Ketika ingin berkuliah, salah satu tantangan yang sering dihadapi calon mahasiswa adalah memilih kampus yang tepat.

Semuanya ingin bisa berkuliah di kampus yang top, favorit, punya fasilitas yang memadai dan terkenal sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswanya.

Apakah sobat sudah menentukan pilihan perguruan tinggi, atau sobat masih bingung memilih perguruan tinggi yang tepat?

Apakah kamu terpikir juga untuk memilih salah satu top PTN di Jawa Tengah? Yaitu Universitas Diponegoro, yang sering dikenal dengan Undip. 

Jika sobat masih bingung untuk memilih, yuk cari tahu lebih lanjut tentang mengapa Undip bisa menjadi salah satu PTN yang menjadi pilihan kamu!

Profil Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro atau yang dikenal juga sebagai Undip merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Pada mulanya, Undip bernama Universitas Semarang dan didirikan pertama kali pada tanggal 9 Januari 1957, dengan Mr. Imam Bardjo sebagai presiden universitas pertama.

Pada Dies Natalis ketiga, tepatnya tanggal 9 Januari 1960, Universitas Semarang berubah menjadi Universitas Diponegoro.

Alasan Memilih Universitas Diponegoro

Berikut ini 7 alasan yang kami ulas mengapa memilih Undip cocok menjadi salah satu target tujuan kuliahmu:

1. Salah Satu Universitas Terbaik di Indonesia

Saat ini, Universitas Diponegoro masuk 3 besar peringkat universitas terbaik di Indonesia berdasarkan UniRank. UniRank sendiri adalah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Berdasarkan publikasi UniRank tahun 2021 di website www.4icu.org/id, Undip berada di peringkat ke-3 dari 577 universitas di Indonesia.

Peringkat ke-1 dan ke-2 dipegang oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia 2021 versi UniRank

Undip juga merupakan salah satu universitas yang terakreditasi “A” oleh BAN-PT, akreditasi ini berlaku sampai 2023.

Berdasarkan pengumuman Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia dari Kemenristekdikti, Undip ada di peringkat 6 dari 13 perguruan tinggi klaster I.

Peringkat tersebut didasari atas mutu SDA dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome). 

2. Fasilitas yang Unggul

alasan memilih kampus Undip
Sumber gambar: kampusundip.com

Selain termasuk dalam universitas top, Undip memiliki fasilitas penunjang akademik dan non-akademik yang cukup ciamik.

Kamu tak hanya akan berkembang secara keilmuan di sini, Undip juga menyediakan sarana yang dapat membantumu melepas penat.

Fasilitas yang tersedia di UNDIP meliputi:

  • laboratorium
  • rumah sakit
  • rumah susun mahasiswa
  • perpustakaan
  • masjid
  • Gedung ICT
  • Gedung Training Center
  • stadion kampus
  • lapangan tenis
  • rea Wi-Fi dan lainnya.

3. Biaya Kuliah Dapat Disesuaikan

Universitas Diponegoro menyediakan tujuh kategori sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Biaya paling murah dimulai dari golongan 1 sebesar Rp. 500.000 hingga biaya termahal, golongan 7 sebesar Rp. 6.500.000.

Jika kamu merasa keberatan dengan biaya tersebut. Kamu juga bisa mengajukan beasiswa Bidikmisi atau yang dikenal dengan KIP Kuliah dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pastinya di kampus, banyak juga beasiswa baik dari pemerintah dan swasta yang bisa kamu lamar untuk dapat meringankan biaya perkuliahyan.

Jadi jangan khawatir ya, sobat!

4. Beragam Tempat Wisata 

Undip terletak di kota Semarang dan terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Tembalang dan Pleburan.

Kampus Tembalang ditujukan untuk mahasiswa program sarjana dan pusat kegiatan administrasi, sedangkan Kampus Pleburan ditujukan untuk program pascasarjana.

Untuk kamu yang hobi traveling, kamu dapat menemukan banyak tempat wisata di sekitar Undip Tembalang.

Dari mulai Waduk Universitas Diponegoro, Brown Canyon, Kelenteng Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Lama Semarang, Kota Pelangi sampai Lawang Sewu.

Menariknya lagi, kamu juga bisa food traveling.

Ada banyak tempat wisata kuliner yang dapat kamu kunjungi seperti Lumpia Gang Lombok, Warung Soto Bangkong, Toko Oen, Waroeng Kaligarong, Penyet Kuah Timoho, dan lainnya.

5. Biaya Hidup Terjangkau

Jawa Tengah termasuk salah satu provinsi dengan biaya hidup paling rendah di Indonesia.

Jika kamu berkuliah di Undip, otomatis biaya hidupmu lebih rendah kalau dibandingkan dengan berkuliah di kota besar seperti Jakarta.

Baca juga: 5 PTN Terbaik di Pulau Jawa versi Webometric 2021

Kamu bisa menghemat biaya tempat tinggal dengan fasilitas rusunawa yang dari Undip. Biaya sewa Tower A sebesar Rp. 400.000/bulan untuk 1 kamar 2 mahasiswa.

Sedangkan, Tower B, C, dan D sebesar Rp 600.000/bulan untuk 1 kamar 2 mahasiswa. Cukup terjangkau ya, sobat.

6. Kerja Sama Yang Luas

Sumber gambar: undip.ac.id

Undip juga unggul dalam bidang kerja sama. Universitas ini bekerja sama dengan berbagai lembaga baik lembaga nasional maupun internasional.

Mitra kerja sama nasional meliputi universitas luar negeri, Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Pemerintah Kabupaten/Kota, lembaga penegak hukum, kementerian, lembaga pemerintah, perbankan, industri, rumah sakit, lembaga penyiaran, dll.

Institusi terkemuka yang memiliki kerja sama dengan Undip meliputi National University of Singapore, University of New South Wales, Erasmus University Rotterdam.

7. Salah Satu Kampus Hijau Terbaik

Pada tahun 2020 kemarin, Undip meraih peringkat ke-2 terbaik nasional sebagai kampus berkelanjutan versi UI GreenMetric World University Rankings 2020.

Undip secara konsisten berpartisipasi dalam pelaksanaan dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam program ini terdapat 912 universitas dari 84 negara yang termasuk dalam penilaian.

Secara global,  Undip berada di peringkat ke-39. Prestasi tersebut merupakan penghargaan atas usaha Undip dalam membangun kampus hijau, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca juga: 7 Fakta Unik Anti-mainstream Universitas Brawijaya, Kuy Cari Tahu!

Nah, itu dia beberapa faktor yang menjadi alasan kamu untuk memilih Undip sebagai salah satu kampus yang harus kamu pertimbangkan.

Tentunya masih banyak lagi alasan lain, kamu juga bisa cari tahu lebih jauh Undip dari kakak kelasmu. Tetap semangat, semoga kamu berhasil lolos masuk universitas impian, ya!


Penulis Felicia

Referensi:
  • 4icu.org
  • undip.ac.id
  • biayakuliah.net
  • kompas.com
  • quipper.com
  • ristekdikti.go.id
  • tripadvisor.co.id