Cinta dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

aplikasi terbaik karya indonesia

Ditengah perkembangan teknologi global yang pesat dan semarak berdirinya startup – startup keren masa kini ditingkat dunia. Ternyata Indonesia juga tidak mau kalah.

Banyak sekali startup di dunia maupun di Indonesia yang membangun aplikasi yang telah membawa perubahan dan membantu kehidupan masyarakat, mengubah gaya hidup dan terkadang telah menjadi trend masa kini.

Berikut ini, penulis akan menjabarkan 5 aplikasi Karya Anak Bangsa yang paling TOP versi ruangmahasiswa.com. Kami memasukkan aplikasi ini dalam 5 besar karena sangat fungsional/berguna bagi kehidupan masyarakat di Indonesia dari berbagai sisi.

1. GO-JEK

Ide untuk menjadikan ojek-er menggunakan smartphone dan internet untuk mendapatkan penumpang mungkin dulu akan dikatakan orang adalah ‘ide gila’. Namun, Nadiem Makarim membuktikannya dengan membangun aplikasi GO-JEK.

GO-JEK merupakan perusahan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek secara online.

aplikasi terbaik buatan indonesia

Didirikan pada tahun 2010, sekarang GO-JEK telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia dalam hal transportasi, yaitu setiap bepergian sudah lebih cepat menggunakan layanan ojek online ini.

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

Saat ini, kita tidak hanya bisa memesan ojek secara online, namun juga sudah bisa memesan makanan, mengantar barang, berbelanja dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi GO-JEK sudah diunduh lebih dari 10 juta orang. Sangat luar biasa.

2. Bukalapak

Seorang Achmad Zaky seorang lulusan Teknik Informatika ITB yang berasal dari desa tidak mau menyia-nyiakan masa mudanya. Dia fokus untuk membangun aplikasi, hingga terciptalah Bukalapak.

Nama aplikasinya tentu Indonesia banget. Bukalapak merupakan salah satu toko online (online marketplace) terkemuka di Indonesia.

Dengan menghimpun toko – toko lokal untuk bergabung dengan Bukalapak, kini perkembangannya sangatlah pesat.

Banyak kemudahan – kemudahan layanan yang diberikan untuk setiap pengguna untuk berbelanja.

Mulai dari cara berbelanja tunai atau cicil, cara pembayaran, bahkan terakhir kali Bukalapak memunculkan fitur Nego, artinya pembeli dan penjual bisa saling tawar menawar harga barang secara online.

Baca: 5 Channel Youtube Asal Indonesia yang Mengedukasi

Tentu fitur ini sangat membantu orang untuk belanja online. Saat ini, Bukalapak juga sudah diunduh lebih dari 10 juta orang.

3. Traveloka

Aplikasi Traveloka telah memudahkan urusan perjalanan kita. Traveloka adalah aplikasi jasa yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.

Hingga kini Traveloka juga telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia terkait pemesanan tiket pesawat.

Bahkan jika seseorang menanyakan untuk pemesanan tiket pesawat, pasti teman yang lain mengatakan “Traveloka aja, Traveloka dulu”.

Keunggulan fitur yang ditonjolkan pada terakhir adalah fitur re-schedule yang artinya kita dapat menjadwalkan ulang penerbangan kita.

Jadi misalnya jika kita sangat berhalangan untuk terbang pada waktu yang telah kita pilih, maka mudah untuk menundanya atau mengundur tanggalnya.

4. Ruangguru

Dengan perkembangan teknologi, ternyata dunia pendidikan juga mengambil kesempatan ini. Ruangguru merupakan aplikasi penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia.

aplikasi terbaik dari Indonesia

Ruangguru menjadi sebuah wadah yang menghubungkan calon murid dan calon guru untuk menambah les pelajaran di luar dari jam sekolah.

Keuntungannya adalah murid dapat lebih banyak belajar dan memilih guru yang diinginkan, sedangkan guru dapat membuat jadwal tertentu untuk mengajar serta menentukan tarifnya sendiri.

Baca: 5 Website Berbahasa Inggris Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Selain itu, Ruangguru juga menyediakan fitur simulasi dan ujian online, video – video pembelajaran, serta kuis – kuis yang meningkatkan minat belajar siswa.

5. Pasienia

Top 5 Aplikasi karya anak bangsa yang terakhir adalah Pasienia. Pasienia merupakan aplikasi dibidang kesehatan.

Diciptakan sebagai media sosial antara pasien yang memiliki kesamaan penyakit untuk saling sharing dan saling support. Dengan Pasienia juga, para pasien lebih mudah dan cepat berkonsultasi dengan dokter.

Itulah 5 aplikasi terbaik karya anak bangsa, semoga bermanfaat bagi teman – teman semua. Semoga juga dapat digunakan dengan bijak dan dapat membantu bagi kelangsungan hidup sehari – hari kita.

Komentar: