajari cara membuat poster, logo, brosur, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa

Tak heran jika nantinya kamu akan akrab dengan Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Corel Draw, dan Adobe Illustrator.

Prospek kerjanya tak kalah menarik dari DKV, kamu bisa menjadi UI/UX Designer, pendesain logo maupun kemasan produk, dan web designer.

Selain itu, kamu juga berpeluang besar untuk bekerja di berbagai perusahaan dan industri kreatif. Keren bukan?

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa melirik beberapa universitas yang menyediakan jurusan atau peminatan Desain Grafis.

Contohnya: ITB, UNS, UNM, dan ISI Yogyakarta.

Biasanya, Desain Grafis akan menjadi salah satu peminatan di Jurusan DKV dan desain. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

3. Desain Produk

Sumber: fsr.isi.ac.id

Kalau 2 jurusan desain diatas berfokus pada merancang tampilan visual yang menarik untuk menyampaikan pesan, maka desain yang satu ini punya keunikan tersendiri.

Desain produk berfokus pada cara pembuatan produk dan peralatan yang bermanfaat dengan tampilan yang inovatif.

Kamu bisa belajar mendesain produk dan peralatan sehari-hari, furniture, kerajinan tangan, hingga alat-alat berat.

Bagaimana prospek kerjanya? Prospek kerja jurusan Desain Produk amat menarik lho, Sobat!

Kamu bisa bekerja sebagai konsultan desain, biro perencanaan, bahkan berwirausaha sebagai desainer lepas. 

Pokoknya kamu punya peluang bekerja di berbagai industri selama industri tersebut memerlukan desain yang inovatif bagi produk-produknya.

Jurusan Desain Produk dapat dijumpai di ISI Yogyakarta, Telkom University, UNY, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Universitas Kristen Duta Wacana, dan sebagainya.

4. Fashion Design / Desain Mode

Nah, kalau jurusan yang satu ini sih biasanya banyak digandrungi oleh remaja masa kini. Sobat Ruang Mahasiswa yang gemar mengikuti style “OOTD” ala selebgram pasti amat tertarik dengan dunia fashion.

Tak hanya belajar tentang bagaimana merancang pakaian yang fashionable, di jurusan ini kamu juga akan belajar segala hal yang terkait dengan pakaian dan industri fashion

Kamu akan belajar bagaimana cara memilih bahan-bahan yang cocok, menentukan model busana, merancang konsep fashion, melihat serta menciptakan tren fashion, hingga merancang strategi pemasaran sesuai dengan minat konsumen.

Karier yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ini juga keren-keren, loh! Kamu bisa menjadi fashion stylish, fashion designer, product/brand managert, konsultan fashion, bahkan berwirausaha dengan mendirikan butik sendiri.

Kalau kamu tertarik menjadi mahasiswa di jurusan yang satu ini, ada beberapa universitas yang bisa menjadi pilihanmu.

Diantaranya: BINUS Northumbria School of Design, Universitas Surabaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Ciputra, dan sebagainya.

Baca: 5 Jurusan PTN Paling Favorit Jalur SBMPTN 2020

5. Desain Interior 

Jurusan desain dengan prospek kerja paling menjanjikan yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang suka menata tampilan ruangan.

Di jurusan ini, kamu akan belajar merancang tata ruang dengan memperhatikan aspek estetika, psikologis, fungsi ruangan, budget, dan kenyamanan.

Yang akan kamu lakukan selama menempuh pendidikan di Jurusan Desain Interior adalah menggambar desain dengan memperhatikan estetika, programming, elemen dan prinsip ruang, serta berbagai pengetahuan di bidang psikologi.

Di jurusan ini, kamu bebas untuk mengeksplor ide dan kreativitasmu dalam merancang suatu ruangan. Selain itu, kamu juga akan belajar cara menentukan bahan-bahan perabotan yang cocok untuk suatu ruangan.

Lulusan jurusan Desain Interior dapat berkarier sebagai konsultan desain interior untuk rumah maupun set panggung pertunjukan, produsen dan penyedia produk-produk interior, serta bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang interior.

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Selain itu, kamu bisa berwirausaha dengan mendirikan biro jasa dan konsultan interior. Menarik, bukan?

Ada beberapa universitas di Indonesia yang membuka jurusan ini, diantaranya, ITB, ISI Yogyakarta, Binus University, Telkom University, UNS, Institut Seni Denpasar, dan lain-lain.

6. Teknologi Game

Apakah kamu suka main game? Tertarik untuk mendalami cara membuat dan mendesain sebuah game? Jurusan yang satu ini pasti cocok sekali untukmu.

Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana cara mendesain tampilan game dan user interface-nya.

Namun, selain itu kamu akan belajar bagaimana cara membuat game, mulai dari proses mencari ide, merancang cerita, merancang alur permainan dan pelevelan, hingga di tahap pemrograman.

Kamu akan memadukan ilmu teknik informatika dan kemampuan mendesain untuk memproduksi sebuah game yang menarik.

Prospek kerjanya tentu keren sekali. Kamu bisa bekerja sebagai game designer, game programmer, character animator, akademisi multimedia, UI designer, dan masih banyak lagi. 

Nah, kalau kamu tertarik dengan jurusan yang satu ini, ada beberapa universitas yang membuka program studi Teknologi Game.

Diantaranya, ITB, ITS, UNM, Binus University, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Bagaimana? Apakah Sobat Ruang Mahasiswa tertarik untuk memilih salah satu dari jurusan desain dengan prospek kerja paling menjanjikan di atas?

Baca juga: Bingung Memilih Jurusan Komputer? Ketahui 5 Hal Penting Ini!

Jangan sampai salah pilih, ya! Pastikan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Kamu juga bisa membaca artikel menarik lainnya terkait dengan jurusan dan berbagai prospek kerjanya yang menarik hanya di website Ruang Mahasiswa ini ya.

Jadi keep update !

Selain itu, jangan sampai ketinggalan informasi terbaru tentang dunia perkuliahan di Instagram @ruangmahasiswa, ya!

Sampai jumpa! Tetap semangat!

*) Artikel ini telah ditulis berdasarkan beberapa sumber referensi

Penulis Ardalena Romantika
Mahasiswi Universitas Gadjah Mada