Jangan Takut, Semua Orang Punya Kesempatan untuk Kuliah

Pada zaman modernisasi ini, pendidikan tak kalah penting dari segalanya, sebab tanpa pendidikan roda kehidupan dunia tidak akan berputar, ups, dalam sekali ya pembahasannya.

Mungkin masih banyak dari kalangan siswa, untuk melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah hanyalah sebuah mimpi dan hal yang mustahil untuk dilakukan, jangan bersedih dulu, karena banyak jalan menuju roma, dan masih ingat kan sebuah pepatah berkata “dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

Nah, pesan yang dapat kita petik dari pepatah tersebut adalah bagaimana niat, kemauan dan usaha kita untuk melanjutkan cita – cita yang lebih baik,  Nah langsung saja mengapa kali ini sobat ruangmahasiswa mengangkat artikel tentang” sekarang, semua orang bisa kuliah”

Tentu tak lepas dari apa yang kita cita – citakan sesuai dengan harapan, tentu setiap orang pasti ingin memiliki masa depan yang lebih cerah bukan?  nah apa saja hal yang membuat semua orang bisa kuliah? Langsung saja “Check it out!”.

1. Ikut program Bidikmisi

Apa itu bidikmisi? Mungkin itulah pertanyaan yang sering muncul di benak sobat sekalian. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Baca: 16 Beasiswa Ini Menantimu di Perguruan Tinggi

2. Menabung sejak dini

tips mengelola keuangan untuk anak kos

Ketika kamu menduduki bangku sekolah, ada baiknya kamu menyisihkan sebagian dari jajan dari uang sakumu minimal Rp. 2000,- per harinya, dan kalau dihitung – hitung selama 3 tahun akan menjadi nominal yang cukup besar, yang nantinya bisa menjadi modal untuk kuliah ketika lulus dari bangku sekolah.

Baca: 10 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Anak Kos

Lumayan kan, kamu tidak perlu merepotkan kedua orangtuamu, karena kamu tahu mungkin kedua orangtuamu belum tentu merestui kamu untuk kuliah karena terkendala biaya.

Hal bukan berarti orangtuamu tidak sayang padamu, tetapi karena keterbatasan ekonomi yang menghambat cita – citamu, untuk itu mulailah dari sekarang untuk menabung sedikit – demi sedikit uang jajanmu, kelak akan menjadi dampak yang besar dalam membiayai kuliahmu setelah lulus nantinya.

3. Carilah kampus yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga pemerintah

Manfaatkan media sosial  untuk melakukan pencarian mengenai kampus – kampus yang memiliki ikatan dinas dengan pemerintah, atau memperluas relasi kelak akan menjadi sumber informasi yang dapat membantu.

Saat ini cukup banyak perguruan tinggi atau universitas yang memiliki ikatan dinas dengan pemerintah yang nantinya dapat membantu hingga meraih gelar sarjana.

4. Berwirausaha / membuka usaha  kecil – kecilan

mahasiswa berwirausaha

Jangan malu untuk berwirausaha, carilah ide, usaha apa yang akan kamu lakukan untuk meraup kepingan rupiah yang dapat menjadi sumber penghasilan kamu, lumayan kan?

Dari sana kamu akan belajar arti dari bekerja yang sesungguhnya, dan tidak hanya membutuhkan 100% bantuan uluran tangan orangtua, jadilah pribadi yang mandiri, tanpa merepotkan orang lain tetapi membantu orang lain dalam hal kemanusiaan.

5. Ciptakan semangat belajar yang tinggi

Semangat yang ada dalam dirimu akan dilihat oleh orang – orang yang ada di sekitarmu, terlebih terhadap gurumu, sayang bukan, apabila sewaktu duduk di bangku sekolah, kamu memiliki segudang prestasi yang tak terlupakan, bahkan gurumu sendiri kagum atas apa yang telah kamu dapatkan baik itu berupa nilai yang bagus, sertifikat, piagam penghargaan dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa dari gurumu yang akan memberi jalan yang mulus menuju kursi perguruan tinggi nantinya.

6. Manfaatkan sosial media

Zaman sekarang ini, teknologi semakin memanjakan penggunanya, nah jangan salah arah. Di internet kamu akan mendapatkan banyak informasi mengenai informasi yang berhubungan dengan perkuliahan baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

Jangan sia – siakan waktumu hanya dengan menggunakan facebook, twitter, instagram selama berjam – jam, tetapi manfaatkan sosial media sebagai sumber informasi yang dapat mendorongmu untuk mendapatkan info mengenai beasiswa – beasiswa yang disediakan oleh berbagai perusahaan swasta maupun BUMN.

Nah, sekarang tunggu apalagi? Bangunlah dari tidurmu, bergegaslah untuk segera berusaha dengan niat tulus dan motivasi yang tinggi.

Lakukanlah apa yang bisa kamu lakukan dan menurutmu baik serta berguna bagi diri sendiri dan orang – orang yang berada di sekitarmu.

Karena di masa mudamu kamu dapat melakukan berbagai hal positif yang tentunya akan mengubah hidup 360 derajat, dan teruslah berkarya dan menjadi sumber penggerak kemajuan bangsa.

Kesempatan selalu terbuka lebar, yang diperlukan hanyalah bagaimana kamu menggunakan kesempatan itu sebaik – baiknya.

Semoga bermanfaat, good luck! ☺

Komentar: