Halo, sobat Ruang Mahasiswa!

Tantangan perubahan zaman masa kini telah menjadikan skill (keterampilan) sebagai suatu hal yang harus dimiliki setiap orang, termasuk mahasiswa.

Setelah lulus kuliah dan memasuki dunia kerja nantinya, IPK tidak menjadi jaminan sobat bisa langsung memperoleh pekerjaan. Justru skill sobat lah yang akan berbicara banyak di dunia kerja. 

Sebab, dunia kerja didominasi oleh praktik dan itu ditunjukkan melalui skill. Berbeda dengan dunia perkuliahan yang lebih banyak dipenuhi dengan teori. 

Lantas, skill apa saja yang menjadi pegangan wajib para mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja?

1. Public Speaking

Sumber: pexels.com

Istilah public speaking pasti sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Atau bahkan, sudah menjadi makanan sehari-hari?

Public speaking sendiri merupakan komunikasi langsung secara lisan di hadapan orang lain. Tidak harus di depan umum, tetapi bisa juga di hadapan sekelompok orang.

Selama kuliah, sobat pasti pernah terlibat dalam kegiatan yang mengharuskan untuk berbicara di depan publik.

Contohnya, presentasi di depan kelas, memberikan sambutan, atau berperan sebagai MC di kegiatan kampus.

Di samping lingkungan perkuliahan, public speaking juga sangat dibutuhkan di dunia kerja, lho. Hampir semua jenis pekerjaan memerlukan kemampuan public speaking.

Dengan public speaking yang bagus, tentu sobat bisa menyampaikan ide dengan jelas dan mudah dipahami kepada orang lain atau menarik perhatian dari orang lain.

Sebab, setiap kata yang diucapkan dapat mempengaruhi pola pikir dari mereka yang mendengarkan. 

Baca juga: Ketahui Pengertian, Manfaat dan 7 Cara Meningkatkan Personal Branding

2. Team Work

Sumber: pexels.com

Di bangku perkuliahan, sobat pastinya sudah biasa untuk melakukan tugas kelompok ataupun menjalankan acara kampus bersama-sama dalam sebuah tim. Nah, di sinilah kemampuan team work itu berperan.

Saat memasuki dunia kerja nantinya, kemampuan team work atau kerja sama tim pun masih dibutuhkan. 

Harus diingat bahwa dalam dunia kerja, tidak semua pekerjaan bisa dilakukan seorang diri. Diperlukan kerja sama dengan orang lain supaya bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.

Dalam hal ini, sobat akan berjumpa dengan berbagai orang dengan latar belakang berbeda-beda. Sobat juga dituntut untuk bisa bekerja sama sebagai sebuah tim tanpa memandang perbedaan tersebut. 

Selain itu, saran maupun pemikiran dari orang lain pun harus bisa diterima untuk kemudian didiskusikan bersama.

Maka dari itu, kemampuan team work penting dikuasai supaya bisa memanajemen tim dengan baik.

3. Berbahasa Asing

Pepatah mengatakan, “kuasai bahasa, kuasai dunia”. Penguasaan bahasa dengan baik menjadi kunci dalam kelancaran berkomunikasi dengan orang lain di luar sana.

Setidaknya ada dua bahasa yang wajib sobat kuasai sejak sekarang, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kini tidak lagi menjadi “nilai tambah” apabila dikuasai. Namun, sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap orang, terutama mahasiswa.

Menguasai bahasa Inggris tentu akan sangat membantu sobat dalam mencari pekerjaan di masa depan, apalagi kalau mau bekerja di perusahaan asing atau multinasional.

Selain bahasa Inggris, ada pula beberapa bahasa asing yang lumayan banyak digunakan di dunia kerja dan bisa menjadi nilai plus juga bila dikuasai.

Di antaranya adalah bahasa Mandarin, Spanyol, Arab, Prancis, Jerman, Jepang, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana dengan bahasa Indonesia? Menguasai bahasa asing bukan berarti semata-mata melupakan bahasa nasional kita. 

Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dapat menunjukkan karakter positif yang sobat miliki juga mempermudah sobat dalam berinteraksi dengan klien, rekan kerja, maupun atasan.

Baca juga: Ingin Lancar Berbahasa Asing? Terapkan 5 Tips Berikut Ini!

4. Manajemen Waktu

Berbicara soal manajemen waktu, berarti berbicara tentang bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu yang dengan efektif dan efisien.

Kemampuan yang satu ini menjadi suatu hal yang tidak bisa disepelekan. Sebab, di dunia kerja nanti, sobat bisa saja dihadapkan langsung dengan berbagai pekerjaan, atau bahkan masalah.

Dalam hal ini, tentunya sobat mesti menentukan pekerjaan yang mana sebagai prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu dalam waktu yang tersedia.

Manajemen waktu yang tepat jelas akan mempermudah sobat dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang diberikan dengan hasil yang baik.

Di samping itu, kemampuan manajemen waktu juga bisa menghindarkan sobat dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan (procrastination). 

5. Mahir Menggunakan Gadget

Sumber: pexels.com

Pada era serbacanggih ini, tidak bisa dimungkiri bahwa hampir seluruh pekerjaan melibatkan bantuan teknologi seperti gadget.

Gadget sendiri tidak hanya terbatas pada handphone, tetapi juga komputer, laptop, kamera, tablet, hingga iPad. 

Dalam dunia kerja, gadget memainkan peran penting untuk berbagai aktivitas, seperti membuat dan menampilkan presentasi, melakukan pengolahan data, sampai mengedit gambar maupun video.

Generasi muda sekarang pastinya sudah tahu cara menggunakan gadget.

Di samping mengetahui cara penggunaannya, sobat juga harus menguasai pengoperasian fitur-fitur atau perangkat lunak (software) yang ada di dalamnya.

Misalnya, menguasai Microsoft Office (Word, Excel, dan Power Point) atau software editing seperti Adobe Premiere dan Photoshop.

Dengan menguasai kemampuan tersebut, sobat tentunya akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan sekaligus lebih berpeluang untuk direkrut oleh perusahaan.

Baca juga: 11 Tips dan Trik Microsoft Word yang Harus Kamu Tahu !


Nah, itulah 5 skill yang wajib dikuasai oleh mahasiswa sebelum lulus.

Selagi ada kesempatan selama masa perkuliahan ini, asahlah skillskill wajib tersebut selama kamu masih mahasiswa sebagai bekal untuk dunia kerja nantinya.

Jangan lupa ikuti terus media Ruang Mahasiswa biar sobat nggak ketinggalan informasi-informasi bermanfaat lainnya! 

Penulis Willy Dinata
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada

Editor: M. Hafizh Nabiyyin

*Artikel ini ditulis dengan menggunakan berbagai sumber referensi yang terpercaya seperti Brain Academy, Campuspedia dan Strainbrain