Merry Riana, Dampak Positif untuk Satu Juta Orang

merry riana

 Hi sobat mahasiswa, kali ini  ruangmahasiswa.com akan mengangkat sebuah artikel tentang perjalanan seorang tokoh yang pastinya tokoh Indonesia yang akan menginspirasi dan memotivasi sobat mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Berbicara tentang tokoh inspiratif banyak sekali tokoh Indonesia yang dapat dijadikan sebagai inspirasi. Ada yang dari kalangan pengusaha sukses, artis, motivator, atlet, atau mungkin ada juga yang mengagumi pejabat, politisi dan bahkan masih banyak lagi yang menjadi teladan bagi sobat sekalian.

Ya, pada saat ini mungkin kita kadang berpikir, betapa beruntungnya mereka yang ada pada puncak kesuksesan dan popularitasnya saat ini. Tetapi di sisi yang lain, pernahkah kita memikirkan perjuangan mereka untuk mencapai “kursinya” saat ini?

Mungkin sobat mahasiswa sependapat bahwa kita semua dan mereka pasti memiliki cerita suka duka  masing-masing dalam perjalanan mencapai impian dan cita-cita kita. Namun, dengan perjalanan hebat mereka ini, mungkin bisa membuka cakrawala kita serta  menolong kita untuk menemukan pintu kesuksesan bagi kita.

Siapa tokoh yang akan kita  bahas kali ini ya?

Yuk, disimak ya sobat…

Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang  wanita motivator dari Indonesia, yang telah diakui hingga level internasional. Jika pada umumnya motivator sukses di Indonesia adalah seorang pria, namun “Kartini” yang satu ini telah menciptakan warna baru yang menjadi inspirasi jutaan jiwa.

“MERRY RIANA”, ya… wanita kelahiran 29 Mei 1980 ini akan yang menjadi tokoh inspiratif kita pada minggu ini.

Merry Riana adalah anak yang lahir dalam sebuah keluarga yang terbilang sederhana. Wanita keturunan Tionghoa ini juga merupakan anak sulung dari tiga bersaudara . Tentunya sebagai anak sulung, pasti tanggung jawab yang Merry emban lebih berat dibandingkan dengan adik-adiknya.

Baca juga: Maudy Ayunda, Tokoh Muda yang Multi Talented

Merry Ryana menempuh pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar (SD) Don Bosco, Pulomas. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke SMP dan SMA di sekolah swasta yaitu Santa Ursulla yang merupakan sekolah Katolik khusus perempuan yang ada di Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA, Merry pun ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Trisakti. Namun, kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 , membuat ayahnya lebih memilih jalan  mengirimnya ke Singapura dan menempuh pendidikan di Nanyang Technological University. Inilah awal dari perjalanan hebat dari seorang Merry Riana.

Hidup di Singapura bukanlah hidup yang mudah  bagi Merry Riana . Kehidupan yang berat benar – benar telah menempa mentalnya. Bukan hanya sekedar kuliah, Merry juga harus bekerja sampingan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Bahkan tak jarang ia juga harus  menahan lapar dan tetap bekerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup, di tengah krisis keuangan yang dialami di tahun pertamanya kuliah. Bukan hanya itu sobat mahasiswa, ternyata Merry Riana juga pernah meminjam uang sebesar $40.000  lho sobat mahasiswa dari Pemerintah Singapura dan harus dilunasi setelah lulus kuliah dan bekerja.

Tampaknya bukan awal yang baik baginya  ya sobat mahasiswa.

Hidup yang memprihatinkan inilah yang menjadi motivasi terbesar Merry Riana untuk menjadi seorang yang sukses di usia muda.

“….Saya membuat resolusi ketika ulang tahun ke-20. Saya harus punya kebebasan finansial sebelum usia 30. Dengan kata lain, harus jadi orang sukses. The lowest point in my life membuat saya ingin mewujudkan mimpi tersebut”. – Merry Riana.

Tekad itulah yang membuatnya berani  untuk terjun ke dunia bisnis.  Karena tidak memiliki latar belakang dan pengetahuan tentang bisnis, ia pun mengumpulkan berbagai informasi dengan mengikuti berbagai seminar dan melibatkan diri dalam organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan bisnis.

Baca lagi: Pemulung Ini Ingin Lanjut S3 di Luar Negeri

Dia mencoba berbagai peluang bisnis, seperti Multi Level Marketing (MLM), bisnis pembuatan skripsi, bermain saham dan lain sebagainya. Namun jerih payahnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Sebagai pemula, Merry Riana pun harus menghadapi banyak tantangan, menelan kegagalan bahkan Merry pun sempat mengalami kerugian . Dia kehilangan semua investasinya dan terpuruk.

Namun, kegagalan demi kegagalan tidak dapat menghalangi tekad dan tonggak yang telah dibangunnya. Seolah mimpi untuk menjadi seorang yang sukses terus memanggil dan menyuruhnya bangkit untuk mencoba dan mencoba lagi.

Ya, perjalanan yang tidak mudah tentunya bagi seorang pemula yang tidak memiliki pengalaman tentang bisnis. Namun semangat dan kegigihannya membuatnya terus berjuang untuk menggapai impiannya, sampai akhirnya dia sukses  menjadi Financial Consultant yang menawarkan produk-produk keuangan seperti asuransi, tabungan, deposito dan lain – lain.

Empat bulan pertama bekerja, ia pun telah menunasi semua hutang-hutangnya di Singapura. Kemudian yang lebih luar biasanya lagi sobat mahasiswa, tepat satu tahun bekerja merry Riana berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $200.000 Singapura yang setara dengan 1,5 miliar rupiah.

Di tahun 2003 Merry Riana mendapatkan penghargaan sebagai penasihat teratas yang di idolakan banyak orang. Prestasi cemerlang dan kerja kerasnya pun membuatnya dipromosikan sebagai manager di tahun 2004.

Kemudian Merry pun membuka usaha sendiri yang diberi nama MRO (Merry Riana Organization) yang bergerak di bidang jasa keuangan. Selain itu ia juga mendirikan MRO Consultacy yang bergerak di bidang pelatihan, motivasi serta percetakan buku yang berbasis di Singapura.

merry riana 2

Di umurnya yang ke-30, Merry membuat resolusi baru, yaitu memberi dampak positif pada satu juta orang di Asia khususnya di Indonesia. Di tahun 2005 Merry pun menerima penghargaan sebagai Top Agency of the Year dan Top Rookie Agency.

Hingga kini Merry telah melatih dan memotivasi ribuan orang lho sobat mahasiswa, termasuk profesional dan eksekutif.

Tak heran jika Merry Riana kini dijuluki sebagai Motivator Wanita nomor satu di Indonesia bahkan di Asia.

Itulah kisah sukses Merry Riana, semoga dapat memotivasi kita untuk selalu bermimpi untuk sukses, untuk selalu berusaha lebih baik di esok hari dibandingkan dengan hari ini.