Halo sobat mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia! 

Pernah nggak sih pengen ikut kursus tapi dana terbatas? Pengen dapet skill baru tapi nggak punya waktu luang buat belajar di tempat kursus?

Eits jangan khawatir, Ruang Mahasiswa hadir buat kuliahmu jadi lebih mudah.

Kali ini, Ruang Mahasiswa bakal kasih solusi buat kamu yang pengen nambah skill tapi masih menemui banyak kendala.

Nah, kali ini kami sudah menyusun artikel tentang 7 website penyedia kursus online gratis dan bersertifikat untuk menambah skill-mu.

Berikut adalah daftarnya :

1. Google Skillshop

Tahukah kamu bahwa Google menyediakan berbagai kursus gratis dan bersertifikat? Kalau belum tahu, jangan khawatir, Ruang Mahasiswa akan memberi bocoran hidden gems Google yang satu ini!

Google Skillshop adalah website penyedia berbagai kursus yang akan membantumu dalam menguasai berbagai fitur Google.

Beberapa kursus yang tersedia adalah Pengelolaan Konten dan Aset Youtube, Google Analytics, Google Ads, dan masih banyak lagi.

Skill yang kamu dapatkan dari kursus ini akan sangat bermanfaat untuk bisnis, digital marketing, dan produktivitasmu.

Selain itu, sertifikat yang kamu dapatkan akan sangat bermanfaat untuk mengisi CV dan berkarier di bidang digital marketing, advertising, vlogging, dan sebagainya.

Silahkan akses di situs berikut: skillshop.withgoogle.com

Baca juga: 7 Tips Memilih Kelas Belajar Online yang Berkualitas

2. Google Digital Garage

Google Digital Garage menyediakan berbagai kursus online gratis untuk mempersiapkan skill menghadapi era digital.

Kamu bisa belajar digital marketing, business and career development, programming, data dan teknologi, serta masih banyak lagi. 

Materi kursus dijabarkan dengan video secara mendalam dan rinci. Selain itu, ada banyak ilustrasi yang dapat memudahkanmu dalam memahami pelajaran yang disampaikan.

Kursus ini dijelaskan dalam bahasa Inggris dan dengan waktu yang fleksibel. Kita dapat menghentikan, menjeda, maupun melanjutkan kursus kapanpun kita memiliki waktu luang.

Di tiap topik bahasan juga tersedia kuis loh, Sobat! Kuis ini disertai dengan pembahasan yang mudah dipelajari sehingga kamu semakin mantap untuk melanjutkan ke topik pelajaran berikutnya.

Sayangnya, dari sekian banyak kursus yang disediakan, hanya Fundamental of Digital Marketing saja yang menyediakan sertifikat gratis.

Karena menyediakan sertifikat gratis, durasi kursusnya pun cukup lama, yakni 40 jam.

Meskipun demikian, kursus-kursus yang disediakan akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menambah skill untuk bekal kariermu.

Silahkan akses di situs berikut: learndigital.withgoogle.com/digitalgarage

3. Saylor Academy

Saylor Academy menyediakan banyak sekali program kursus gratis bersertifikat.

Kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari bisnis, marketing, self-development, human resource, hukum, hingga psikologi. Materi kursus tidak disajikan dalam bentuk video, melainkan dalam bentuk modul.

Meskipun materinya ada dalam bentuk modul online, kamu tak perlu khawatir akan susah mempelajarinya, karena Saylor Academy menyediakan silabus pembelajaran yang dapat membantumu dalam memahami garis besar materi.

Durasi kursus di Saylor Academy cukup panjang, yakni bisa mencapai 90 jam. Namun tenang, waktu kursus sangat fleksibel, kok! Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kesibukanmu.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat, kamu harus mengerjakan semacam ujian sertifikasi dan lulus passing grade yang sudah ditetapkan.

Bagaimana jika tidak lulus? Tenang, kamu dapat mengambil ulang ujian ini sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Menarik sekali, bukan?

Silahkan akses di situs berikut: www.saylor.org

4. HubSpot Academy

Apabila kamu tertarik untuk belajar digital marketing, advertising, dan sales, HubSpot Academy menjadi website yang tak boleh kamu lewatkan.

HubSpot Academy menyediakan materi kursus dalam bentuk video dengan penyampaian yang jelas, runtut, dan mudah dipahami. Selain itu, durasi kursusnya pun terbilang singkat, hanya 3 sampai 5 jam saja, loh!

Kamu tidak hanya akan duduk dan diam memperhatikan penjelasan. Di beberapa kelas akan ada penugasan yang akan dikumpulkan. Penugasan ini bisa menjadi sarana berlatih serta menguji pemahamanmu.

Untuk mendapatkan sertifikat gratis, kamu harus mengikuti ujian sertifikasi dan lulus passing grade.

