Hai sobat Ruang Mahasiswa, selamat datang di 2020! Khususnya buat kamu calon mahasiswa baru, tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang greget dan penentuan langkah masa depan kamu, bukan?

Kamu akan berhadapan langsung dengan jembatan yang mengarahkanmu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu tahap masuk ke Perguruan Tinggi.

Siapa nih di sini ingin masuk kuliah di PTN, pastinya kamu ya.

1. Tahun 2020 menjadi tahun kedua UTBK

Tahun 2020 akan menjadi tahun kedua dilaksanakannya SBMPTN dengan Sistem Ujian Berbasis Komputer atau yang kita kenal dengan istilah UTBK yang sebelumnya dilakukan dengan berbasis kertas dan pensil.

Mahasiswa angkatan 2019 pasti tau dong ya gimana rasanya berhadapan dengan sistem baru ini.

Rasanya baru kemarin para pejuang PTN 2019 menjadi pioneer peserta ujian berbasis komputer, gak terasa kamu calon angkatan 2020 akan menjadi angkatan kedua untuk UTBK 2020.

2. Setiap tahunnya, sistem SBMPTN selalu ada yang berubah

aturan mengikuti utbk 2020

Suasana peserta mengikuti UTBK 2020 Sumber: bias-pare.com

Buat kamu para pejuang yang ingin tembus masuk PTN, kamu sebaiknya rutin kepoin sistem UTBK untuk SBMPTN. Mengapa? Agar kamu gak ketinggalan informasi terkait perubahan sistem SBMPTN, sobat!

Apa yang baru dari sistem UTBK 2020?

Sebelum membaca lebih jauh tentang sistem UTBK 2020, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu:
Siap Masuk PTN 2020? Berikut Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Sebagai calon pejuang SBMPTN, kamu perlu tahu beberapa kebijakan UTBK 2020 agar dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk menghadapi UTBK tahun ini.

Sobat pejuang PTN, berikut kebijakan baru terkait UTBK 2020 yang perlu kamu ketahui.

1.Adanya kebijakan Single Sign On (SSO)

Buat pejuang SBMPTN 2020, istilah SSO ini seharusnya gak asing lagi di telinga kamu. Jika pada tahun sebelumnya peserta ujian langsung mendaftar UTBK melalui laman pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

Nah, untuk UTBK 2020 calon peserta ujian harus memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan cara melakukan registrasi di laman portal.ltmpt.ac.id.

Buat kamu pejuang SBMPTN tahun ini, kebijakan SSO menjadi kewajiban pertama yang sudah harus kamu lakukan sebelumnya. Sudah daftar akunnya, bukan? Pastikan sudah daftar ya adik – adik!

2. Peserta ujian hanya boleh mengikuti UTBK sebanyak 1 kali

Kebijakan baru ini mungkin menjadi kebijakan yang mendebarkan, bukan? Hanya ada 1 kesempatan buat kamu pejuang PTN untuk bisamasuk PTN 2020 melalui jalur SBMPTN, sobat!

Untuk itu, kamu perlu lebih bijaksana dalam mengenali dirimu dan menyesuaikannya dengan peluang yang sedang berada di hadapanmu. Lakukan persiapan dengna lebih matang, ya sobat, karena tidak ada kesempatan ke-2!

3 Dibukanya kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum)

pahami alur dan aturan baru utbk 2020

Sumber : cnnindonesia.com

Nah, kebijakan ini mungkin akan kembali memberikan keuntungan kepada kamu, jika pada 2019 hanya ada ujian Saintek dan Soshum, namun di 2020 kamu bisa memilih kelompok ujian campuran

Kebijakan ini memungkinkan kamu lebih bebas untuk memilih jurusan yang ingin kamu pilih, guys.

Bagi kamu yang memilih untuk masuk kelompok ujian campuran, materi ujian yang nanti akan kamu hadapi adalah Tes Potensi Skolastik, Tes Kemampuan Akademik Saintek dan Tes Kemampuan Akademik Soshum.

Buat kamu yang ikut seleksi SNMPTN, baca ini ya:
8 Ketentuan PENTING & Jadwal SNMPTN 2020

4. Perubahan biaya pendaftaran UTBK

Buat peserta kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum, biaya pendaftaran UTBK adalah sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah), sedangkan buat kamu yang memilih kelompok ujian campuran, biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

5.Perubahan jadwal pelaksanaan UTBK

Tidak dapat dipungkiri, perubahan jadwal pelaksanaan UTBK akan semakin memperketat persaingan, guys. Pada UTBK 2019, jadwal pelaksanaan UTBK adalah sebanyak 24 sesi setiap Sabtu dan Minggu.

Pada tahun 2020 ini, pelaksanaannya hanya akan berlangsung 14 sesi.

Pelaksanaan UTBK 2020 hanya akan berlangsung selama satu minggu, dimana satu hari terdiri dari dua sesi.

Waktu pelaksanaan ujiannya adalah mulai pukul 07.30 – 11.45 WIB untuk sesi pagi dan 13.00-17.15 WIB untuk sesi siang di 74 pusat UTBK PTN, sobat.

Kamu perlu memantau terus menerus terkait jadwal pelaksanaan UTBK, sobat! Jangan sampai ketinggalan informasi, ya… Pilihan jadwal yang tepat juga akan membantumu untuk lebih fokus saat ujian nanti.

Tips kakak dari Ruang Mahasiswa


Ada yang baru setiap tahunnya, jadi jangan lengah ya adik – adik!

Pada tahun 2019, admin pernah menyinggung nih terkait perubahan sistem yang mungkin akan terjadi. Tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun 2021 kembali akan ada perubahan sistem, jadi selalu ikuti perkembangan informasi ya.

Silahkan cek di sini: Tanya Jawab Seputar SNMPTN, SBMPTN & Bidikmisi 2020

Sejak masuk SMA sederajat, kamu sudah harus kepo dengan seleksi PTN

Informasi seputar seleksi PTN seharusnya bukan hanya dikepoin saat kamu sudah berada di tangga pertempuran, sebaliknya kamu perlu tau lebih sejak kamu sudah duduk di kursi SMA sederajat, sobat! Mengapa? Agar kamu terus update, be aware, dan terlatih untuk lebih jeli melihat peluang.

So, guys, you are the heroes for yourself at this time. Semangat untuk merebut kursi PTN, ya sobat!

Penulis: Yohana Adriana
Head Of Author Ruang Mahasiswa
XL Future Leader Awardee Batch 8