Keahlian Fachrin Aulia Nst di Bidang IT Mengantarnya Sampai Ke Amerika

mahasiswa berprestasi usu

Seiring kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, dibutuhkan generasi muda yang mampu dan handal dalam menghadapi berbagai tantangan yang terus berubah.

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat generasi muda harus memiliki kualitas yang dibutuhkan baik secara akademis maupun profesional untuk dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Sosok seorang Fachrin merupakan salah satu contoh mahasiswa muda berprestasi yang memiliki beragam prestasi serta kemampuan karena di zaman yang sangat berkembang saat ini, sudah seharusnya kalangan anak muda memiliki banyak kemampuan seperti yang Fachrin miliki untuk dapat menghadapi berbagai kemajuan dan perkembangan di dunia.

Fachrin yang memiliki nama lengkap M. Fachrin Aulia Nasution merupakan salah seorang mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi USU 2014.

Mahasiswa kelahiran 17 Oktober 1996 ini, dulunya bersekolah di SMA Saffiyyatul Amaliyah Medan dan sudah menggemari bidang IT sejak ia duduk di bangku SMA.

Salah satu kegiatan yang baru ini Fachrin ikuti adalah Indonesia Next di Silicon Valley, Amerika Serikat pada bulan April 2017. Indonesia Next sendiri merupakan acara tahunan yang dihadiri oleh mahasiswa/mahasiswi terbaik dari Indonesia. Melalui Indonesia Next ini setiap peserta dapat mengetahui bagaimana ekosistem start-up digital di dunia yang sedang berkembang.

Baca: Pemulung Ini Ingin Lanjut S3 di Luar Negeri

Rangkaian program Indonesia NEXT ini diadakan di enam perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Indonesia (UI) Depok, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan sesi kreatif.

Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan akan membuka wawasan peserta untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.   

mahasiswa berprestasi teknologi informasi usu

Fachrin merupakan 1 dari 18 delegasi mahasiswa di Indonesia yang terpilih dengan seleksi ketat untuk dapat mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia dalam program Indonesia Next 2016 pada bulan April 2017 kemarin, program sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Saat berada disana, Fachrin dan rekan mengikuti pelatihan di GSV Labs, Amerika Serikat. Fachrin juga mengunjungi Google Headquarters, Google Launchpad Accelator, Intel Headquarters, Airbnb dan Declara.

Baca: 5 Kunci Kesuksesan Sundar Pichai menjadi CEO Google

Tidak sampai disitu, delegasi mahasiswa Indonesia pun mendapat kesempatan istimewa untuk bertemu dengan Konsulat Jenderal Indonesia untuk San Fransisco. Konsulat Jenderal Indonesia untuk San Fransisco tersebut juga menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang didapat dari delegasi mahasiswa Sumatera ini.

fachrin aulia teknologi informasi usu

Universitas Sumatera Utara merupakan satu-satunya Universitas dari Sumatera yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan perwakilan Sumatera di acara ini. Prestasi seperti ini patut diacungkan jempol dan sudah sepatutnya anak muda diberikan kesempatan untuk berkarya lebih lagi.

Selain itu, Fachrin juga memiliki beberapa kemampuan pada bidang IT yang sudah seharusnya kaum muda-mudi mulai membuka diri akan perkembangan teknologi di zaman yang sudah semakin canggih dan berkembang pesat ini. Pencapaian yang telah diraih Fachrin diantaranya adalah :

  • Membuat aplikasi Direktori Mahasiswa USU khusus untuk Android.

Direktori Mahasiswa USU merupakan aplikasi yang dapat melihat semua data serta IPK mahasiswa aktif yang berada di Universitas Sumatera Utara sesuai dengan Fakultas dan Program Studi.

  • Seorang Lead Web Developer di tokoartis.com.

TOKOARTIS.COM merupakan pelopor belanja online yang menkhususkan pada penyediaan produk hasil karya para seniman, musisi, pelukis, ilustrator, pematung aktor, aktris, dan lain-lain.

TOKOARTIS.COM menawarkan pengalaman belanja online bersama idola favorite konsumen. Konsumen dapat membeli produk produk asli berkualitas dengan kemudahan di mana saja dan kapan saja.

  • Seorang Chief Executive Officer di Samper.in.  

Samper.in adalah sebuah organisasi yang bergerak pada bidang Teknologi Informasi yang membantu konsumen dalam pembuatan website profile, website application, web design & logo.

Baca: Tak Sungkan Tampil Beda, Yunita Elisabeth jadi Role Model

Ditengah kesibukan Fachrin sebagai mahasiswa, Lead Web Developer dan Chief Executive Officer, ia masih dapat membagi waktu untuk aktif berorganisasi dengan baik.  Selain itu, Fachrin juga merupakan seorang asisten lab yang masih aktif mengajar dikampusnya sampai saat ini.

Penulis : AILEEN PUBLISHER (+62 81377321367)

Komentar: