5 Channel Youtube Asal Indonesia yang Mengedukasi

Orang sedang menonton Youtube

Zaman sekarang sudah serba digital. Dengan adanya internet, informasi yang kita perlukan sangat mudah dan cepat diperoleh. Karena itulah, kita harus memanfaatkan internet sebaik-baiknya sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kita Harus Banyak Membaca 

Salah satu aktivitas yang mungkin kebanyakan orang lakukan di internet adalah berselancar di media sosial. Media sosial telah memainkan peran yang penting dalam hidup kita.

Adanya media sosial, kita bisa terhubung dengan teman-teman kita dalam jarak jauh.

Di samping menghubungkan orang, media sosial juga hendaknya bisa mengedukasi penggunanya. Tentu, konten-konten di media sosial tidak berasal dari pihak media sosial saja, melainkan dari pengguna-pengguna lain yang tersebar di seluruh dunia.

Pertukaran informasi antar pengguna inilah yang membuat suatu media sosial menjadi lebih hidup.

Selain media sosial pada umumnya seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, situs berbagi video yang sudah dikenal banyak orang, Youtube, memiliki segudang pengetahuan yang bisa digali.

Video memang sudah menjadi media yang menyampaikan informasi secara efektif dan mewakili beribu-ribu kata.

Maka dari itu, akan diulas 5 channel Youtube berbau edukasi karya anak Indonesia yang wajib di-subscribe. Mungkin rasa keingintahuan anda menjadi lebih tinggi ketika menonton video-video yang ada di channelchannel tersebut.

1. Kok Bisa?

Kebanyakan video-video yang ada di channel ini bermula dari pertanyaan yang ditawarkan pengguna lain tentang sesuatu hal yang membuat orang penasaran. Kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu.

Contohnya adalah kenapa jenis kelamin ada 2, seberapa tinggi kita bisa mendirikan bangunan, apa yang terjadi jika manusia lenyap dari bumi, dan lain-lain.

Dari detik pertama sampai detik terakhir, video di channel ini menjawab pertanyaan dengan menggunakan animasi. Animasi-lah yang membuat orang tidak bosan ketika sedang menonton video.

Link: Kok Bisa?

2. Kamu Harus Tahu!

Sama dengan Kok Bisa?, channel ini mengillustrasikan video-videonya dengan animasi. Ada yang tentang sejarah, opini, dan pertanyaan yang ditawarkan pengguna lain.

Sejarah buku, sejarah uang, sejarah nama indonesia, penyebab pendidikan di Indonesia terpuruk, bagaimana terorisme berevolusi merupakan contoh konten-konten yang ada di channel ini.

Link: Kamu Harus Tahu!

3. Sains Bro

Nah, channel ini sedikit berbeda dengan 2 channel di atas. Meskipun sama-sama menggunakan animasi, video-video di channel ini menggunakan coretan-coretan tangan untuk menjelaskan sesuatu hal agar lebih mudah dipahami.

Sesuai dengan namanya, channel ini lebih fokus ke sains, misalnya dalam aspek fisika maupun kehidupan sehari-hari.

Sebut saja, mengapa warna api berbeda-beda, benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik, dan lain-lain.

Link: Sains Bro

4. Hujan Tanda Tanya

“Setiap pertanyaan yang terjawab akan menghasilkan pertanyaan baru, sehingga pikiran manusia selalu berada dalam Hujan Tanda Tanya”.

Channel ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi melalui video-videonya.

Video-video yang ada di dalamnya dapat berupa animasi maupun seperti Vlog. Misalnya, salah jurusan, 6 fakta menarik seputar lebaran, bahaya berbohong bagi otak.

Link: Hujan Tanda Tanya

5. Ayo Mikir

Channel ini menjangkau psikologi, biologi, astronomi, pertanyaan dari pengguna lain, dan hal yang lagi trending di Indonesia.

Sama dengan channel Sains Bro, video-video di channel ini menggunakan illustrasi coretan tangan.

Contoh-contoh videonya adalah apa yang terjadi jika kita berhasil menembus kecepatan cahaya, kenapa manusia harus tinggal di bumi, bukan Mars, dan masih banyak lagi video yang bisa mempertajam daya pikir kita.

Link: Ayo Mikir

Itulah channelchannel Youtube asal Indonesia yang bisa mengedukasi masyarakat.

Pengetahuan bukan hanya bisa didapatkan dari buku dan artikel melainkan dari video sebagai bentuk kemajuan zaman untuk menyampaikan informasi secara efektif.

Semoga channelchannel tersebut dapat membuat kita menjadi lebih pintar dan berwawasan luas.

Baca: 7  Film yang Wajib Ditonton Mahasiswa

2 komentar pada “5 Channel Youtube Asal Indonesia yang Mengedukasi

Komentar: