Liburan Lebih Bermanfaat dengan 5 Kegiatan Ini

kegiatan yang tepat saat liburan

Hallo sobat mahasiswa…tidak terasa  ya hampir satu tahun berlalu, dan kini kita akan menyongsong tahun ajaran yang baru. Ada yang sedang sibuk mempersiapkan diri  sebagai mahasiswa baru, ada sobat yang sibuk berperang dengan Ujian Akhir Semester(UAS) dan bahkan mungkin  ada juga yang sudah bersantai menikmati masa liburannya.

Baca: 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Menghadapi Ujian

Ya… masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa.

Tidak dapat kita pungkiri sobat mahasiswa, bahwa masa liburan semester ini adalah hal yang sangat dinanti-nantikan setiap mahasiswa bahkan ada juga yang bilang liburan semester itu ibarat surganya mahasiswa.

Ya… Bagaimana tidak, masa liburan yang kurang lebih 1 sampai 2 bulan ini merupakan waktu yang pas untuk me-refresh otak, dan melepaskan diri sejenak dari kegiatan kuliah seperti tugas, ujian, menghadapi dosen killer, jurnal dan laporan yang sangat menyita perhatian, pikiran dan tenaga. Jadi tidak usah heran jika mahasiswa sangat hafal dengan jadwal tahunan ini.

Masa liburan memang perlu dinikmati, boleh – boleh saja, tapi bukan berarti membuat kita jadi berleha-leha dan melakukan kegiatan yang tidak terlalu bermanfaat dengan sesuka hati kita.

Tentunya rugi jika kita tidak memanfaatkan masa liburan ini dengan sebaik-baiknya, padahal banyak kegiatan positif dan produktif  di luar sana yang bisa sobat mahasiswa kerjakan.

Nah, kali ini ruangmahasiswa.com mau berbagi beberapa tips untuk mengisi liburan sobat mahasiswa, tentunya tips yang positif dan produktif dong.

Disimak ya tips berikut ini:

1. Magang atau Kerja Paruh Waktu

Liburan memang aktivitas santai yang bertolak belakang dengan kegiatan kuliah atau kampus sobat mahasiswa masing-masing. Tapi jika sobat sekalian memilih untuk kerja paruh waktu, itu merupakan pilihan yang tepat lo sobat mahasiswa.

Mengapa?

Karena selain untuk menghasilkan uang tambahan. Magang juga memberikan kita pengalaman dan memperluas pergaulan  di dunia kerja, yang tentu berbeda dengan dunia  perkuliahan. Hal ini tentunya sangat kita butuh sebelum kita mencari pekerjaan setelah lulus dari kampus kita masing-masing.

Jadi kalau pilihan sobat mahasiswa di liburan ini adalah magang atau bekerja paruh waktu, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat sobat mahasiswa masing – masing, atau mungkin pekerjaan yang bisa menjadi batu loncatan setelah menggandeng gelar alumni nanti.

2. Belajar bahasa Asing

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penguasaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting jika kita ingin mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang bagus.

Bahkan tak sedikit pula perusahaan baik negeri maupun swasta yang mencantumkan kemampuan berbahasa asing ini di syarat penerimaan kerja. Secara tidak langsung ini telah mewajibkan kita untuk harus mempelajarinya.

Nah, bagi sobat mahasiswa yang akan memasuki masa liburannya, mungkin ini salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Kita bisa kursus di lembaga yang resmi ataupun belajar secara otodidak dari buku dan media yang lain.

3. Bergabung dengan Organisasi

Cepat atau lambat kita pasti akan turun ke lingkungan masyarakat, contoh yang paling dekat adalah lingkungan tempat di mana kita akan  bekerja nantinya. Ilmu atau nilai akademik memang penting, tetapi kemampuan beradaptasi, bersosialisasi dengan orang lain, dan memiliki karakter seorang pemimpin itulah yang sangat kita butuhkan dalam dunia masyarakat (kerja) nantinya.

Baca: Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

Di dalam organisasi inilah sobat mahasiswa akan mendapatkan pelatihan tersebut. Pilihlah organisasi yang berhubungan dengan hobi atau Jurusan kita masing-masing, pasti masa liburan tahun ini akan lebih berarti.

4. Menjadi Relawan

kegiatan yang tepat saat liburan

Ya… mungkin hal ini mungkin tidak terlalu menarik untuk dilakukan, karna selain harus memberikan tenaga kita juga tidak akan mendapatkan penghasilan. Tetapi kegiatan seperti ini sangat bermanfaat lo sobat mahasiswa.

Kita dilatih untuk menjadi seorang yang tidak hidup dan memiliki ilmu untuk diri kita sendiri. Banyak hal yang dapat kita lakukan di masa liburan ini: menjadi guru relawan untuk anak – anak jalanan, panti asuhan dan masih banyak lagi.

Ini akan melatih kita untuk menjadi orang yang rendah hati dan peduli kepada orang lain.

5. Membaca dan Menulis Buku

kegiatan yang tepat saat liburan

Bagi sobat mahasiswa yang punya hobi seperti yang di atas, pasti liburan tahun ini akan terasa menyenangkan karena begitu banyak waktu yang tersedia untuk melakukannya.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kita harus Banyak Membaca

Ya… Membaca dam menulis merupakan dua hal yang sangat erat hubungannya. Keduanya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, selain menambah pengetahuan dan wawasan hobi ini juga membuat otak kita semakin aktif dalam menemukan ide-ide yang cemerlang.

Biasanya, orang yang memiliki hobby  ini adalah orang – orang yang kreatif dan selalu berusaha untuk menimbulkan ide  – ide yang baru lo sobat mahasiswa. Selain itu hobi ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pelatihan, mana tahu beberapa tahun yang akan datang sobat mahasiswa menjadi penulis yang profesional.

Ya… tidak menutup kemungkinan bukan..??

6. Membantu Orang Tua

Ya… bagi sobat mahasiswa yang berasal dari pedesaan atau kampung yang jauh dari kota, tentunya pilihan yang terakhir ini menjadi pilihan yang sangat diminati.

Liburan semester merupakan waktu yang sangat tepat untuk membantu orang tua serta menghabiskan waktu bersama dengan keluarga apalagi jika orang tua kita tidak berasal dari keluarga yang berada.

Tempat perkuliahan yang jauh pastinya membuat kita jarang pulang dan berada jauh dari orang tua setiap harinya. Sudah pastilah liburan menjadi moment yang sangat berarti ketika berkumpul dengan keluarga.

Itulah beberapa tips dari ruangmahasiswa.com untuk mengisi liburan kamu.

Semoga bermanfaat ya.

3 komentar pada “Liburan Lebih Bermanfaat dengan 5 Kegiatan Ini

  1. Yang mau belajar bahasa asing 😀 tapi ga mau liburannya terganggu!?
    Silahkan manfaatkan Whatsapp , Skype, Line ada ukt belajar kelas Inggris – Jepang dan Mandarin di BritishEnglishClass.com

    Bakal belejr online via Chatting apps dan punya pilihan beljr bareng 150 lebih guru!

    Kelas Private!

Komentar: