7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan sebagai Mahasiswa Baru

hal yang dilakukan menjadi mahasiswa baru

Selamat ya telah menjadi mahasiswa, selamat juga telah diterima di Perguruan Tinggi di mana pun itu yang menjadi pilihan teman – teman.

Teman -teman yang menjadi mahasiswa baru pasti merasa bahwa menjadi mahasiswa adalah dunia baru bagi teman – teman, betapa tidak suasana yang anda rasakan benar – benar jauh berbeda.

Lingkungan dan kebiasaan yang anda lakukan juga berbeda, dimulai dari pakaian yang dulu waktu SMA seragam, kini waktu kuliah telah memakai pakaian bebas tapi rapi, teman yang berbeda, atau juga jadwal yang berbeda. Ketika SMA jadwal belajar dimulai dari pagi sampai siang saja, tetapi waktu kuliah jadwal bisa pagi, siang maupun sore.

Pokoknya sangat banyak perbedaan yang teman – teman rasakan ketika baru memasuki perkuliahan saat menjadi mahasiswa baru.

Oleh karena itulah teman – teman tentu harus melakukan adaptasi atau penyesuaian terhadap lingkungan kampus. Betapa tidak bahwa masa – masa SMA dan masa kuliah sangat jauh berbeda. Saat kita diperkuliahan kita dituntut untuk lebih mandiri.

Inilah yang disebut masa peralihan, pada masa – masa ini teman – teman harus tahu apa yang harus dilakukan sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dengan baik

Berikut ini beberapa hal yang bisa teman lakukan sebagai mahasiswa baru:

1. Temukan teman sebanyak – banyaknya

Menemukan teman – teman sebanyak – banyaknya terutama teman 1 stambuk adalah hal yang harus anda lakukan, karena teman – teman 1 stambuk andalah yang menjadi teman anda dalam sehari – hari. Kenalilah mereka dan jalin relasi yang baik sesama teman.

Baca: 7 Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

2. Catat jadwal kuliah secara baik – baik
Ini kan awal teman – teman untuk memasuki perkuliahan, jadi anda harus tahu jadwal secara baik, jangan karena jadwal tidak tepat, anda memberikan kesan buruk anda menjadi mahasiswa baru, misalnya terlambat atau tidak tahu ada jadwal kuliah sehingga tidak masuk.

3. Kenali lingkungan kampus dengan cepat.
Teman – teman harus cepat mengenal lingkungan kampus, di ruangan mana anda harus kuliah, dimana pusat administrasi dan sebagainya. Dengan begitu anda tidak kewalahan jika anda harus masuk kuliah atau mempunyai urusan yang mendadak.

4. Sering berinteraksi dengan senior
Ini juga sangat besar manfaatnya untuk membantu anda dalam beradaptasi dalam dunia kampus. Jika anda dapat mengenali dan berinteraksi dengan banyak senior akan memudahkan anda untuk lebih mengerti tentang kampus. Seringlah berinteraksi dan bertanya tentang apa yang anda tidak ketahui. Ingat, jangan pernah takut sama senior, karena senior pun selalu mempunyai niat untuk membantu adek – adeknya. Jadi anda bisa bertanya seputar dunia kampus, pelajaran, pengalaman dan sebagainya.

Baca: 5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

5. Rajin menyapa

hal yang harus dilakukan sebagai mahasiswa baru

Jika anda berjumpa dengan orang lain, misalnya abang/kakak senior, pegawai dan lainnya. Ini perlu teman – teman lakukan karena dengan cara ini lah cara anda berelasi dengan orang – orang di kampus. Anda juga akan dicap “maba sombong” dan tidak peduli jika tidak mau menyapa atau berkenalan dengan orang – orang di kampus.

Baca juga: 5 Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

6. Ketahui peraturan kampus
Di setiap tempat ada aturannya, termasuk juga kampus. Maka teman – teman yang mahasiswa baru perlu mengetahui peraturan – peraturan yang telah dibuat pihak Fakultas, Jurusan, Laboratorium, atau Ikatan Mahasiswa yang ada di kampus tersebut. Peraturan – peraturan itu sangat bermacam – macam misalnya cara berpakaian, peraturan di kelas, peraturan mengikuti laboratorium, peraturan parkir. Jadi anda perlu cermat untuk memperhatikannya, jangan sampai peraturannya dilanggar.
“Peraturan bukan untuk dilanggar, tetapi untuk dipatuhi”

7. Semangat untuk kuliah

hal yang harus dilakukan sebagai mahasiswa baru
Ini adalah poin yang paling penting teman lakukan. Gimana ya? Kan memang udah pasti bahwa tujuan kamu itu kuliah. So, semangatlah untuk kuliah. Buat komitmen bahwa kamu itu harus tetap hadir dan harus cepat lulus. Jadi di awal kamu memasuki masa perkuliahan, tidak ada alasan untuk bermalas – malasan.

Nah, dengan melakukan poin – poin di atas, mudah – mudahan teman – teman lebih cepat beradaptasi di kampus dan menjadikan kampus tempat menuntut ilmu kamu menjadi tempat yang menyenangkan.

4 komentar pada “7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan sebagai Mahasiswa Baru

Komentar: