“Ga terasa ya udah mau tamat aja, padahal baru kemaren masuk kelas 10. Eh udah mau pisah aja sama teman-teman di kelas.”

Seiring berjalannya waktu, seiring itu juga umur makin bertambah dan kelas pun makin meningkat. Kamu yang saat ini duduk di kelas 12, pasti merasakannya. Sebentar lagi bakal pisah sama kawan sekomplotan, gak bakal pakai baju putih abu-abu lagi, bakalan jarang jumpa, sibuk dengan dunia kuliah atau dunia kerja.

Pernahkah kamu berpikir “masa-masa ini sangat berharga dan jangan disia-siakan”. Yap, setiap detik, menit, jam adalah waktu berharga untuk kita hidup. Kamu pernah nonton film “IN TIME” ?

“Di film itu diceritakan bahwa kamu tidak akan punya waktu banyak kalau kamu tidak menggunakan waktu dengan bijak. Karena waktu yang kamu gunakan hanya untuk sia-sia maka waktu itu akan membunuhmu. Untuk itu kamu harus mencari banyak waktu untuk bertahan hidup.”

Kamu wajib nonton film ini agar tahu betapa berharganya waktu itu.

Nah, karena waktu kamu tinggal beberapa bulan lagi berada di sekolah, setidaknya kamu telah merencanakan apa yang akan kamu lakukan setelah tamat sekolah. Kuliah, kerja atau yang lain? Berikut adalah hal yang harus kamu lakukan atau pikirkan mulai dari sekarang.

1. Tentukan pilihanmu

Menentukan pilihan adalah hal dasar yang telah kamu pikirkan jauh-jauh hari. Kamu tahu resiko apa yang akan kamu dapat setelah memilih ini. 

“Misal, aku harus kuliah oleh sebab itu aku harus meminta izin orangtuaku atau aku lebih baik kerja saja karena orangtuaku tidak sanggup membiayai studyku, mungkin aku bisa kuliah sambil kerja.”

Pikiran seperti ini biasanya akan memenuhi kepalamu untuk menentukan mana yang harus kamu pilih dengan resiko yang akan kamu dapat setelah memilih pilihan tersebut.

Baca: Tamat SMA! KULIAH atau Kerja?

2. Berdiskusi dengan orangtua

tips sebelum tamat sekolah SMA

Bagaimanapun orangtua merupakan penasehat terbaik yang mengerti karakter kita dan tahu penyelesaian masalah kita.

Kamu sangat ingin kuliah tetapi keadaan ekonomi keluargamu tidak memungkinkan. Kamu bisa berbicara baik-baik kepada orangtuamu dengan menjelaskan apa yang kamu inginkan.

Mereka akan membantumu mewujudkan cita-citamu, karena tidak ada orangtua yang tidak menginginkan anaknya sukses.

3. Berdiskusi dengan senior

Senior tidak hanya mereka yang telah kuliah di tempat yang kamu inginkan. Senior disini bisa juga abang atau kakak kamu yang telah deluan dari pada kamu.

Kamu bisa bertanya ke mereka, bagaimana sistem perkuliahan, apakah saya cocok untuk kuliah disini. Mereka akan dengan senang hati berbagi pengalaman mereka ke kamu.

Jika kamu tidak punya abang atau kakak, kamu bisa bertanya ke orang lain. Seperti media sosial yang berkaitan seputar dunia kampus.

Konsultasi jurusan kuliah sekarang dengan Tim ruangmahasiswa.com

4. Yakinkan dirimu

Jika kamu memutuskan untuk kuliah, kamu harus meyakinkan dirimu bahwa kamu ingin belajar dan sanggup menjalaninya.

Ingat, kuliah tidak seperti di ftv yang kamu tonton. Kuliah sangat berbeda dengan sekolah, walaupun kamu tidak menggunakan seragam lagi.

Biasanya untuk masuk universitas yang kamu inginkan akan ada beberapa jalur yang kamu lewati. Ini penting juga untuk kamu, oleh sebab itu kumpulkan informasi yang banyak untuk dirimu agar tidak salah jalan.

Baca: Jangan Takut, Semua Orang Punya Kesempatan untuk Kuliah

Kalau kamu memilih bekerja, kamu sudah tahu harus kerja dimana dengan mencari lowongan apa yang kamu inginkan atau ternyata kamu telah ditempatkan orangtuamu untuk bekerja di perusahaan. Siapa tahu?

5. Berdoa dan berusaha

tips untuk kelas XII

Ibadah merupakan cara kita tetap berkomunikasi pada-Nya. Tuhan tidak menyukai hambanya yang jauh pada-Nya. Berusaha dan berdoa merupakan hal yang tak pernah pisah dari kehidupan.

Percayalah Tuhan tidak akan memberikan masalah yang tidak bisa diatasi umatnya.

Itu lah tips untuk kamu yang sedang duduk di kelas 12. Tetap semangat dan gapai apa yang ingin kamu lakukan.

Kalau kamu tidak yakin dengan pilihanmu, diskusilah. Itu akan menyelesaikan  masalahmu. Berdoalah itu akan memberimu jalan yang tanpa sengaja Tuhan meringankan jalan menuju impianmu. Berbaktilah karena tanpa orangtua kau bukan siapa-siapa.