Jakarta – Mahasiswa Universitas Mercu Buana, mengambil langkah dalam membagikan konten informasi tentang pentingnya literasi digital untuk mencegah penyebaran hoax, melalui Program Kuliah Peduli Negeri (KPN).

Tema yang diambil dalam kegiatan KPN ini, tidak luput dari banyaknya berita hoax yang masih beredar di Indonesia sehingga tema ini dirasa sangat cocok untuk membantu masyarakat agar dapat mengetahui informasi dan edukasi tentang hoax.

Bentuk kepedulian terhadap literasi digital tersebut dilakukan dengan memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana tempat untuk membagikan konten yang informatif yang terdapat pada akun @maca.idn karena media sosial dirasa sebagai tempat yang cocok untuk membagikan informasi tentang literasi digital dan hoax ini.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Mengetahui dan Menghindari HOAX

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini telah dilakukan sejak tanggal 1 November 2020. Konten yang di sajikan di dalam media tersebut adalah konten yang menginformasikan tentang literasi dan hoax dengan berbagai pembahasan isi yang menarik, sehingga penikmat konten tidak merasa bosan untuk terus menikmati sajian konten yang di bagikan oleh @maca.idn

Beragam konten literasi digital di instagram @maca.idn

“Di akun @maca.idn ini kami melakukan pencarian terhadap informasi yang berkaitan dengan literasi digital dan hoax, lalu kami kemas ke dalam sebuah bentuk konten yang informasi dan tips baik itu konten tulisan dan konten visual, selanjutnya dibuat dengan desain yang menarik dan setelah semua selesai kami melakukan publikasi di Instagram @maca.idn sebagai sarana tempat untuk kami membagikan berita dan informasi tersebut dengan kata-kata caption yang simple dan mudah untuk dipahami”, ujar Yehezkiel Tarnama Siahaan selaku ketua kelompok kegiatan ini.

Dalam menciptakan konten media informasi @maca.idn ini, Yehezkiel bekerja sama via daring dari rumah dengan teamnya Farhan, Beni, Resha dan Endah.

Baca: 7 Jenis Konten Positif di Internet untuk Menambah Pengetahuan!

Tidak hanya di media sosial saja, @maca.idn juga melakukan wawancara langsung terhadap masyarakat dari berbagai kalangan tentang pentingnya literasi digital dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sehingga hasil kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini diharapkan informasi yang dibagikan oleh @maca.idn dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan masyrakat di zaman sekarang ini untuk lebih menyadari lagi tentang pentingnya literasi digital untuk mengenali informasi dan berita yang beredar di internet secara bijak untuk menghindari penyebaran HOAX atau berita palsu

Penulis: Tim @maca.idn Kuliah Peduli Negeri
Mahasiswa Universitas Mercu Buana