Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan Kuliah Peduli Negeri (KPN) dengan menggelar kegiatan Workshop dengan tema FROM MILLENIAL TO BE DIGITAL PRENEUR yang bertujuan membantu dan mengembangkan produk yang telah di buat oleh para Siswa/Siswi SMKN 30 JAKARTA untuk dipasarkan ke masyarakat menggunakan media digital.

Kegiatan ini di ikuti oleh kurang lebih 40 siswa/siswi yang berasal dari kelas Xl dan Xll jurusan Tata boga.

Dalam workshop ini juga dihadiri oleh Dra Tini Kartini, M. Pd selaku kepala sekolah SMKN 30 Jakarta serta jajaran guru lainnya, Bapak Kurniawan Prasetyo, S.IKOM , M.IKOM selaku Dosen Pembimbing mata Kuliah Peduli Negri (KPN), juga perwakilan dari Earth Delights dan Carre9 Patisserie selaku sponsor pada acara KPN yang dilaksanakan pada ruang kelas praktek SMKN 30 Jakarta ini.

Acara ini dijalankan oleh team yang diberi nama Zona Kreatif, yang terdiri dari Irfan Dhiya P selaku ketua pelaksana, Alyfiah Nizar, Saskia Rizqi, Faramitha Nuraini, dan Iqbal Nahdiyat.

Universitas Mercu Buana Kuliah Peduli Negeri

Sumber: Dok. Pribadi Zona Kreatif UMB

Mau menjadi Entrepreneur? Bisa oleh Siapa pun, Kapan pun, Dimana pun. – Irfan Dhiya P ( Ketua Pelaksana Kegiatan )

Ketua pelaksana dari Kuliah Peduli Negeri ini mengatakan bahwa pada era saat ini semua orang bisa menjadi seseorang entrepreneur tanpa memandang umur, tempat serta apapun.

Cara Menjadi Digitalpreneur

Para siswa/siswi SMKN 30 jakarta jurusan Tata Boga yang telah mampu menciptakan sebuah produk makanan dapat menjadikan media digital sebagai lahan untuk menjual produk yang mereka miliki dan menghasilkan pundi pundi rupiah tanpa harus mengganggu waktu belajar mereka.

Baca: Pengusaha Startup Motivasi Mahasiswa untuk Ciptakan Bisnis Sejak Dini

Kegiatan tersebut menurut mahasiswa jurusan Marketing Communication Fakultas Ilmu Komunikasi tersebut, merupakan salah satu pengaplikasian dari ilmu yang dimiliki serta didapatkan agar masyarakat juga mendapat pengaruh baik dari ilmu tersebut yang dituangkan dalam mata kuliah yakni Kuliah Peduli Negeri.

Dengan tema “ FROM MILLENIAL TO BE DIGITAL PRENEUR’ pada siswa/siswi SMKN 30 jakarta.

Workshop ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para siswa/siswi SMKN 30 Jakarta tentang bagaimana mengkomunikasikan produk yang telah mereka miliki, dari bagaimana cara memfoto produk dengan teknik fotografi, lalu mem-branding produk, hingga cara memanfaatkan media digital sebagai alat pemasarannya.

Teknik fotografi penting untuk memberikan kejelasan dalam produk yang dijual bahkan mempengaruhi keputusan pembelian

Menjadikan Media Digital sebagai Sarana Menghasilkan Uang

Dari pelatihan ini diharapkan nantinya para siswa/siswi SMKN 30 Jakarta yang pastinya akan menjadi generasi penerus, dapat memperoleh pengetahuan baru dan dapat mengembangkan skill membuat makanan mereka menjadi ladang yang dapat menghasilkan uang.

Baca: Menjadi Mahasiswa Transformatif di Era Disrupsi Digital

“Tidak itu saja, diharapkan nantinya setelah mendapatkan pelatihan dari mulai Fotografi hingga Digital Marketing ini  mereka dapat menjadi pengusaha pengusaha muda yang dapat meningkatkan keadaan ekonomi dirinya bahkan nasional.” Ungkap Irfan, Ketua pelaksana KPN UMB ( Zona Kreatif )

Universitas Mercu Buana Kuliah Peduli Negeri 3

Sumber: Dok. Pribadi Zona Kreatif UMB

Alasan mahasiswa Mercu Buana memilih kegiatan ini di SMKN 30 jakarta dengan jurusan Tata Boga dikarenakan dimana mereka pada saat ini mereka saat ini sedang di fase dimana mereka mampu membuat produk tetapi hanya sebatas keperluan praktikum saja, lewat workshop ini kami berharap mereka mampu menyiapkan dan memulai untuk menjadi seorang entrepreneur muda.

Kepala sekolah SMKN 30 Jakarta, yaitu Dra Tini Kartini, M. Pd mengatakan, bahwa siswa/siswi SMKN 30 Jakarta harus mampu terus belajar dan mengembangkan skill mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan nantinya dan untuk melanjutkan pendidikan dengan biaya yang dapat mereka hasilkan sendiri,hal ini selaras dengan apa yang di ajarkan oleh team Zona Kreatif dari Universitas Mercu Buana yang memberikan pelatihan pemanfaatan media digital sebagai cara untuk mendapatkan income tanpa harus menggangu waktu pembelajaran formal.

Baca juga lainnya: Universitas Mercu Buana Edukasi Pentingnya Bijak Bermedia Sosial

Universitas Mercu Buana Kuliah Peduli Negeri

Sumber: Dok. Pribadi Zona Kreatif UMB

Sebelum di penghujung kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini panitia membuka sesi Tanya Jawab kepada siswa/siswi SMKN 30 Jakarta yang ingin menanyakan terkait materi yang telah disampaikan dan juga sesi pemilihan hasil foto kreatif yang dipilih 2 orang sebagai pemenang dari siswa/siswi SMKN 30 Jakarta, lalu diakhiri dengan sesi foto bersama.

Ditulis oleh : Irfan Dhiya P
Head Of Zona Kreatif – Univesitas Mercu Buana