Sudah pada tau belum apa itu Tridharma Perguruan Tinggi? Bagi kalian yang belum tahu atau ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perkuliahan, saya akan mengulas tentang pengertian Tridharma di bawah ini.

Istilah ini penting untuk diketahui oleh para mahasiswa dan juga calon-calon mahasiswa karena istilah ini merupakan kewajiban bagi sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) di perguruan tinggi. Masa depan bangsa ditentukan oleh perguruan tinggi dalam pelaksanaan Tridharma dimana mahasiswa dibekali pendidikan berkualitas oleh dosen dan aktif dalam menjawab tantangan bangsa.

Melalui Tridharma, mahasiswa diharapkan mampu menjadi kaum intelektual yang bergagasan, berpikir kritis, dan bercita-cita membawa perubahan pada negeri tercinta kita ini ke arah yang lebih baik.

Dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 pasal 1, disebutkan bahwa Tridharma  Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Baca: 7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan sebagai Mahasiswa Baru

Tridharma inilah yang menjadi 3 pilar perguruan tinggi yang harus dijalankan oleh dosen dan terutama mahasiswa sebagai agen perubahan.

1. Pendidikan

Sudah tidak terbantahkan, pendidikan merupakan prioritas negara dalam membangun mahasiswa yang cerdas dan berkualitas. Disebutkan dalam Undang-Undang Dasar, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran  agar  peserta  didik  secara  aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,  kecerdasan, akhlak mulia, sertaketerampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Dengan pendidikan, mahasiswa diharapkan lebih siap dalam menghadapi zaman yang modern dan penuh tantangan ini, lebih peduli dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada bangsa dan negara.

Mahasiswa juga diharapkan untuk mendalami bidang keilmuan yang diambilnya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Baca: 5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

2. Penelitian

Penelitian

Apakah ilmu yang didapat mahasiswa selama menjalani pendidikan di perguruan tinggi hanya disimpan saja? Sebagai insan yang cerdas, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan bidang keilmuan yang didalaminya yaitu dengan melalui penelitian.

Jadi, mahasiswa tidak hanya sekedar tau tetapi mampu mengembangkan ilmu yang didapatinya sesuai dengan arus zaman. Dengan adanya penelitian, mahasiswa diharapkan mampu menyampaikan sikap dan solusi untuk isu-isu yang terjadi secara nasional maupun global, mengembangkan pemikiran yang kritis dan bijak, dan melahirkan ide-ide yang kreatif dan inovatif untuk kepentingan bangsa dan negara.

Salah satu contoh penelitian adalah melihat potensi-potensi bidang keilmuan supaya bisa diterapkan lebih luas dalam kehidupan bermasyarakat. Unsur Tridharma kedua ini sangatlah penting. Perguruan tinggi tanpa adanya penelitian akan dianggap sebagai perguruan tinggi yang tidak produktif dan tertinggal.

3. Pengabdian Masyarakat

mengenal tridharma perguruan tinggi

Mahasiswa merupakan penghubung antara masyarakat dan pemerintah. Mahasiswa memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah, mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap tidak adil terhadap rakyat, dan membela kepentingan rakyat dengan menjunjung tinggi moral, etika, dan nilai-nilai luhur pendidikan.

Selain itu, pengabdian masyarakat juga dapat berupa sosialisasi, bakti sosial, mengajar di sekolah-sekolah pedalaman, dan penyelenggaraan acara-acara lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pola pikir yang kritis diperlukan bagi mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat.

PENTING!!! Baca artikel ini: Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

Unsur-unsur di dalam Tridharma saling berkaitan dan jika salah satu unsur tidak dijalankan, maka unsur-unsur lain mungkin juga tidak bisa berjalan dengan lancar. Ilmu yang didapat melalui proses pendidikan digunakan untuk kebutuhan penelitian.

Ilmu yang dikembangkan melalui penelitian kemudian digunakan untuk kebutuhan pengabdian kepada masyarakat sehingga ilmu-ilmu tersebut dapat membawa masyarakat menjadi lebih sejahtera, maju, dan modern.

Itulah penjelasan tentang Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.