Semua mahasiswa pada akhirnya pasti akan menjalani proses penyusunan skripsi.

Skripsi gak memandang bulu, guys. Mau kamu jurusan keolahragaan, jurusan seni, matematika, atau apapun itu, kamu akan dihadapkan pada kegiatan menulis karya ilmiah.

Dalam menulis karya tulis ilmiah, yang paling penting adalah kamu harus diperkaya oleh beberapa referensi yang jelas dan terpercaya. Tujuannya adalah agar karya ilmiah kamu punya acuan yang tegas dan dapat dipercaya.

Salah satunya sumber acuan adalah jurnal.

Saat ini, kebanyakan dosen biasanya meminta mahasiswa untuk mengambil acuan dari jurnal – jurnal internasional. Namun, kendalanya adalah ternyata masih ada mahasiswa yang belum tahu situs – situs apa aja yang bisa digunakan untuk menemukan jurnal – jurnal internasional.

Baca: 10 Situs Download e-Book Gratis dan Legal

Gak perlu pusing darimana bisa mendapat jurnal internasional, guys. Ada banyak situs jurnal internasional yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal internasional, termasuk diantaranya 10 situs ini:

1. E-resources.perpusnas.go.ig

situs penyedia jurnal internasional

Situs ini merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Dalam situs ini terdapat banyak jurnal yang bisa kamu gunakan sebagai kajian dalam skripsi kamu.

Syarat untuk bisa masuk situs ini dan mengunduh jurnal secara gratis adalah kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri menjadi anggota perpus.

2. Google Scholar

Mahasiswa mungkin gak asing lagi dengan situs ini, karena kebanyakan mahasiswa mencari jurnal untuk tugas review jurnal dari situs yang satu ini. Google Scholar merupakan situs mencari jurnal atau skripsi yang dikembangakan oleh Google. Cara untuk mendapat jurnalnya tinggal ketikkan nama jurnal yang kamu cari di mesin pencari di Google Scholar. Ketemu deh.

3. International Journal of Education and Research

Situs yang satu ini memuat review jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications), yang telah terakreditasi. Kamu bisa unduh jurnal yang kamu inginkan.

4. Directory of Open Access Journal

Untuk mengunduh jurnal internasional dari situs ini, kamu cukup mengetikkan jurnal yang diinginkan di mesin pencari. Aksesnya terbuka untuk siapa saja dan gak berbayar, jadi kamu bisa unduh jurnal sebanyak – banyaknya yang kamu mau.

5. ScienceDirect

Situs ini memuat jurnal – jurnal dan buku yang sebagian harus dibayar untuk mendapatkannya. Namun ada juga yang gratis, yang dapat dicari pada bagian open access.

Baca: 10 Tips Agar Cepat Menyelesaikan Skripsi

6. Akademia

Di situs ini tersedia banyak jurnal, termasuk jurnal internasional yang bisa kamu peroleh secara gratis

7. Research Gate

Di situs ini, kamu bisa request jurnal yang kamu mau karena disini adalah komunitas para peneliti yang mengupload jurnalnya. Cara untuk mendaftar ke situs ini adalah dengan menggunakan email institusi/ kampus masing – masing. Selain itu kamu juga mengupload jurnal kamu secara gratis

8. International Journal  of Education & the Arts

situs jurnal internasional

Situs ini banyak memuat jurnal internasional yang pastinya cocok direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari jurnal internasional.

9. Cambridge Journal

Situs jurnal internasional yang satu ini menyediakan jurnal internasional. Sama seperti situs lainnya, cara mengunduh jurnalnya tinggal mengetikkan di mesin pencari jadi sangat mudah untuk kita mendapatkan jurnal yang kita inginkan.

10. Oxford Journal

Siapa yang gak tau University of Oxford? Salah satu universitas terbaik dunia ini ternyata membuka akses gratis untuk mahasiswa yang ingin mencari jurnal internasional.

Pastinya banyak sekali jurnal-jurnal internasional yang bisa kamu unduh secara gratis.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Cepat Wisuda

Sebenarnya masih banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal internasional. Situs yang lainnya bisa kamu tanyakan kepada teman- teman kamu, dosen, atau sama orang lain yang tahu tentang situs jurnal internasional.

Sekarang tergantung kita guys. Tunggu apalagi, gunakan ponsel pintar kamu untuk mencari jurnal yang kamu inginkan. Semoga tugas akhirnya bisa kelar ya guys, dan semoga skripsinya diterima. Semangat ya untuk perjuangan akhirnya!