Sama seperti Saylor Academy, jika kamu tidak lulus ujian, kamu bisa mengambil ujian yang sama setelah jangka waktu tertentu.

Mudah dan murah sekali bukan? Kamu wajib coba kursus ini untuk mendapatkan skill sekaligus sertifikat gratis di bidang marketing dan sales.

Silahkan akses di situs berikut: academy.hubspot.com

Baca juga: REKOMENDASI 5 Kursus Meningkatkan Skill Komunikasi Terbaik di Skill Academy

5. SEMRush Academy

Kursus online gratis bersertifikat berikutnya adalah SEMRush Academy.

SEMRush Academy tak berbeda jauh dari HubSpot Academy. Keduanya sama-sama mempelajari tentang digital marketing.

Hanya saja, SEMRush lebih berfokus pada digital marketing berbasis search engine dan website, seperti SEO dan SEM.

Materi kursus diberikan dalam bentuk video yang diisi oleh para praktisi di bidangnya masing-masing. Jadi kita bisa belajar langsung dari ahlinya. Keren sekali bukan?

Untuk mendapatkan sertifikat, kamu perlu mengikuti ujian penyelesaian. Sama seperti kursus-kursus di atas, SEMRush Academy juga menetapkan passing grade

Jika kamu lulus passing grade, sertifikatmu akan langsung dikirim melalui email. Masa belaku sertifikat ini adalah 1 tahun.

Namun, jika kamu tidak lulus passing grade, jangan sedih karena kamu bisa mengambil ujian yang sama setelah jangka waktu tertentu. Pastikan kamu mereview lagi materi yang telah diajarkan, ya!

Silahkan akses di situs berikut: www.semrush.com/academy

6. Future Learn  

Website penyedia layanan kursus gratis yang satu ini tak kalah menarik dari kurus-kursus lainnya.

Future Learn menyediakan kursus dengan topik beragam. Mulai dari bisnis, manajemen, sosial media, marketing, pengolahan data, programming, dan sebagainya.

Materi kursus disajikan dalam bentuk kombinasi artikel, video, rekaman, dan kuis.

Tersedia juga kolom komentar untuk berdiskusi dengan peserta kursus lainnya. Dijamin kamu nggak akan ngantuk atau bosan saat mengikuti pelajaran.

Selain itu, kamu dapat mengaksesnya kapanpun kamu senggang karena kursus ini sangat fleksibel.

Kamu juga akan mendapatkan sertifikat penyelesaian ketika mengikuti kursus minimal 90% dari total durasi yang disediakan. Mudah untuk diikuti, bukan?

Silahkan akses di situs berikut:www.futurelearn.com

Baca juga: 6 Kursus Online Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia

7. RevoU

RevoU merupakan salah satu start-up yang menyediakan layanan kursus baik gratis maupun berbayar. Rata-rata kursus yang diberikan selalu berkaitan dengan digital marketing.

RevoU sering mengadakan kelas online gratis selama 7 hari dengan sertifikat yang dapat diperoleh secara gratis pula. 

Selama kursus berlangsung, kamu akan mendapatkan jadwal kelas yang teratur sekitar 2 jam lamanya melalui Youtube Live.

Meskipun demikian, untuk kamu yang tidak sempat mengikuti kelas, kamu dapat menonton videonya sampai jangka waktu tertentu.

Selain penjelasannya yang lengkap dan detail, RevoU juga memberikan penugasan untuk memperdalam pemahaman kita.

Penugasan ini tidak bersifat wajib, namun tentu saja akan sangat bermanfaat apabila kita mengerjakannya.

Untuk mendapatkan sertifikat, Sobat Ruang Mahasiswa harus mengikuti ujian dan lulus passing grade yang telah ditetapkan.

Tenang. Ujiannya tidak akan sulit apabila Sobat mengikuti pembelajaran dengan bersungguh-sungguh.

Silahkan akses di situs berikut: revou.co

Nah, itu tadi tempat kursus online gratis dan bersertifikat yang dapat menjadi referensimu dalam meng-upgrade skill.

Meskipun program-program ini gratis, pastikan kamu mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh, ya!

Jangan hanya mengejar sertifikat, karena ilmu yang kamu dapat jauh lebih penting dan bermanfaat untuk menunjang kariermu.

Kamu juga bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya terkait dengan perkuliahan, tips, dan informasi jurusan di website Ruang Mahasiswa, loh!

Selain itu, ada banyak sekali informasi terupdate yang akan sangat bermanfaat bagi kariermu. Pastikan kamu sudah follow Instagram @ruangmahasiswa, ya!

Tetap semangat meraih mimpi, semoga sukses selalu!


Penulis Ardalena Romantika
Mahasiswi Universitas Gadjah Mada