Covid-19 merupakan pandemi global yang sudah terjadi selama beberapa bulan lalu menyebabkan seluruh masyarakat yang terdampak harus menjaga kesehatan tubuh mulai dari asupan gizi sampai kegiatan-kegiatan yang dilakukan masing-masing individu setiap harinya.

Melihat kondisi tersebut, kelompok 12 mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) yang sedang melaksanakan program PMM (Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa) gelombang 11  membuat kegiatan psikoedukasi yang bertema gizi.

Ibu Aghnia Fuadhatul Inayah M. Farm Klin., Apt selaku dosen pembimbing lapang kelompok mahasiswa PMM, memberikan pengarahan secara online kepada seluruh anggota kelompok sebelum melaksanakan kegiatan PMM.

Edukasi masyarakat tentang pentingnya asupan gizi

Bertempat di Perum. Pondok Bestari Indah Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang, kegiatan psikoedukasi dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 24 sampai 26 Oktober 2020.

Kegiatan psikoedukasi gizi  yang ditujukan kepada masyarakat Perumahan Pondok Bestari Indah RT. 02 RW. 11 bertujuan supaya masyarakat setempat dapat memahami pentingnya asupan gizi bagi tubuh manusia.

Baca: Lakukan 10 Hal Ini Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Selain itu masyarakat juga memahami kandungan yang terdapat disetiap makanan dan kebutuhan gizi yang harus dipenuhi setiap hari.

Kelompok mahasiswa yang terdiri dari 5 orang anggota yaitu:

  • Muhammad Firdaus Hidayatullah sebagai koodinator kelompok,
  • Ratna Ayu Angdriani sebagai sekretaris,
  • Dendra Saraswati sebagai bendahara,
  • Kelvin Yudhistira sebagai perlengkapan dan dokumentasi, serta
  • Imanullah Akbar P sebagai humas

Iman meminta izin kepada Bapak Abdul Khadir Rahardjantok selaku Ketua RW. 11 untuk melaksanakan kegiatan psikoedukasi gizi pada beberapa rumah di Kawasan Perumahan Pondok Bestari Indah.

Baca: 6 Kegiatan Berguna untuk Mahasiswa yang Bisa Jadi Inspirasi

Pada hari selanjutnya, semua anggota mempersiapkan materi terkait gizi dan membuat desain poster yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat.

Kegiatan dilakukan dengan mendatangi setiap rumah

PMM Universitas Muhammadiyah Malang 2020

Pelaksanaan kegiatan psikoedukasi gizi dengan mendatangi setiap rumah (door to door) pada masyarakat RT.02 mendapat respon positif terkait materi yang telah disampaikan.

Anggota kelompok tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, manjaga jarak, serta mencuci tangan/memakai hand sanitizer selama pelaksanaan kegiatan.

Harapan diadakan kegiatan psikoedukasi gizi ini supaya masyarakat dapat menerapkan asupan gizi yang seimbang serta memanfaatkan informasi yang telah disampaikan oleh kelompok mahasiswa PMM.