Jakarta (5/12) – Sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini, mahasiswa Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertemakan “Hidup Sehat Dengan Merawat Kesehatan Gigi Sejak Dini” pada 5 Desember 2018 lalu.

Berlokasi di Sekolah RA AS – SA’ADAH Kedoya Selatan, Jakarta Barat yang diikuti 28 peserta. Acara tersebut berlangsung pada pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Baca juga: Ruang Mahasiswa Goes To School 2019

Rangkaian Acara

Acara dimulai dengan pemaparan materi tentang cara merawat dan menjaga kesehatan gigi, memberikan gambaran akibat tidak menggosok gigi melalui pemutaran video, mendemonstrasikan cara menggosok gigi yang benar di depan kelas menggunakan alat peraga gigi, dan diselingi dengan beberapa permainan yang menjadi salah satu senjata ampuh untuk menarik antusiasme para peserta.

Ada juga sesi tanya jawab kepada peserta, tentang apa saja materi yang sudah diajarkan sebelumnya.

Terselenggaranya acara ini menjadi antusias tersendiri untuk peserta.  Bahkan mereka sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perlengkapan menyikat gigi dari rumahnya.

kuliah peduli negeri oleh mahasiswa mercu buana

Source: dok.pribadi

Anak – anak sangat antusias

“Anak – anak sangat antusias begitu mendengar akan diadakan acara ini, bahkan mereka ada yang sudah membawa perlengkapan sikat gigi sebelum hari ini”, ungkap Ibu Hadijah selaku Kepala Sekolah.

Acara perdana yang di selenggarakan di RA AS – SA’ADAH maupun di lingkungan sekitarnya. Tidak hanya para peserta, orang tua pun tak luput ikut serta mendampingi putra-putrinya.

Mereka mengantarkan anak – anak hingga melihat acara yang sedang diselenggarakan. Melihat semangat mereka untuk menyikat gigi setiap 2 kali dalam sehari, menjadikan motivasi tersendiri untuk lebih mendorong mereka memahami arti pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Baca: Ruang Mahasiswa Luncurkan Rumah Developer untuk Indonesia Go Digital

Belajar kesadaran dan disiplin bagi anak – anak

Nampaknya terlihat mudah hanya dengan menyikat gigi, namun tidak untuk anak – anak. Diperlukan kesadaran untuk menanamkan disiplin setiap harinya, baik di rumah maupun di lingkungan sekolah.

Meskipun gigi peserta mssih termasuk gigi susu yang masih bisa berubah, namun jika tidak ditangani serius akan berdampak buruk saat mereka dewasa.

mahasiswa peduli negeri

Source: dok.pribadi

“Saya berharap peserta dapat menjadikan sikat gigi bagian dari  kegiatan yang menyenangkan. Untuk para guru, diharapkan dapat mendukung dan membantu mengingatkan siswa – siswi untuk selalu menggosok gigi setelah jam istirahat.

Baca: 6 Kegiatan Berguna untuk Mahasiswa yang Bisa Jadi Inspirasi

Hosting Unlimited Indonesia

Peran aktif orang tua dan sekolah sangat diperlukan untuk memupuk rasa disiplin dan membangun pengetahuan pentingnya menjaga kesehatan gigi. Bersama kita bisa untuk lebih perduli terhadap kesehatan gigi anak – anak,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Rikha Rahmawati

Risanti Fauziah – Mahasiswa Universitas Mercu Buana