Bagi para mahasiswa baru yang kuliah di perantauan, urusan soal tempat tinggal di tanah rantau menjadi hal yang harus dipikirkan.

Tempat tinggal di perantauan tidak hanya soal tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Namun juga tempat untuk beristirahat, belajar, serta untuk menata dan mengeksplorasi diri. Untuk itulah, memiliki tempat tinggal yang nyaman adalah hal mutlak bagi mahasiswa.

Ada bermacam jenis akomodasi mahasiswa yang dapat kamu temui ketika survei ke lingkungan kampus yang kamu impikan. Mulai dari kos, asrama mahasiswa, rumah kontrakan, serta pesantren mahasiswa bisa kamu temui di sekitaran komplek kampus.

Namun seiring berjalannya waktu, pilihan akomodasi bagi mahasiswa semakin berkembang. Salah satu yang lagi tren saat ini di kalangan mahasiswa, apalagi mahasiswa di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia, adalah apartemen.

Tinggal di apartemen dinilai lebih nyaman untuk beristirahat dan belajar. Apartemen juga dinilai lebih privat dibandingkan kos atau asrama mahasiswa.

Selain itu, banyak apartemen yang menawarkan harga sewa terjangkau. Hal ini membuat banyak mahasiswa di kota besar memilih tinggal di apartemen ketimbang di kos-kosan.

Bila kamu ingin tinggal di apartemen selama kuliah, ada 9 tips yang bisa membantu kamu dalam memilih hunian apartemen selama kuliah.

Berikut ini tips-tipsnya:

1. Cari Tahu Kriteria Apartemen Impianmu

Sebelum menentukan apartemen mana yang kamu inginkan, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu kriteria yang kamu miliki dalam memilih sebuah tempat tinggal.

Misalnya ukuran unit apartemen harus luas, harus dilengkapi AC dan perabot lengkap, serta unit harus memiliki balkon dan memiliki view kota.

Menyusun kriteria tempat tinggal sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi jika kamu ingin tinggal di apartemen. Hal ini karena apartemen memiliki berbagai tipe unit, mulai studio hingga tiga kamar tidur.

Selain itu, spesifikasi unit pun bermacam-macam, yakni unfurnished, semi furnished, dan fully furnished.

Luas unit di apartemen pun berbeda-beda, bahkan untuk unit dengan tipe yang sama di komplek apartemen yang berbeda bisa memiliki luas unit yang berbeda.

Untuk mengetahui kriteria apartemen yang kamu inginkan, kamu bisa menyusun list kriteria tempat tinggal yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mencari apartemen serta menentukan tipe unit apartemen yang kamu butuhkan.

2. Pikirkan Lokasi Apartemen

Pertimbangan selanjutnya yang kamu harus pikirkan adalah lokasi dari apartemen. Apakah apartemen yang kamu inginkan dekat/ jauh dari kampus?

Jika jauh, apakah apartemen memiliki akses yang mudah ke kampus?

Lokasi apartemen sangatlah penting untuk kamu pertimbangkan. Hal ini karena menyangkut kualitas kenyamanan tinggalmu di perantauan dan kelancaran studimu.

Usahakan kamu memilih apartemen yang dekat dengan kampusmu. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah pergi ke kampus.

Selain itu, tinggal di dekat kampus juga bisa menghemat ongkos transportasi seperti uang bensin atau ongkos transportasi umum.

Tinggal di apartemen yang di dekat kampus juga membuat kamu hemat waktu. Kamu bisa membutuhkan waktu tempuh yang lebih sedikit untuk pergi atau pulang kampus.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menghadapi padatnya jalanan dan memiliki waktu istirahat yang lebih banyak di apartemen.

Baca: 5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

3. Cermati Lingkungan Sekitar Apartemen

Hal selanjutnya yang patut kamu perhatikan adalah lingkungan sekitar tempat apartemen berlokasi. Apakah lingkungan sekitar apartemen bebas banjir?

Apakah lingkungan sekitar apartemen adalah lingkungan yang aman?

Dua pertanyaan tersebut adalah contoh dari berbagai pertanyaan yang harus kamu pikirkan untuk mengamati lingkungan sekitar apartemen.

Lingkungan sekitar apartemen yang aman sangatlah penting dalam menentukan kenyamanan tinggalmu.

Selain itu, kamu juga perlu mengamati tersedianya berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, klinik atau rumah sakit, dan restoran/ warung makan di sekitar apartemen.

Dengan tinggal di apartemen yang memiliki fasilitas umum sekitar lengkap, kamu bisa dengan mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Misalnya, kebutuhan untuk belanja bulanan, kebutuhan akan makan, dan kebutuhan akan pengobatan ketika sakit.

4. Cek Kelengkapan Fasilitas Apartemen

memilih tinggal di apartemen bagi mahasiswa di perkotaan

Cek kelengkapan apartemen. Source: merdeka.com

Dalam menentukan apartemen tempat kamu akan tinggal, kamu pun perlu melihat kelengkapan fasilitas yang dimiliki apartemen.

Fasilitas-fasilitas ini khususnya adalah fasilitas yang menunjang aktivitasmu sebagai mahasiswa.

Fasilitas-fasilitas yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat hidupmu sebagai mahasiswa semakin nyaman misalnya fasilitas sambungan internet untuk mengerjakan tugas.

Selain itu, pertimbangkan juga ketersediaan fasilitas ruang komunal untuk tempat berkumpul dengan teman-temanmu.

Selain itu, fasilitas-fasilitas yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah kesediaan fasilitas kebugaran.

Ya, fasilitas kebugaran penting untuk menjaga kesehatanmu, misal tersedianya fasilitas gym, kolam renang, atau jogging track.

Fasilitas yang tak kalah penting adalah fasilitas keamanan yang ditawarkan apartemen.

Selain fasilitas lingkungan apartemen, kamu juga harus mengamati kelengkapan fasilitas unit yang kamu minati.

Yang kamu perlu perhatikan diantaranya kelengkapan perabot, sambungan listrik dengan daya yang memadai, dan kelancaran suplai air bersih dan tidak tersumbatnya jaringan sanitasi.

5. Amati Tetangga dan Staf yang Ada di Apartemen

Selain fasilitas fisik apartemen dan lingkungan sekitar apartemen, kamu juga harus mengamati orang-orang yang ada di apartemen yang akan kamu tinggali.

Yang bisa kamu lihat pertama kali adalah apakah staf yang ada di apartemen seperti satpam dan cleaning service ramah/ tidak?

Selain itu, yang bisa kamu amati adalah apakah tetanggamu memiliki perilaku yang baik? Mengamati tetangga dan staf di apartemen sangat penting karena menyangkut kualitas tinggalmu.

Jika kamu bertemu dengan satpam atau staf apartemen yang selalu melihat sinis kepadamu, tentu kamu akan merasa tidak nyaman ketika tinggal.

Hal yang sama juga berlaku dengan tetangga. Jika tetanggamu misal suka berbicara keras atau suka bermain alat musik dengan keras tentu akan mengganggu waktu istirahat atau belajarmu.

Untuk itu, mengamati tetangga dan staff yang ada di apartemen sangatlah penting.

Baca juga: 4 Jenis Persiapan Mahasiswa Baru Menghadapi Dunia Perkuliahan

6. Cari Track Record Pengembang Apartemen

Pertimbangan yang harus kamu pikirkan dalam memilih sebuah hunian apartemen adalah rekam jejak pengembang yang membangun apartemen.

Tidak bisa dipungkiri jika pengembang dengan rekam jejak yang baik akan memberikan service yang baik pada penghuninya.

Mengetahui track record pengembang sangat penting dilakukan karena banyak pengembang yang tidak bertanggung jawab pada penghuni ketika komplek apartemen terjadi masalah.

Untuk mengetahui rekam jejak pengembang, kamu bisa googling nama pengembang yang membangun apartemen yang kamu incar. Lalu, kamu bisa melihat website pengembang atau pemberitaan media tentang proyek-proyek apartemen yang telah diselesaikan.

7. Pertimbangkan Biaya Sewa dan Biaya Lainnya

Hal yang paling penting ketika memilih unit apartemen adalah biaya sewa perbulan atau pertahun yang harus kamu bayarkan.

Tentu sebagai mahasiswa, akan ada kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dan membutuhkan biaya yang sedikit. Dengan biaya sewa yang terjangkau, kamu bisa menghemat biaya kebutuhan hidup selama berkuliah.

Selain biaya sewa perbulan, kamu juga harus mengetahui biaya-biaya lain yang kira-kira harus dikeluarkan ketika menyewa apartemen. Salah satu biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya deposit.

Biaya deposit adalah uang jaminan yang harus dibayarkan di awal bersama uang sewa pertama. Uang ini digunakan sebagai jaminan jika terjadi kerusakan unit saat kamu menyewa.

Besaran biaya deposit biasanya 10% dari harga sewa setahun atau seharga biaya sewa satu bulan.

Selain biaya deposit, terdapat pula biaya maintenance yang ditarik oleh pengelola apartemen.

Biaya maintenance digunakan untuk menanggung pengelolaan gedung, kebersihan, keamanan, dan gaji staf yang bertugas di gedung apartemen.

9. Ketahui Aturan-Aturan Sewa

Aturan-aturan sewa perlu kamu ketahui kamu akan menyewa sebuah unit apartemen. Aturan-aturan ini bersifat mengikat dan harus dipatuhi oleh seluruh penghuni apartemen.

Kamu bisa mengetahui aturan-aturan sewa saat kamu bertanya ke pemilik atau agen penyewa unit yang kamu minati.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya ke pemilik atau agen penyewa saat survei langsung ke unit apartemen.

Poin-poin yang bisa kamu cari tahu tentang aturan sewa adalah misal tentang aturan membawa hewan peliharaan. Selain itu, kamu juga bisa cari tahu aturan untuk shared bedroom bersama temanmu untuk menghemat biaya sewa.

9. Lihat Review Apartemen

tips memilih tempat tinggal bagi mahasiswa

Review apartemen bisa dilihat di internet atau aplikasi. Source: rocketmanajemen.com

Hal terakhir yang kamu bisa lakukan dalam memilih apartemen idaman saat berkuliah di perantauan adalah melihat review apartemen yang kamu taksir.

Kamu bisa googling dan mengakses berbagai situs yang mengulas tentang apartemen yang kamu taksir.

Di sana, kamu bisa melihat bagaimana pengalaman orang lain yang bisa jadi gambaranmu ketika tinggal di apartemen yang kamu inginkan.

Nah, itu dia tips memilih apartemen untuk tempat kamu tinggal selama berkuliah di perantauan. Memang ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih apartemen terbaik untuk kamu tinggali.

Namun dengan memikirkan 10 poin tersebut sebelum menyewa, kamu bisa mendapatkan apartemen yang nyaman dan mendukung proses kuliahmu.


Masih mencari apartemen yang tepat dan bingung buat sewa apartemen di mana? Cek berbagai apartemen dan sewa apartemen secara mudah di Jendela360.

Di Jendela360, kamu akan menemukan lebih dari 8000 unit apartemen dengan bermacam tipe di seluruh penjuru Jakarta. Jendela360 pula menampilkan informasi unit apartemen secara lengkap dan transparan.

Unit pun dilengkapi dengan foto yang representatif yang difoto oleh fotografer profesional.

Salah satu fitur unggulan Jendela360 adalah kamu bisa melakukan virtual tour di unit yang kamu suka berkat teknologi 360 Virtual Tour.

Fitur unggulan lainnya adalah adanya unit star listing yang bisa disewa bulanan, mendapat perawatan rutin, didekorasi dengan cantik, dan mendapat tambahan perabot.

Ingin tahu lebih lanjut tentang unit apartemen yang kamu incar?

Kamu bisa lihat ulasannya di Jendela360. Kamu pun bisa menghubungi langsung Customer Representative Jendela360 yang siap menjawab setiap pertanyaan-pertanyaanmu.

Kamu pun bisa survei ke apartemen yang kamu sukai didampingi dengan Tim Jendela360.

Bila sudah mantap ingin menyewa unit apartemen yang kamu taksir, kamu bisa langsung booking online di Jendela360. Setelah booking online, semua proses sewa akan dibantu oleh Customer Representative Jendela360, jadi kamu ga usah ribet mengurus proses sewa dengan pemilik apartemen.

Kamu juga ga usah khawatir dengan biaya sewa tahunan yang mahal, karena kamu bisa mencicil biaya sewa dengan fasilitas cicilan bunga 0% selama 12 kali lewat kartu kredit berbagai bank nasional.

Selain itu, terdapat pula cicilan bunga 0% tanpa kartu kredit dengan fintech Modalku.

Bagaimana? Menarik bukan sewa apartemen di Jendela360. Sudah saatnya gak perlu ribet dalam cari dan sewa apartemen. Segera cek www.jendela360.com dari gadget atau laptop kamu, dan dapatkan pengalaman cari dan sewa apartemen yang mudah dan menyenangkan.

Artikel ini disponsori Oleh Jendela360