6 Tips Liburan Hemat dan Pintar Ala Mahasiswa

tips liburan hemat dan pintar

Hello sobat mahasiswa, tidak terasa ya saat  ini kita telah atau ada juga yang baru akan memasuki Ujian Akhir  Semester(UAS). Yang pasti makin dekat dong dengan yang namanya libur semester.

Baca juga: Liburan Lebih Bermanfaat dengan 5 Kegiatan Ini

Bicara tentang liburan akhir semester pastinya sobat  mahasiswa  ingin habiskan waktunya liburan di suatu tempat untuk menikmati destinasi wisatanya, berkunjung ke rumah keluarga, traveling dan lain sebagainya. Ya… momen liburan ini pastinya telah menjadi momen yang sangat sayang untuk sobat mahasiswa lewatkan begitu saja.

Tapi meskipun demikian, bukan berarti rencana demi rencana liburan yang diinginkan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang sobat mahasiswa inginkan, karena sebagai mahasiswa, pasti kita dituntut untuk berpikir dan berjuang lebih dari teman – teman yang pada umumnya sudah bekerja .

Mengapa?

Ya, jawabannya cukup simpel sobat mahasiswa yaitu karna sobat mahasiswa belum memiliki penghasilan dan masih hidup dari uang bulanan yang pas-pasan orang tua, yang pastinya membuat sobat mahasiswa harus pintar-pintar untuk mengaturnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dana yang cukup sudah pasti menjadi hal utama yang harus dipikirkan jika sobat sekalian ingin melakukan liburan.

Tapi tidak usah khawatir ya sobat mahasiswa, karena bukan mahasiswa dong namanya kalo tidak bisa mencari solusi dan menaklukkan persoalan yang sedang dihadapinya. Tentu banyak cara yang dapat kita lakukan.

Nah, kali ini ruangmahasiswa.com akan memberi salah satu solusi buat sobat mahasiswa sekalian. Liburan hemat dan pintar ala mahasiswa pastinya menjadi topik yang akan kita bahas pada artikel kita kali ini.

Mari simak tips berikut ini:

1. Tentukan Tempat Tujuan Liburan.

tujuan liburan yang tepat di medan
Danau Toba, tujuan liburan yang tepat di Medan

Sebagai mahasiswa, kita pastinya harus tahu apa yang menjadi tujuan dan kegiatan yang akan kita lakukan di musim liburan nanti. Menentukan tempat tujuan pastinya menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, bila perlu jauh sebelum musim liburan tiba.

Hal ini akan menjadi pusat atau prioritas kita, sehingga  perhatian kita akan lebih terarah dan dapat melakukan prepare yang lebih baik. Pilihlah tempat tujuan yang tepat, sesuai dengan keinginan sobat sekalian dan yang pasti sesuai dengan isi kantong sobat sekalian juga hehe…

2. Menabung

Setelah tahu apa dan ke mana target liburan sobat mahasiswa sekalian, pilihan untuk menabung merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Mulailah untuk menyisihkan uang bulanan dan mengurangi pengeluaran.

Baca: 10 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Anak Kos

Ya.. belajar untuk memanajemen keuangan tentunya tidaklah hal yang terlalu sulit bukan, apalagi untuk liburan yang telah lama kita dambakan. Sobat mahasiswa dapat membeli sebuah celengan, mengikuti arisan ala mahasiswa, atau membuat tabungan dengan teman dekat/kuliah sebagai wujud nyatanya.

3. Mencari Tiket Promo atau Memesan Jauh Hari

dapatkan promo sebelum berlibur

Bagi sobat mahasiswa yang ingin berlibur ke luar kota atau mungkin ke luar negeri memesan tiket jauh – jauh hari merupakan pilihan yang tepat.

Carilah tiket yang harganya relatif murah, dan yang pasti sesuai dengan budget yang telah sobat mahasiswa tentukan. Tiket promo  pastinya juga akan sangat membantu sobat mahasiswa terutama di bagian dana.

4. Manfaatkan Relasi

Tempat penginapan tentunya juga hal yang sangat penting bila ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Carilah tempat penginapan murah dan nyaman yang sesuai dengan kantong sobat mahasiswa.

Bila perlu manfaatkan relasi seperti keluarga, sahabat atau siapa pun relasi yang ada. Hal ini tentunya akan sangat membantu sobat mahasiswa untuk menekan budget yang ada.

Carilah relasi yang dekat dari tempat tujuan liburan sobat mahasiswa, sehingga penginapan, uang makan dapat di minimalisir. Bahkan sobat mahasiswa juga dapat meminjam kendaraan teman atau keluarga untuk memperkecil uang transportasi.

Baca: 5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

5. Jangan di Musim Liburan Umum

Usahakanlah untuk tidak berlibur pada saat libur umum seperti: libur sekolah, Idul Fitri dan lain sebagainya, karena tempat – tempat wisata akan cenderung ramai, harga transportasi dan uang masuk akan naik.

Hal ini tentunya akan sedikit mengganggu sobat mahasiswa dalam menikmati destinasi wisatanya. Nah, beruntungnya, libur semester anak kuliah tidak bersamaan dengan liburan semester anak sekolah pada umumnya. Jadi sobat mahasiswa cukup terbantu dong

6. Membuat Daftar Oleh – Oleh

Oleh – oleh tentunya hal yang dekat dengan yang namanya liburan. Buatlah daftar oleh –  oleh yang akan kita beli dan daftar orang yang akan kita bawakan oleh-oleh. Hal ini tentunya akan membantu untuk menyesuaikan budget yang kita miliki.

Itulah beberapa tips  yang mungkin dapat membantu . Semoga liburan semester sobat mahasiswa tahun ini menyenangkan ya..

6 komentar pada “6 Tips Liburan Hemat dan Pintar Ala Mahasiswa

    1. Oh iya, artikelnya tentang liburan juga ya. Ok mas, semoga dapat menjalin silaturahmi yang baik sesama blogger. Langsung di subscribe saja artikel kita 😀 Terimakasih.

    1. Ok mas, terimakasih atas kunjungannya. Silahkan subscribe saja di bawah ya, karena dipastikan artikel kita menarik semua. 🙂 Terimakasih telah berkunjung.

  1. Tambah satu: rajin olah raga supaya badan selalu fit.

    Jalan-jalan paling murah adalah jalan-jalan yang banyak pakai jalan kaki. Ini juga berlaku kalau mau backpacking ke luar negeri. Mau jalan-jalan ke Tokyo? Jalan kaki dari Shibuya – Harajuku – Yoyogi Koen – Meiji Jingu – Shinjuku : bisa empat jam termasuk muter-muter nggak jelas dan istirahat di taman-taman yang keren. Empat jam yah … (Catatan: tidak di musim dingin.)

    1. Terimakasih atas tips tambahannya mbak, sangat bermanfaat. ya memang jalan kaki adalah olahraga yang tidak menguras tenaga banyak tapi sangat besar manfaatnya.

Komentar: