Kuliah di luar negeri dan dapat beasiswa? Siapa yang tak tertarik, coba! Nah, kamu juga bisa mendapatkannya, kok! Salah satunya dengan mengincar beasiswa dari LPDP khusus untuk luar negeri.

Ada tips mendapatkan beasiswa LPDP yang bisa kamu gunakan agar peluangmu diterima lebih besar. Apa saja tipsnya?

Cek di sini!

1. Pencapaian Akademis Sangat Penting

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pencapaian akademismu. Meski angka di atas kertas tersebut bukan segalanya, namun pihak pemberi beasiswa akan memperhatikan dan mempertimbangkannya juga.

Semakin tinggi nilai akademismu, makin besarlah peluangmu. Oleh sebab itu, terus belajar dengan giat agar nilai akademismu terus baik, ya!

2. Aktif Berorganisasi & Pengabdian

Berorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerjaBerorganisasi sebagai bekal masuk dunia kerja

Hal lain yang menunjang kamu untuk bisa dapat beasiswa LPDP ke luar negeri adalah keaktifanmu dalam berorganisasi.

Universitas di luar negeri kebanyakan lebih melirik mahasiswa yang aktif berorganisasi dibanding yang tidak. Pertimbangannya adalah pengalamanmu dalam organisasi tersebut.

Tak usah mulai dari yang susah. Mulai saja aktif sebagai anggota OSIS, organisasi kampus, pengabdian – pengabdian ke masyarakat.

Kamu akan dianggap memiliki pengalaman dalam berinteraksi sosial oleh tujuan universitasmu dan punya pengalaman juga dalam terjun ke masyarakat.

Baca: Tips Lolos Seleksi Administrasi LPDP dari Gustina Buchu, Mahasiswa S2 University of Birmingham UK

3. Kemampuan Bahasa Asing yang Baik

Saat kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kemampuan bahasa asingmu.

Kemampuan bahasa asing yang bagus adalah syarat utama kalau mau lulus di universitas tujuan dan mendapat beasiswa. Jadi, kembali lagi! Kamu harus belajar dalam melatih kemampuan bahasa asing tersebut.

4. Cari Orang yang Bisa Memberikan Rekomendasi

Saat kamu mendaftar program beasiswa LPDP, pihak penyelenggara akan memintamu untuk memberikan surat rekomendasi dari orang tertentu agar mereka mengetahui tentang diri kamu.

Jadi, carilah orang yang mengetahui rekam jejakmu dengan baik sehingga bisa memberikan rekomendasi baik juga untuk masa depanmu.

Biasanya, surat rekomendasi yang diminta pihak penyelenggara adalah yang berasal dari staf pengajar institusi tempat kamu mengenyam pendidikan sekarang. Bisa juga dari atasan kamu bekerja.

Jadi, jagalah hubungan baikmu dengan orang-orang yang ada dalam lingkaran tersebut agar mereka tak menulis yang macam-macam, ya!

Baca: 3 Target Beasiswa Afirmasi dari LPDP, Kamukah Salah Satunya?

5. Buat Curriculum Vitae yang Informatif

dokumen lamar CPNS 2018

Source: kissfmmedan.com

Saat kamu melamar beasiswa, kamu juga harus memberikan curriculum vitae pada pihak penyelenggara.

CV ini berguna untuk melihat bagaimana diri kamu berkembang selama ini dan apa saja pengalaman yang telah kamu miliki. Oleh sebab itu, buatkan CV yang informatif dan sejelas mungkin sehingga pemberi beasiswa bisa mengerti apa yang kamu tulis.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca: 7 Langkah Mendapatkan Beasiswa Kuliah

6. Tulis Motivation Letter

Selain itu, kamu juga harus menuliskan surat motivasi meski sebenarnya ini tak wajib. Tujuan dari menulis motivation letter ini adalah untuk menunjukkan alasan kenapa kamu tertarik pada bidang yang kamu inginkan. Jelaskan alasannya dengan lengkap dan berikan keterangan bahwa kamu benar-benar memiliki komitmen tinggi untuk itu.

7. Perbanyak Latihan Interview

Lalu, perbanyaklah latihan interview. Seperti yang kamu tahu, proses penyaringan mahasiswa untuk beasiswa ini ada banyak tahap. Salah satunya adalah tes wawancara ini.

Dengan melatih wawancaramu, setidaknya kamu tak gugup, grogi, dan bisa menjawab dengan baik pertanyaan si pewawancara sehingga kemungkinan lolosmu akan lebih besar.

Masih tertarik untuk melamar beasiswa LPDP ke luar negeri? Kalau iya, terapkan tips mendapatkan beasiswa LPDP ke luar negeri di atas.

Siapa tahu kamu beruntung dan bisa kuliah di universitas, jurusan dan negeri idamanmu. Tentunya kamu tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, kan? Jadi, tunggu apalagi? Segera persiapkan dirimu dari sekarang!