5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

Hidup di perantauan pasti identik dengan kost-kostan, terutama buat kamu mahasiswa baru. Menentukan kost yang tepat akan sangat berdampak sama kesuksesan kuliah kamu.

Untuk mencari kost yang tepat itu susah – susah gampang sob… Kamu akan dihadapkan banyak pilihan kost. Baik dari harga, fasilitas dan lainnya.

Berikut tips yang dapat kamu gunakan untuk cari kost – kostan yang kece.

  • Budget

Sebelum start cari kost, tentunya udah tahu dong berapa budget yang kamu gunakan untuk kost. Apakah itu budget untuk kost per bulan atau kost yang per tahun.

Jadi kalo ada kost yang kamu temukan lebih dari budget yang sudah ditentukan, sebaiknya di cancel atau cari yang lain. Kamu harus cari kost yang harganya sesuai dengan budget kamu.

  • Sendiri, Berdua atau Bertiga

“Berdua lebih baik, sendiri lebih nyaman”. Kalo kamu mau kost berdua atau lebih, tentunya harga yang kamu bayar lebih murah, karena uang kostnya  dibagi dengan jumlah penghuninya.

Sendiri lebih nyaman tentunya, karna kamu bisa atur atau design kost kamu sesuka hati tanpa adanya intervensi. Apalagi kamu bukan orang yang rapi – rapi amat, so lebih baik sendiri.

Baca: 6 Tips dan Trik Hidup Hemat Ala Anak Kost Kekinian

  • Fasilitas Kost

Banyak owner atau pemilik kost sekarang yang menawarkan fasilitas yang menarik. Mulai dari toilet di dalam kamar kost, include atau sudah termasuk lemari, tempat tidur, meja belajar, televisi bahkan ada yang memberikan free Wi-Fi.

Semakin lengkap fasilitas nya semakin mahal dong harga nya. So, kamu tinggal bawa pakaian dan tubuh kamu aja sob 🙂

5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

  • Jarak dari kost ke kampus

Pastinya kamu harus tahu berapa jarak dari kost kamu ke kampus nantinya, agar kamu bisa menentukan waktu tempuh dan biaya transport yang akan kamu keluarkan.

Kalo kamu pakai motor atau mobil tentu jarak yang kamu ambil bisa agak jauh dari kampus karna di dukung sama kendaraan yang kamu miliki.

Kalo kamu gak ada kendaraan pribadi, tentunya carilah kost yang dekat dengan kampus kamu, biar kamu gak ada biaya tambahan untuk transport dari kost ke kampus sob..

  • Lokasi di sekitar kost yang mendukung kamu.

Di sekitar kost, kamu harus tau tersedianya rumah makan yang dekat dengan kost – kostan karena makan adalah kebutuhan yang gak bisa di tunda-tunda buat mahasiswa sob.

Begitu juga dengan tempat – tempat yang mendukung mobilitas kamu, seperti warnet, lapangan futsal, fotocopy-an, dan lain – lain yang tentunya mendukung kegiatan kamu di kampus

Baca juga: 10 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Anak Kos

  • Kenyamanan & Keamanan

Ini hal yang paling sering disepelekan sama orang – orang. Pastikan bahwa kost yang kamu pilih nyaman, jauh dari kebisingan jalan raya yang ramai.

Carilah kostan yang tidak digabung antara wanita dengan pria atau kostan yang bebas keluar masuk, selain kenyamanan tentunya harus dibarengi dengan keamanan, karena ini akan sangat berdampak sama kegiatan kamu di kost nantinya.

Baca: 7 Prinsip yang Harus Dipegang Anak Perantauan

Itulah tips mencari kost buat mahasiswa baru  yang nyaman & kece. Semoga kamu bisa temukan kost yang cocok buat kamu sehingga dapat support kegiatan kamu di kampus.

Jangan sampai salah menentukan kostan kamu sob… karena akan berdampak terhadap kegiatan perkuliahan kamu. Sekali lagi sob, menentukan lokasi kost sangat berdampak sama kesuksesan kuliah kamu.

Komentar: