Di Indonesia, ada banyak sekali perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk masa depanmu. Salah satunya adalah STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang merupakan sekolah tinggi keuangan Indonesia.

Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan negara. Mau kenal lebih dekat dengan lembaga satu ini? Yuk, mari simak di bawah ini.

Program Pendidikan di STAN

Sampai saat ini, sebenarnya STAN hanya menyelenggarakan program pendidikan sampai jenjang Diploma saja. Program studi yang bisa kamu pilih terdiri dari:

  • Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma III Keuangan Spesialisasi untuk Kebendarahaan Negara atau Anggaran.
  • Pajak, Kepabeanan dan Cukai
  • Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Penilai Pajak Bumi dan Bangunan
  • Akuntansi Pemerintahan
  • Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan kurikulum khusus
  • Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan kurikulum khusus
  • Diploma IV Keuangan Akuntansi.

Biaya Kuliah

Jika kamu bertanya berapa biaya kuliah yang harus dikeluarkan untuk kuliah di STAN, jawabannya adalah tidak ada. Yup! Sampai saat ini, STAN tidak memungut biaya apapun dari seluruh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di kampus STAN. Dengan kata lain, kamu mendapat beasiswa penuh selama kuliah di sini.

Kamu hanya perlu menanggung biaya hidup selama masa kuliah seperti uang makan, uang sewa rumah atau kosan, dan lain sebagainya. Tenang, di sekitar kampus STAN, kamu bisa menemukan banyak kos dengan harga sewa yang terjangkau. Selain itu, juga didukung dengan lingkungan yang nyaman dan banyak rumah makan yang harganya murah.

Baca juga: 5 Cara Ini Bisa Bantu Mahasiswa Menabung Lho

Penempatan Lulusan

Kantor Kementerian Keuangan

Kantor Kementerian Keuangan | Sumber: tribunnews.com

Saat kamu kuliah di STAN, itu artinya kamu bersedia untuk terikat dengan Kementerian Keuangan. Sekolah tinggi yang beralamat di Jl. Bintaro Sektor V, Tangerang Selatan, Banten ini mensyaratkan semua lulusannya harus bekerja di bawah lindungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lain yang terkait, baik di pusat maupun di daerah.

Semua lulusannya akan menyandang Calon Pegawai Negeri Sipil dan wajib bersedia ditempatkan di mana pun sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penempatan lulusan kampus ini biasanya di lingkungan Kementerian Keuangan di Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, dan Badan Kebijakan Fiskal.

Lulusan STAN juga bisa ditempatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Bapepam-LK, Dirjen Pajak, Dirjen Anggaran, Dirjen Perimbangan Keuangan, Dirjen Perbendaharaan Negara, Dirjen Kekayaan Negara, Dirjen Bea Cukai, Dirjen Pengelolaan Utang, dan masih banyak lagi yang terkait.

Itu masih instansi yang ada di Kementerian Keuangan, ya! Belum termasuk beberapa instansi di luar Kementerian Keuangan seperti Kementerian BUMN, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Baca juga: Jurusan dengan Peluang Kerja Terbesar Hingga 2020


Cukup cerah kok masa depanmu bila mau kuliah di STAN.

Hanya saja, untuk kuliah di STAN, tidak terbilang mudah. Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar dari seluruh wilayah Indonesia. Salah satu alasan kenapa ada banyak sekali peminat di perguruan tinggi ini adalah jaminan pekerjaan yang bagus setelah lulus kuliah nanti.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk kuliah di sekolah tinggi keuangan Indonesia, STAN, ini? Jika iya, kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk bisa bersaing di kampus yang bergengsi ini. Ada banyak saingan yang harus kamu kalahkan. Apalagi, kampus ini juga tidak menerima banyak mahasiswa setiap tahunnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca juga: 8 Cara Jitu Menaklukan STAN

Penulis: Hairun Nisa
Freelance Content Writer & Blogger