Apa yang kamu lakukan saat memiliki waktu luang?

Apakah kamu sering menghabiskannya bersama dengan buku – buku ? Atau kamu mendapat panggilan kutu buku dari temanmu?

Jika dua hal tersebut kamu alami, kemungkinan kamu seorang pecinta buku sejati.

Akan sangat ideal bukan, kalau kamu juga dapat menekuni jurusan yang sesuai dengan hobimu?

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas 7 jurusan yang cocok untuk kamu yang hobi membaca.

Yuk cari tahu lebih lanjut di bawah ini. Simak dan baca sampai selesai ya.

1. Jurusan Sastra

Sumber gambar: unsplash.com

Ketika mendengar kata “sastra” mungkin yang terbesit di kepalamu adalah buku, buku dan buku. Jurusan satu ini memang memiliki hubungan erat dengan buku, sobat.

Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu berkesempatan untuk membaca banyak karya sastra, seperti novel, puisi, cerpen, naskah drama dan masih banyak lagi. 

Bisa dibilang, jurusan ini surga untuk kamu yang suka membaca.

Di jurusan ini, kamu tidak hanya dituntut untuk sering membaca, tetapi juga memiliki sikap kritis dalam menganalisa suatu bacaan.

Ada macam-macam jurusan sastra di Indonesia. Mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Cina, Sastra Rusia, Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Belanda, Sastra Jerman, Sastra Prancis, hingga sastra daerah.

Biasanya, dalam jurusan sastra kamu tidak hanya mempelajari literatur saja, tapi ada pula peminatan lain seperti penerjemahan dan ilmu linguistik (kebahasaan).

Hal ini tentunya akan memperluas kesempatan berkariermu. Lulusan jurusan sastra berkesempatan menjadi penerjemah, penulis, pengajar, editor dan pegawai lembaga internasional.

Baca juga: Perbedaan Jurusan Bahasa Inggris: Linguistik, Pendidikan, dan Sastra

2. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Sumber gambar: pexels.com

Untuk kamu yang suka membaca buku, mungkin perpustakaan adalah salah satu tempat yang sering kamu kunjungi. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan ini sebagai jurusan kuliahmu.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mulai sistem pengarsipan, penyimpanan dokumen dan buku, serta pengelolaan informasi yang baik untuk mempermudah para pengunjung.

Ketika kamu lulus, kamu akan memiliki kemampuan manajerial, kemampuan berpikir sistematis dan analitis, dan juga kemampuan dasar teknologi informasi dan komputer.

Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja sebagai pustakawan, juru arsip, peneliti, kurator, sampai system analyst.

3. Jurusan Filsafat

Filsafat dikenal sebagai mother of  all science  atau induk dari segala ilmu. Jurusan ini cocok untuk kamu yang hobi membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Filsafat mempelajari cara berpikir, sehingga mendorong kamu untuk berpikir kritis dan bernalar logis. Kamu juga akan dilatih untuk berpikir terstruktur dan memproses sebuah informasi secara jernih.

Mungkin Jurusan Filsafat kurang populer di masyarakat. Tapi, hal-hal yang diajarkan dalam jurusan ini cukup luas dan bisa kamu aplikasikan di berbagai industri. Tanpa terkecuali, industri media.

Salah satu lulusan filsafat terkenal adalah Dian Sastrowardoyo. Selain industri media, kamu juga bisa berkarier sebagai seorang dosen, jurnalis, penulis, peneliti hingga konselor.

4. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan satu ini juga cocok untuk kamu yang hobi membaca. Jika kamu masuk ke jurusan ini, kamu perlu berwawasan luas, dan memiliki skill riset dan analisis yang kuat.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai politik di Indonesia dan juga politik di berbagai negara. Kamu juga akan menganalisa dinamika politik.

Oleh karena itu, membaca adalah hal yang wajib ya, sobat! 

Lulusan jurusan Ilmu Politik tidak melulu harus jadi politisi, kok. Selain berkesempatan untuk masuk ke instansi pemerintah, kamu juga bisa masuk ke dunia media, menjadi akademisi, bahkan masuk ke perusahaan bagian government affair.

Prospek kerja jurusan politik mencakup pegawai negeri sipil (PNS), diplomat, jurnalis, aktivis sampai system analyst. Terdengar menarik, ya.

5. Jurusan Sejarah

Sumber gambar: pexels.com

Jika kamu suka membaca dan tertarik dengan cerita sejarah, jurusan satu ini patut kamu pertimbangkan, sobat.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari geografi sejarah, sejarah kerajaan nusantara, sejarah Indonesia, sejarah dunia dan pengetahuan pendukung lainnya.

Pastinya kamu akan memiliki banyak bahan bacaan ketika berkuliah di jurusan ini. 

Jurusan Sejarah mempelajari konteks yang luas, cakupannya terdiri dari budaya, bahasa ,ekonomi, sosial, politik, militer, hingga agama.

Jurusan ini akan mempertajam kemampuan berpikir analitis kamu, dan pastinya akan membuatmu memiliki wawasan luas. Kamu juga berkesempatan belajar bahasa asing untuk menganalisa sebuah teks, loh.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang pustakawan, sejarawan, guru, jurnalis, dan pemandu wisata.

Baca juga: Ketahui 5 Perbedaan Jurusan Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah

6. Jurusan Ilmu Hukum

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang sistem hukum yang berhubungan dengan kehidupan kemasyarakatan dan kegiatan bisnis.

Jurusan ini juga akan mendalami perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional.

Tentunya, hal tersebut bisa dicapai kalau kamu sering membaca. Jurusan ini akan mempertajam kemampuan menganalisis dan problem solving kamu.

Kemampuanmu mengutarakan pendapat secara lugas juga akan diasah di jurusan ini.

Peluang karier lulusan Ilmu Hukum cukup beragam. Kamu bisa menjadi seorang notaris, pengacara, politisi, diplomat, jaksa, dosen dan staf kementerian.

7. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan satu ini dikenal sebagai multi-discipline subject, alasannya karena jurusan ini menerapkan banyak disiplin ilmu.

Jurusan ini berkaitan erat dengan hubungan antar negara, politik dalam negeri, dan politik luar negeri.

Jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan belajar tentang dinamika hubungan antar negara, menganalisa masalah internasional yang mencakup bidang sosial, politik, ekonomi, sampai perdamaian dunia.

Di jurusan ini, kamu tidak hanya dilatih untuk berpikir kritis, kemampuan bernegosiasi dan berbahasa asing juga akan dipertajam.

Jenjang karier jurusan ini cukup bervariasi, mulai dari diplomat, jurnalis, staf kedutaan, aktivis, konsultan internasional, hingga exportir.

Baca juga: 7 Fakta dan Mitos Seputar Jurusan Hubungan Internasional, sudah tahu?


Itu tadi 7 rekomendasi jurusan untuk kamu yang hobi membaca.

Setelah membaca rekomendasi jurusan untuk kamu yang hobi membaca di atas, apakah kamu sudah menemukan jurusan incaran?

Semoga artikel ini dapat membantumu menentukan jurusan kuliah, ya. Tetap semangat, sobat!


*Artikel ini telah ditulis berdasarkan banyak sumber terpercaya, seperti website ruangguru.com, glints.com, quipper.com, rencanamu.id dan lain sebagainya

Penulis Felicia
Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana