Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) barangkali merupakan impian hampir semua siswa/i yang saat ini duduk di bangku SMA sederajat.

Tingginya angka peminat PTN tersebut berbanding terbalik dengan fakta bahwa kuota bagi mahasiswa baru di tiap-tiap PTN sangat terbatas.

Hal ini membuat para lulusan SMA/SMK yang ingin masuk ke PTN tersebut harus bersaing melalui beberapa jalur seleksi yang tersedia.

Salah satu jalur seleksi yang paling populer adalah jalur SBMPTN, yang pada pelaksanaannya sejak tahun 2019 didahului dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pada tahun 2019, jumlah peserta UTBK mencapai 1,2 juta orang. Sementara pada tahun 2020 angkanya mencapai 700 ribu orang.

Kebayang ga sobat, seberapa ketat persaingannya?

Oleh karena itu, agar dapat bersaing dengan orang-orang tersebut maka kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang sejak jauh-jauh hari, sobat.

Berikut Ruang Mahasiswa telah merangkum langkah-langkah persiapan UTBK 2021 yang dapat kamu lakukan pada saat ini!

1. Melakukan riset tentang jurusan pilihan

Bagi sebagian orang, jurusan ketika kuliah adalah hal yang sangat penting.

Karena selain menentukan arah studi yang akan kamu tempuh selama tiga sampai empat tahun kedepan, jurusan yang kamu ambil juga berpotensi untuk menentukan arah profesimu kelak.

Dari ratusan pilihan jurusan yang tersebar di berbagai kampus, kamu dapat memilih dan memilah jurusan-jurusan yang sekiranya sesuai dengan minatmu dan juga memiliki prospek pekerjaan yang baik.

Oh iya, pemilihan jurusan ini juga tidak semudah kelihatan karena faktanya ada beberapa jurusan yang pada dasarnya mirip, seperti jurusan agribisnis dan agroteknologi, kedokteran dan kesehatan masyarakat atau teknik informatika dan sistem informasi.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu ya, sobat!

Baca: Calon Mahasiswa, Hindari 5 Kesalahan dalam Memilih Jurusan

2. Memetakan kampus pilihan

Setelah berhasil menentukan jurusan pilihan, maka langkah berikutnya adalah memetakan kampus-kampus pilihan yang sekiranya cocok untuk kamu.

Beberapa variabel yang dapat kamu gunakan untuk memetakan kampus pilihan adalah lokasi kampus dan reputasi kampus.

Harus diakui, hingga hari ini PTN-PTN teratas di Indonesia masih didominasi oleh PTN-PTN yang terletak di Pulau Jawa.

Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi kamu yang berdomisili di luar Pulau Jawa

Apakah bersedia untuk merantau demi masuk ke PTN yang relatif memiliki reputasi lebih baik atau menempuh pendidikan di PTN yang tersedia di wilayahmu dengan pertimbangan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra (biaya hidup dan transportasi).

3. Latihan mengerjakan tipe-tipe soal UTBK sebelumnya

Sumber gambar: pixabay.com

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari tahu dan mencoba menyelesaikan soal-soal UTBK pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, soal-soal yang keluar biasanya tidak terlalu berbeda jauh, sobat.

Kamu bisa menemukan tipe-tipe soal UTBK dan cara penyelesaian melalui internet ataupun dengan membeli buku bank soal yang biasanya sudah banyak tersedia di toko buku maupun toko online.

Oh iya, kamu juga harus pastikan terlebih dahulu jurusan yang telah kamu pilih itu masuk ke dalam kelompok sains dan teknologi (SAINTEK) atau sosial dan humaniora (SOSHUM).

Hal ini perlu kamu ketahui agar dapat fokus belajar di dalam rumpun ilmu tersebut.

Baca: Pejuang PTN, Berikut 6 Langkah Menguasai Soal SBMPTN!

4. Mengikuti bimbel online

Selain mengerjakan soal secara mandiri, kamu juga dapat mengikuti bimbel online loh, sobat!

Terutama di tengah masa pandemi yang menyebabkan keterbatasan mobilitas, memilih bimbel online sejak saat ini untuk membantu proses pembelajaran merupakan pilihan yang baik.

Selain dapat diakses dari tempat tidur kamu, bimbel online juga memiliki beberapa kelebihan seperti akses-akses video dan soal pelajaran yang bisa kamu akses kapan saja sehingga tidak perlu takut tertinggal pelajaran.

Salah satu fitur andalan yang juga tersedia di beberapa bimbel online adalah fitur konsultasi dengan mentor-mentor terbaiknya yang membuatmu dapat lebih yakin dalam menghadapi UTBK dan menentukan pilihan ketika SBMPTN nanti.

Baca: 6 Keuntungan Belajar Online dengan Brain Academy

5. Mengikuti tryout online

Tryout pada dasarnya merupakan simulasi dari pelaksanaan UTBK yang biasanya diadakan oleh pihak ketiga.

Sebagai sebuah simulasi, tentu saja tahap pelaksanaan tryout dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan UTBK itu sendiri, mulai dari jumlah soal, durasi hingga tipe soal.

Dengan mengikuti tryout UTBK ini, kamu dapat melihat sejauh mana kemampuan kamu dalam menyelesaikan soal UTBK, melatih manajemen waktu dan juga mengukur sejauh mana daya saing kamu dengan calon-calon mahasiswa lainnya.

Salah satu tryout gratis yang akan diadakan dalam waktu dekat diselenggarakan oleh Ruangguru. Pendaftaran tryout ini dibuka mulai tanggal 6 hingga 11 September 2020.

6. Mempertimbangkan kembali pilihan SBMPTN

Setelah mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal dan juga mengukur kemampuan dengan mengikuti try out, maka kamu dapat mempertimbangkan kembali pilihan kampus dan jurusan yang kamu pilih.

Jika sebelumnya kamu memilih lebih dari dua pilihan (karena batas pilihan di SBMPTN hanya dua), maka kamu dapat mulai mengerucutkan pilihanmu dengan melakukan rasionalisasi antara ketatnya tingkat persaingan (biasanya diukur dengan passing grade) dengan kemampuan yang kamu miliki (skor ketika try out).

Meskipun angka passing grade maupun skor try out tidak sepenuhnya benar dan menentukan, namun kedua hal ini tetap menjadi satu-satunya tolok ukur yang dapat kamu pegang untuk membaca peluang dan menyusun strategi lulus di PTN, sobat.

7. Tetap jaga kesehatan

Sumber gambar: pexels.com

Hal terakhir yang harus tetap kamu lakukan mulai sekarang adalah menjaga kesehatan.

Hingga artikel ini terbit, kita belum mengetahui kapan pandemi COVID-19 akan usai. Bisa saja pada tahun 2020 ini ataupun pada tahun depan.

Disamping pandemi COVID-19, menjaga kesehatan tetaplah sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang kita lakukan.

Sebagai contoh, kita tidak akan dapat konsentrasi untuk mendengarkan atau membaca sebuah materi apabila dalam kondisi yang tidak fit.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan menjaga kesehatan, rutin berolahraga dan menerapkan protokol kesehatan ketika keluar rumah ya, sobat!

Baiklah sobat, itulah artikel seputar langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi UTBK 2021. Semoga kamu dapat masuk ke dalam PTN dan jurusan impianmu ya, sobat!