Sebagai mahasiswa tentu saja sangat membutuhkan banyak buku dalam menunjang perkuliahan. Tanpa buku rasa – rasanya melakukan aktivitas sebagai mahasiswa pasti tidak akan bisa dijalani dengan baik.

Jangan hanya karna status kita sebagai mahasiswa, maka buku diperlukan. Sobat mahasiswa, kita sama – sama tahu bahwa “Buku adalah jendela dunia”, “Buku adalah gudang ilmu”, “Buku adalah cakrawala”.

Istilah ini memang sangat cocok untuk diungkapkan, karena dengan buku kita dapat mengetahui segala hal, dari buku kita bisa mengetahui beragam ilmu pengetahuan dan informasi di seluruh dunia.

Nah, sobat mahasiswa pasti akan selalu butuh banyak buku untuk referensi tugas kuliah atau juga sebagai bahan bacaan.

Mengingat buku yang dijual di pasaran saat ini harganya cukup tinggi, bahkan harga buku untuk penerbit dari luar negeri itu bisa berkisar puluhan hingga ratusan dolar. Maka boleh jadi kita menggunakan e-book.

Di era digital, memang inovasi selalu ditingkatkan, salah satunya adalah dengan pembuatan e-book. E-book adalah buku yang diciptakan secara digital, jadi kita bisa mengakses dan membaca buku melalui perangkat elektronik kita seperti melalui gadget.

Permasalahannya adalah, sulitnya kita mendapatkan e-book yang berkualitas tetapi gratis. Apalagi kalau ditanya tingkat legalitasnya. Karena jika kita menggunakan e-book  yang ilegal bisa jadi kita akan dipidana. Oleh karena itu Ruang Mahasiswa kali ini akan berbagi 10 Situs Download E-book Gratis dan Legal.

Berikut adalah situs – situsnya:

1. free-ebooks.net

Di dalam situs ini sangat banyak buku yang ditawarkan untuk kita miliki. Genre-nya juga sangat bervariasi, dimulai dari buku buku – buku pelajaran, fiksi, pendidikan, computer, kesehatan, politik, sangat banyak sekali jenisnya dan sangat lengkap.

Kamu bisa mendownload buku dari situs ini dengan menjadi member, syaratnya juga cukup mudah bisa login menggunakan Facebook juga. Semua buku yang ada di sini, gratis dan legal.

2. www.freebookspot.es

FreeBookSpot, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa situs ini menyediakan buku gratis. Di dalam situs ini juga ada 96 kategori buku yang bisa kita dapatkan. Kemudahan yang kita dapatkan adalah kita tidak perlu registrasi untuk mendapatkan buku dari situs ini, langsung bisa kita download kapan pun.

Kemudian proses pencarian yang cepat karena kita dapat melakukan pencarian berdasarkan judul, pengarang, nomor ISBN, dan juga bahasa.

3. www.gutenberg.org

Di dalam situs gutenberg.org ada sekitar 30.000 buku gratis yang bisa kita miliki. Situs ini biasa disebut dengan nama Project Gutenberg sebagai pelopor percetakan Jerman,  yaitu Gutenberg.

Situs ini tidak hanya untuk pembaca biasa, tetapi juga untuk kalangan peneliti dan akademisi. Artinya adalah bahwa situs e-book yang satu ini merupakan situs yang sangat terpercaya.

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

4. www.getfreeebooks.com

Website ini adalah situs e-book gratis. E-book dapat ditemukan dalam situs ini yang merupakan kumpulan dari seluruh dunia. Kategori dari e-book yang ada di situs ini sangat beragam seperti: Fiksi, Ilmu Sains, Fantasi, Cerpen dan Cerita Horor. Situs ini juga akan menawarkan kepada kita buku dengan top kompilasi.

5. www.ebookdirectory.com

Di dalam situs ini ada sekitar 20.000 e-book gratis. Dimulai dari buku bisnis, anak – anak, komputer dan internet, literature, marketing, publishing, referensi, dan tutorial.

6. www.ebooklobby.com

Kategori yang ditawarkan di situs ini juga sangat banyak, di mulai dari Seni dan Fotografi (40 buku), Biografi dan Memori(76 buku), Bisnis dan Investasi (37 buku), Buku Anak (19 buku), Komputer dan Internet(148 buku), Buku Memasak dan Makanan(18 buku), Buku Entertainment (19 buku), Kesehatan Tubuh dan Jiwa(35 buku), Rumah dan Taman (5 buku), Hukum (37 buku), Literature dan Fiksi (15 buku), Olahraga(6 buku) dan Travel (17 buku)

Baca: 7 Hal Menjadikan Masa Muda Lebih Bermakna

7. com.onlinecomputerbooks.qirina.com

Qirina berisi sangat banyak buku dalam bentuk .pdf. Kita bisa melakukan pencarian judul buku sesuai abjad. Tetapi tampilan situs ini kurang menarik dan flat.

situs download ebook gratis

8. manybooks.net

Manybooks merupakan situs download e-book gratis milik Bruce Hartman. Ada sekitar 33.000 buku yang disediakan. Kemudian kita dapat melakukan pencarian sesuai jenis, judul, penulis, bahasa, dan buku yang direkomendasikan dan buku – buku yang  populer di download.

9. bookboon.com

Bookboon adalah situs e-book yang populer dengan kategori bisnis dan marketing. Sehingga buat kamu yang minat di bisnis dan marketing selalu akses situs ini ya. Meskipun demikan situs ini juga menyediakan buku dengan kategori lainnya.

10. openlibrary.org

Mencengangkan dengan situs yang 1 ini, karena ada jutaan buku yang tersedia di dalam situs ini, sehingga layak dijadikan sebagai perpustakaan online. Situs ini merupakan open project sehingga semua pengguna situs ini dapat berkontribusi pada koleksi buku yang tersedia. Buku – buku di sini dapat kita download secara gratis.

Sobat mahasiswa, itulah 10 Situs untuk download e-book gratis. Dengan banyaknya situs e-book ini pastinya tidak ada keluhan lagi bagi kita untuk mendapatkan referensi dalam mengerjakan tugas kuliah kita contohnya, dan pastinya setiap hari kita akan penuh bacaan – bacaan yang bermanfaat dan jadilah kutu buku.

Dengan itu, tumbuhkan budaya membaca dari diri sendiri dimulai dari sekarang.