Tangerang , 12 November 2019 – Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan Kuliah Peduli Negeri (KPN). Kegiatan digelar dalam bentuk memberikan edukasi mengenai bijak dalam menggunakan media sosial terhadap siswa/siswi di SMAI A-ZAMIR, Kunciran Mas Permai, Tangerang.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 siswa/siswi yang berasal dari kelas X, XI IPA 1 dan 2.

Acara ini dihadiri oleh Hamzah S.ip selaku Kepala Sekolah dari Az-Zamir serta jajaran  guru lainnya, serta Telkom sebagai sponsor utama pada acara KPN ini. Acara ini dilaksanakan pada Masjid SMAI AZ-Zamir.

Acara ini terbentuk karena panitia yang bernama Bold Movevent organizer, yang terdiri dari Virly Aprida selaku Ketua Pelaksana, Michelle Ayasha A, Anastasia Ronald, dan Riri Humairoh.

Bagi kalangan remaja, sudah menjadi candu,-Virly Aprida (Ketua Pelaksana Kegiatan)

kuliah peduli negeri universitas mercu buana

Ketua Pelaksana dari acara Kuliah Peduli Negeri ini mengatakan bahwa saat ini media sosial menjadi media yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi bagi kalangan remaja media sosial sudah menjadi candu, sehingga memicu malas belajar bagi siswa/siswi SMAI AZ-ZAMIR dan tidak hanya membuat malas dalam belajar tetapi media sosial belum digunakan secara bijak oleh kalangan remaja khususnya siswa SMAI AZ-ZAMIR.

Baca: Selain Kuliah, berikut 7 Kegiatan yang Wajib Mahasiswa Ikuti

Kegiatan tersebut menurut mahasiswa jurusan Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi tersebut, merupakan salah satu aplikasi mata kuliah yakni Kuliah Peduli Negeri (KPN).

Mengangkat tema “Edukasi dalam Media Sosial dengan bijak pada era digital terhadap siswa SMAI AZ-ZAMIR”.

Ini bertujuan memberikan edukasi kepada siswa SMAI AZ-ZAMIR Tangerang tentang pentingnya bijak dalam menggunakan sosial media, dan tidak mudah percaya dengan adanya hoax.

Media sosial bisa lebih positif dalam mengembangkan kreatifitas bahkan menjadi peluang bisnis

Dari pelatihan ini diharapkan para generasi remaja yaitu generasi penerus, adik-adik SMAI AZ-ZAMIR Tangerang dapat memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana bijak dalam media sosial dan juga manfaat dari apa saja yang di dapat dari media sosial itu sendiri untuk mendukung masa depan mereka dalam dunia kerja.” ungkap Virly, ketua pelaksana kegiatan KPN UMB (Boldmovevent Organizer)

Alasan mahasiswa Mercu Buana yang tergabung dalam panitia Bold Movevent Organizer mengambil kegiatan ini di SMAI AZ-ZAMIR dikarenakan siswa/siswi SMA merupakan usia yang pas untuk diberikan edukasi mengenai media sosial, karena pengguna aktif media sosial adalah usia remaja.

Agar para remaja bisa lebih positif menggunakan media sosial ini sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan kreativitas dan minat yang kalian sukai,atau bahkan menjadi peluang untuk bisnis.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

kuliah peduli negeri universitas mercu buana

Kepala Sekolah SMAI AZ-ZAMIR,yaitu Hamzah S.Ip mengatakan, bahwa dengan kami memberikan edukasi mengenai bijak dalam bermedia sosial, para remaja khususnya siswa SMAI AZ-ZAMIR dapat lebih mengetahui bagaimana sebagai remaja dapat lebih positif dalam penggunaan media sosial,dan etika dalam media sosial bagaimana baik dan benarnya. Karena cocok sekali para panitia Bold Movevent ini mengadakan edukasi mengenai tema ini karena memang sesuai dengan kenyataannya.

Baca: 7 Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

Telkom Indihome juga turut men-support acara KPN

Pada kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini juga turut di hadiri oleh sponsor utama BoldMovevent Organizer, yaitu dari Telkom Indihome.

Telkom Indihome turut mengisi sebagai pemateri pada acara tersebut. Mereka pun memberikan goodie bag kepada siswa SMAI AZ-ZAMIR yang sudah menjawab pertanyaan dari Indihome terkait materi yang telah diberikan oleh Telkom Indihome.

kuliah peduli negeri universitas mercu buana

Kemudian team dari panitia pun membuka sesi Question and Answer kepada siswa yang ingin bertanya terkait materi tentang bijak dalam media sosial.

Sebelum di penghujung acara.panitia Bolmovevent Organizer melakukan sesi Tanya jawab (QnA) kepada siswa Az-Zamir terkait materi seputar media sosial,dan melakukan ice breaking agar siswa tetap fun dalam mengikuti acara Kuliah Peduli Negeri ini. Diakhir sesi acara Panitia Bold Movevent melakukan sesi foto bersama.

Ditulis oleh : Michelle Ayasha 
Tim BoldMovevent Organizer – Universitas Mercu Buana