Blog berfungsi sebagai tempat berbagi cerita, pengalaman, ilmu melalui tulisan yang dibuat di internet. Oleh karena itu, kegiatan blogging adalah sebuah aktivitas yang siapa saja bisa melakukannya. Jadi wajar saja, jika sekarang ini nge-blog bisa dilakukan oleh pekerja professional, karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa maupun anak – anak sekolahan.

Memang tidak bisa dipungkiri jika kegiatan blogging sangat banyak menyita waktu Anda, jika anda tidak bisa menjalankannya secara efektif dan efisien.

Nah, kali ini Ruang Mahasiswa akan berbagi tips bagaimana seharusnya Ngeblog yang baik untuk teman – teman mahasiswa. Soalnya bagi kamu yang masih kuliah atau masih sekolah, sudah seharusnya tetap mengutamakan pendidikan dibandingkan kegiatan lainnya.

Jadi teman – teman di sini yang mempunyai blog dan aktif menjadi blogger boleh disimak beberapa tips blogging untuk mahasiswa berikut ini:

1. Ingat, tujuan utama adalah kuliah

tips-ngeblog-mahasiswa2

Sebagai mahasiswa, kita harus selalu ingat bahwa tujuan utama kita adalah kuliah. Maka kita harus memprioritaskan kegiatan kuliah dibandingkan kegiatan lainnya. Sebagai mahasiswa kita harus belajar dengan baik, mendapat IP yang tinggi, berprestasi dan menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Cepat Wisuda

2. Bangun blog bertema ilmu pengetahuan

Sudah sepantasnya sebagai kaum intelektual, kita harus lebih aktif berbagi seputar ilmu pengetahuan dibandingkan yang lain. Maka, sebaiknya jika ingin mempunyai blog, buatlah blog yang bertema ilmu pengetahuan agar kamu lebih mudah mengembangkannya. Misalnya dengan sub tema pendidikan, mahasiswa, tips dan trik belajar dan masih banyak lagi.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

3. Buat artikel sesuai dengan bidang ilmu kamu

Pasti lebih baik jika kamu mengembangkan blog dengan membuat artikel – artikel yang sesuai dengan bidang ilmu kamu. Jadi ilmu yang kamu pelajari di jurusan pasti lebih kamu kuasai dan lebih luas kamu ketahui.

Misalnya jika kamu adalah mahasiswa IT, maka baik sekali jika artikel – artikel yang kamu share berbau bidang IT, jika kamu adalah seorang mahasiswa jurusan kedokteran atau kesehatan masyarakat maka lebih baik kamu berbagi artikel seputar kesehatan.

4. Disiplin dalam membagi waktu

Jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses, maka harus fokus dan serius memberikan waktu dalam membangun blog.

Nah, karena kita adalah seorang  mahasiswa dan memiliki tanggung jawab untuk belajar, maka harus disiplin membagi waktu. Jangan sampai kegiatan blogging menjadi mengganggu kuliah kita.

Tentukan jadwal yang tepat untuk blogging, yang penting di luar kegiatan belajar dan pastikan tugas – tugas kamu selesai terlebih dahulu baru melakukan kegiatan blogging.

5. Kurangi waktu bermain, lebih baik manfaatkan untuk blogging

tips-ngeblog-mahasiswa-2

Mahasiswa masih bermain – main? Pergi sana, pergi sini? Hello? Kita itu mahasiswa, sudah harus bertanggungjawab untuk masa depan sendiri. Daripada bermain, melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat dan menghabiskan waktu dan tenaga lebih baik gunakan untuk blogging yang bisa kamu jadikan sebagai investasi masa depan.

6. Maksimalkan waktu libur untuk blogging

Waktu libur mungkin akan menjadi waktu yang sangat tepat untuk blogging. Bisa memberikan waktu lebih banyak pada dunia blogging. Mungkin saja pada waktu libur, bisa meningkatkan performa blog kamu lebih baik.

Baca: 6 Tips Liburan Hemat dan Pintar Ala Mahasiswa

7. Jika ada ujian, istirahat dari dunia blog

Kembali lagi bahwa, tujuan kuliah itu adalah yang utama. Maka jika ada jadwal ujian, baik UTS atau pun UAS, maka disarankan untuk istirahat dahulu dari dunia blog agar tidak mengganggu kelancaran ujian.

Hal ini juga bagus untuk sekedar refreshing dari kegiatan blogging sehingga ketika selesai ujian, mungkin saja menemukan ide – ide baru untuk artikel yang akan ditulis pada blog kamu.

Itulah 7 tips ngeblog yang untuk mahasiswa yang bisa anda lakukan dalam kegiatan blog sehari – hari. Semoga bermanfaat. Go-Blog, Go-Mahasiswa