Menulis adalah salah satu aktualisasi pembelajaran, terutama bagi kamu mahasiswa.

“Bumikanlah ilmumu melalui menulis”.

Maka tidak salah jika kita mengaplikasikan ilmu kita melalui kegiatan menulis. Dengan menuliskan apa yang kita telah kita pelajari, itu juga akan membantu kita mengingatnya selalu di masa depan.

Menulis sekarang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu salah satu caranya adalah dengan menulis di blog.

Dengan akses internet sekarang, kita dapat menulis di blog kapan saja.

Baca: 7 Tips Ngeblog Bagi Mahasiswa

Selain memang fungsi utama blog sebagai platform untuk menulis online, berikut ini manfaat blog bagi mahasiswa.

1. Berbagi ilmu dan informasi

Sebagai platform menulis artikel online, tujuan kita memang agar tulisan kita bisa dibaca orang. Maka melalui artikel kita di blog, kita dapat berbagi ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Kita dapat memberikan informasi yang benar – benar dibutuhkan oleh banyak orang, atau sekedar berbagi pengalaman – pengalaman kita.

2. Sebagai catatan online

manfaat nge-blog

Source: pixabay.com

Menulis di blog membuat catatan kita semakin mudah kita akses kapan saja dan di mana saja. Jadi kita bisa menulis catatan kuliah kita, tugas – tugas kita atau pun beragam catatan aktivitas yang kita lakukan sebagai mahasiswa.

3. Menyalurkan hobi

Bagi kamu yang hobbinya menulis. Menulis di blog merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menyalurkan hobbi menulis.

Kamu bebas menuliskan apa saja di blog yang menurut kamu menarik. Seperti cerpen, puisi, atau juga artikel – artikel motivasi serta kamu juga bisa bercerita tentang pengalaman kamu sehari – hari.

Baca: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

4. Mendapatkan uang

Source: unsplash.com

Salah satu keuntungan kita menulis di blog, selain artikel kita bisa dibaca oleh banyak orang, ternyata menulis di blog dapat menghasilkan uang.

Mendapatkan uang dari blog bisa dengan memasang program iklan seperti Google Adsense atau lainnya, menerima review produk, menerima content placement atau berjualan produk orang lain melalui blog.

Yang pastinya jika kamu bisa mendapatkan uang dari blog pastinya membantu biaya perkuliahanmu, kegiatan nge-blog juga bisa dilakukan kapan saja sebagai pekerjaan tambahan sehingga tidak terlalu menyita waktu.

Kuncinya berhasil mendapatkan uang dari blog adalah kamu rajin saja untuk menulis.

5. Mengembangkan aktualisasi diri

Sebagai mahasiswa, aktualisasi ilmu itu memang sangat perlu dilakukan. Jadi sangat penting bagi setiap mahasiswa untuk menulis ilmu yang didapatkan dari perkuliahan.

Itulah 5 manfaat blog bagi mahasiswa semoga dapat bermanfaat bagi kamu ya. Nah, mulai membuat blog bisa dilakukan di banyak platform.

Platform blog yang paling terkenal adalah blogger (.blogspot) dan wordpress. Untuk membuat blog juga ada platform gratis seperti blogger dan wordpress.com.

Namun, jika memilih WordPress.com atau Blogger.com, blog dan konten blog merupakan milik dan di bawah kendali platform tersebut, jadi tak heran jika konten dan blog bisa-bisa tiba-tiba hilang.”

Jadi agar blog lebih  profesional, sebaiknya memakai wordpress.org dengan menggunakan self-hosted. WordPress.org memberikan keleluasaan dan kontrol dalam mengelola blog bagi para penggunanya.

Penasaran ingin tahu cara membuat blog WordPress self hosted? Simak panduan lengkapnya disini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya. Langsung buat saja blog kamu dan ayo mulai semarakkan semangat nge-blog.

Partnership with Hostinger.co.id