Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon mahasiswa baru, adalah apa saja yang akan mereka temui waktu kuliah nanti.

Bayangan aktivitas perkuliahan dan segala hal – hal yang akan ditemui membuat penasaran para mahasiswa baru dan calon mahasiswa.

Untuk itulah kami bagikan secara khusus melalui artikel ini tentang apa saja hal yang akan ditemui di perkuliahan.

Simak lebih lengkapnya di bawah ini ya!

1. PPKMB

PKKMB adalah Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru

PKKMB ini lebih sering dikenal dengan istilah ospek.

Untuk lebih dekat mengetahui apa itu PKKMB, kegiatan ini sedikit mirip dengan MOS/LOS saat menjadi siswa.

Pada PKKMB, kamu akan diajak mengenal lebih dalam terkait universitas, fakultas hingga jurusan. Di dalam kegiatan ini kamu bisa saling berkenalan dengan sesama mahasiswa baru yang akan menjadi temanmu saat kuliah nanti.

Baca juga: Selain Kuliah, berikut 7 Kegiatan yang Wajib Mahasiswa Ikuti

Selain itu ada juga penjelasan organisasi dan UKM yang membuatmu mengerti mengikuti kegiatan apa saja sesuai bakat minat selain mata kuliah.

PPKMB juga memberikan keseruan dengan adanya games dan ice break loh.

2. KRS ( Kartu Rencana Studi )

Selama studi, mata kuliah apa yang akan kamu jalani itu diserahkan ke kamu, tidak seperti saat sekolah yang mengikuti kurikulum baku dari sekolah.

Eits … bukan berarti kuliah tidak ada kurikulumnya. Kurikulum tetap ada, namun kapan kamu akan mengambil mata kuliah tertentu diserahkan ke kamu.

Dengan syarat Satuan Kredit Semester (SKS) yang dimiliki cukup dan sesuai kurikulum syaratnya. Misalnya IP semester 3.0 ke atas bisa mengambil 24 SKS (maksimum).

Sumber gambar: pexels.com

Biasanya untuk semester awal mata kuliah sudah ditentukan kampus, di semester selanjutnya kamu bisa memilih untuk mengambil batas maksimal SKS atau di bawahnya.

Jika kamu dengar mahasiswa/i yang lulus tepat waktu dalam 4 tahun untuk S1, atau lebih cepat dalam 3,5 tahun

Namun banyak juga yang lama lulus, karena mendapat IP rendah sehingga tidak bisa mengambil SKS secara maksimum

Baca : 15 Istilah Perkuliahan Ini Wajib Mahasiswa Tahu

3. BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa )

BEM adalah organisasi tertinggi di kampus. Buat kamu yang mempunyai kepribadian atau senang akan hal-hal organisatoris, kepemimpinan boleh banget untuk bergabung di organisasi yang paling bergengsi di kampus.

Di BEM, kamu juga bisa melatih kemampuan berpikir kritis dan berjiwa sosial juga loh. Hal ini karena selain menjalankan program kerja, di BEM sering banget menyoroti persoalan internal kampus, atau persoalan di luar kampus termasuk persoalan pemerintahan dan politik.

Dalam aksi BEM juga ada wujud nyata dalam kegiatan gerakan mahasiswa, pengabdian, hingga bakti sosial.

4. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa )

Kalau di sekolah, kamu mengenal esktrakurikuler, di kampus akan ada UKM yang akan menampung bakat minatmu.

Banyak sekali jenis UKM yang di kampus seperti UKM olahraga, UKM beladiri, UKM Ilmiah, UKM Bahasa, UKM Seni dan lain-lain.

Di dalamnya jenis itu juga beragam varian seperti UKM Olahraga nantinya ada UKM Volly, UKM Basket, UKM Futsal dll. Di UKM Beladiri ada UKM Pencak Silat, UKM Karate, UKM Jujitsu dll. Jenis UKM lainnya juga akan sama banyak varian kegiatan mahasiswa yang bisa diikuti.

Sehingga Kamu tetap bisa berprestasi akademik dan juga aktif mengasah bakat minatmu di pada hal-hal non akademik lewat UKM.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Organisasi Kampus Ini

5. Pakaian Kuliah

Sumber gambar: pexels.com

Saat sekolah kita melihat enak ya saat kuliah bisa pakai baju bebas, nggak kayak sekolah yang ada seragamnya. Ini benar banget!

Saat kuliah kamu bisa menggunakan pakaian bebas tapi rapi dan sopan

Jadi kamu bisa mengatur fashion yang kamu mau! Biasanya hanya mensyaratkan formal seperti pakaian berkerah untuk laki-laki dan bersepatu tapi untuk jurusan seni misalnya, kuliah pakai kaos oblong bukan masalah.

6. Jas Almamater

Jas Almamater adalah jas kampus yang wajib ada untuk setiap mahasiswa dan akan diberikan saat kamu mahasiswa baru.

Jas inilah yang menjadi pengenal kamu kuliah di kampus tertentu

Almamater menjadi hal yang penting jika sedang mengikuti atau menjadi panitia kegiatan yang mewakili kampusmu, terlebih lagi jika kegiatan itu dilakukan di luar kampus dan tak hanya mahasiswa kampusmu saja yang terlibat.

Sumber gambar: pexels.com

Bentuk pakaian almamater bisa berbeda-beda. Untuk versi formal biasanya menggunakan model jas atau blazer berbahan kain American Drill.

Almamater juga akan sering dipakai di lapangan seperti saat mengelola event, melakukan pengabdian dan KKN, serta melakukan penelitian dan mengikuti lomba.

Sedangkan untuk versi event yang lebih kasual, umumnya dibentuk berupa jaket, biasanya jaket jurusan seperti poin nomor 7

7. Costum Code

Selain almamater yang akan menunjukkan identitas universitas, biasanya satu angkatan, fakultas, jurusan atau dari organisasi dan UKM tertentu tak ingin kalah dengan mempunyai costum code sendiri seperti kaos, jaket, korsa, rompi, atau sekadar pin dan gantungan kunci.

Bahkan costum code bisa dibuat untuk event tertentu saja loh, seperti dies natalis kampus.

Itulah 7 hal yang akan mahasiswa baru temui saat kuliah. Nomor berapa saja yang sudah kamu tahu sebelum membaca artikel ini?

Boleh share di kolom komentar ya 🙂