Pandemi Covid-19 mengharuskan kita melakukan new normal yaitu perubahan dalam sistem baik ekonomi micro dan macro, kesehatan,

Termasuk juga perubahan dalam sistem belajar dan mengajar yang biasanya dilakukan dalam bentuk tatap muka harus digantikan menjadi sistem daring sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Pemerintah langsung membentuk satgas Covid-19 yang mengharuskan seluruh kegiatan yang dilakukan seperti biasa harus diubah menjadi di rumah saja yang termasuk sistem belajar mengajar di sekolah dilakukan secara daring atau online.

Namun ternyata pembelajaran secara daring atau online ini memiliki beberapa kendala.

Pembelajaran secara daring atau online memiliki beberapa masalah yang dihadapi seperti berikut:

  1. Permasalahan jaringan internet yang lemah dan tidak merata
  2. Kebutuhan kuota internet yang yang menambah biaya pengeluaran keluarga
  3. Sistem belajar dari guru ke siswa harus berubah mulai dari penjelasan materi hanya melalui slide presentasi
  4. Pemberian tugas dan ujian yang menumpuk yang semuanya harus dikerjakan dari rumah.
  5. Orangtua banyak mengeluh karna harus lebih banyak terlibat dalam membimbing pembelajaran anak dan bisa menghambat pekerjaan lainnya.
  6. Serta kurangnya sosialisasi dan tips pembelajaran dari secara efektif.

Penerapan pembelajaran daring yang diterapkan tentu saja memiliki pro dan kontra sendiri.

Baca: 7 Cara Belajar Yang Efektif dan Tidak Membosankan

Namun bagaimana pun, suka atau tidak, mau atau tidak mau. Hal ini harus dilakukan oleh seluruh pihak yang bersangkutan untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya penularan di lingkungan pendidikan.

Melihat permasalahan tersebut mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) memilih untuk membuat Kegiatan Peduli Negeri (KPN).

Kegiatan ini merupakan salah satu aplikasi mata kuliah bagi mahasiswa bidang studi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi di UMB.

Kegiatan digelar dalam bentuk memberikan edukasi dan sosialisasi melalui media sosial Instagram mengenai bagaimana cara belajar daring yang efektif bagi para pelajar.

edukasi pembelajaran daring efektif instagram

Kegiatan KPN tersebut mengambil tema “ Sosisalisasi Belajar Daring Yang Efektif Di Tengah Pandemi Covid – 19 melalui Instagram @belajardaring.id”.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

Sesuai dengan namanya, program tersebut berisi berbagai tips belajar secara daring melalui platform media sosial Instagram.

Informasi yang dibagikan adalah berupa:

  1. Rekomendasi aplikasi pendukung dalam proses belajar secara daring
  2. Tips belajar dari narasumber kredibel dan terpercaya, serta
  3. Berbagai games dan quiz yang dihadirkan untuk berinteraksi langsung dengan para followers.
edukasi pembelajaran daring efektif
Contoh Quiz @belajardaring.id

Instagram @belajardaring.id yang di buat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi pada Universitas Mercu Buana ( UMB ) tersebut mengangkat konsep sistem pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan.

Respon yang di berikan dari masyakarat internet pada jejaring sosial @belajardaring.id membuahkan hasil yang baik. Kebanyakan dari anak – anak sekolah menggunakan jejaring sosial orang tua mereka untuk melihat konten yang di buat oleh tim belajardaring.id.

Penulis: Tim @belajardaring.id Kuliah Peduli Negeri
Mahasiswa Universitas Mercu Buana