5 Kunci Kesuksesan Sundar Pichai menjadi CEO Google

kunci sukses sunder pichai menjadi CEO Google

Google telah resmi bernaung di bawah perusahaan induk baru, Alphabet, yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tanggal 10 Agustus 2015. Alphabet didirikan dengan tujuan untuk memudahkan pengelolaan proyek-proyek di bidang lain secara terpisah. Perusahaan yang bukan di bidang Internet dipindahkan ke Alphabet sebagai anak perusahaan, yaitu Google, Google X, Google Fiber, Google Ventures, Google Capital, Calico, dan Nest Labs.

Bersamaan dengan restrukturisasi tersebut, CEO Google yang selama ini dipegang Larry Page dialihkan ke seorang pria India bernama Sundar Pichai. Sebelumnya, Sundar Pichai menjabat sebagai Product Manager dan Senior Vice President Android. Di Google, Pichai juga mengatur produk-produk Internet lain seperti Google Search, Google Maps, Google Plus, Google Apps, Chrome, hingga periklanan digital.

Artikel kali ini akan mengulas kunci kesuksesan dari seorang Sundar Pichai, warga negara India yang sukses menjadi CEO Google, yang bisa menjadi motivasi buat kamu sobat mahasiswa.

Nah, apa sih kunci kesuksesan Sundar Pichai hingga bisa dipromosikan sebagai CEO Google ?

1. Mempunyai skill yang mumpuni menjadi seorang engineer dan manager

Sundar Pichai adalah orang yang terpenting dan berperan besar dalam kesuksesan Google Chrome browser, mengalahkan Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Kesuksesan Chrome juga memuluskan jalan Pichai untuk mengembangkan produk-produk penting seperti Chrome OS, Chromebooks, dan Chromecast.

Sejak bergabung di Google pada 2004, saat menjabat sebagai product manager, Pichai sudah memperluas bidang pengembangan produknya seperti Android, Google Search, Google Drive, Google Maps , Gmail, Advertisement, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Pada tahun 2013, Sundar Pichai akhirnya diangkat menjadi kepala divisi Android.

Baca: Maudy Ayunda, Tokoh Muda yang Multi Talented

2. Memiliki jejak pendidikan di institusi terkenal di India

Banyak remaja-remaja India bagian eksekutif di Amerika sering dididik di salah satu institusi terkenal yaitu Indian Institute of Technology (IIT) dan Indian Institute of Management (IIM). Google bukanlah perusahaan pertama yang mengenal tingginya kualitas orang India dalam bakat eksekutif.

Sundar Pichai memperoleh gelar pertama jurusan Metallurgical Engineering di IIT Kharagpur . Kemudian, dia memperoleh gelar Master of Science Material Sciences and Engineering di Stanford dari beasiswa dan Master of Business Administration di Wharton School of the University of Pennsylavania.

3. Ramah, sopan dan baik sehingga di sukai orang – orang di Google

kunci kesuksesan sunder pichai menjadi ceo google
Presiden Joko Widodo berdiskusi bersama CEO Google, Sundar Pichai di kantor pusat Google, Mountain View, California (sumber: http://googleasiapacific.blogspot.co.id/)

Banyak orang yang mengatakan Pichai adalah sosok yang difavoritkan dan dihargai oleh rekan kerja, serta memegang peranan yang besar dalam pemeliharaan perusahaan setiap hari.

Pichai mempunyai reputasi yang baik di perusahaan dan kemampuannya untuk membuat keputusan yang sulit. Para rekan kerjanya sering mendeskripsikan diri Pichai dengan kata “ramah”, “sopan”, dan “pria yang baik”.

Salah satu rekan kerjanya mengatakan “Pichai mempunyai integritas, kecerdasan, dan kelakuan yang baik”. Chris Beckmann, seorang project manager di Google mengatakan “luar biasa berbakat dan kerja keras”. Beckmann juga mengatakan “Pichai enggan bermusuhan”. Google mempunyai politik seperti perusahaan besar lain, dan Sundar mengatur politik-politik tersebut untuk membuat tim-nya sukses dengan tidak memberi pengaruh buruk yang besar pada tim lain.” pada sebuah artikel di Quora.

4. Mempunyai bakat yang besar dalam membangun tim yang hebat

Kami semua tahu bahwa tim yang hebat mempunyai passion untuk mencapai target. Pichai berusaha membuat tim-nya peduli dan semangat dengan misi tim. Selain itu, Pichai juga dengan murah hati memberi kredit penuh untuk tim-nya tanpa ada keragu-raguan.

Baca: Universitas Trunojoyo Telah 2 Kali Meraih Juara Imagine Cup Tingkat Dunia

Beckmann mengatakan “Dia merekrut, mementor, dan mempertahankan tim yang bagus. Tim product manager Sundar memiliki reputasi dengan menjadi yang terbaik dari yang terbaik”.

5. Dipercayai dan diakui oleh Larry Page

Sundar Pichai dipercaya oleh Larry Page untuk memimpin perusahaan dan memegang tanggung jawab atas semua produk Internet Google kecuali Youtube yang dipimpin oleh CEO Susan Wojcicki. Page juga mengakui bahwa penunjukan Pichai sebagai CEO Google merupakan keputusan yang tepat dan pilihan yang natural.

Demikianlah artikel kali ini semoga menjadi motivasi kepada sobat mahasiswa untuk tetap semangat dalam kuliah, semangat dalam menuntut ilmu di sisi lain tetap menjadi orang yang ramah, sopan dan rendah hati meskipun kita sudah menjadi orang yang dihargai sehingga bisa menjadi kepercayaan atasan.

Penulis: Billy Halim (Web Developer and JavaScript Enthusiast)

Ilmu Komputer USU 2015