Hallo, sobat pejuang bangku perguruan tinggi! Apa kabar? Masih semangat, kan untuk menggapai impiannya melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi?

Iya! Semangat adalah kunci dari perjuangan kamu.

Tidak lulus seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN di tahun ini bukanlah akhir dari segalanya, sobat! Masih banyak jalur lain yang dapat kamu tempuh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Supaya kamu lebih bersemangat lagi untuk melanjutkan perjuangan, kali ini kita dari Ruang Mahasiswa akan berbagi informasi tentang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) milik BUMN. Sudah gak asing bukan dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)?

Lima perguruan tinggi swasta membentuk aliansi perguruan tinggi BUMN

Ada lima perguruan tinggi swasta yang membentuk sebuah wadah Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN). Wadah ini bertujuan untuk membangun kerjasama anggota di dalamnya dalam menjawab tantangan kebutuhan BUMN, seperti tantangan sumber daya manusia dan kajian – kajian ilmiah.

Khususnya buat kamu yang tertarik dengan bidang studi multidisiplin, bisnis, manajemen dan operasi, lima perguruan tinggi swasta milik BUMN ini pantas untuk kamu coba, sobat!

Di bawah ini kelima perguruan tinggi swasta milik BUMN tersebut.

1. Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT – PLN)

STT PLN adalah lembaga pendidikan tinggi yang akan berfokus pada bidang kelistrikan. Sempat patah hati karena gak lulus teknik elektro di universitas negeri? Stop complain!  Yuk, irik STT yang satu ini.

Jadi buat kamu, guys yang suka bekerja atau membidangi hal – hal yang berbau listrik, STT PLN menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang boleh kamu coba.

Kampus STT-PLN ada di daerah DKI Jakarta, untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs resminya: sttpln.ac.id

2. Universitas Pertamina (UP)

Kalau STT PLN berfokus pada bidang kelistrikan, UP akan memfokuskan pengetahuan di bidang energi. Pertamina saat ini menjadi salah satu perusahaan energi (bahan bakar) di Indonesia yang terkemuka.

Keuntungannya apa? Kamu bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi pertamina itu sendiri, pastinya pengalaman lapangan dan pengetahuan kamu akan semakin luas, dong! Dan lapangan kerjanya juga terbuka lebar

Kampus Universitas Pertamina berlokasi di DKI Jakarta juga, untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs resminya: universitaspertamina.ac.id

Selamat mencoba buat kamu yang tertarik di bidang energi.

3. Telkom University (TEL-U)

universtias swasta terbaik

Source: news.okezone.com

Nah, yang satu ini mungkin menjadi idolanya para pencinta teknologi informasi dan komunikasi (IT). Perusahaan Telkom saat ini menjadi salah satu perusahaan terkenal dan sangat bergengsi dalam bidang indutri teknologi informasi & komunikasi.

Selain di bidang usaha, Telkom memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berkecimpung di bidang TIK melalui pendidikan yaitu melalui Telkom University.

TEL-U menjadi lembaga induk bagi kelima perguruan tinggi swasta yang bersinergi ini. Buat kamu yang benar – benar ingin bekerja di bidang TIK, I suppose you should try this, guys!

Universitas Telkom berada di kota Bandung, Jawa Barat. Yuk kunjungi situs resminya untuk informasi lebih lanjut: telkomuniversity.ac.id

4. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)

Sesuai dengan namanya, sekolah tinggi yang satu ini adalah sekolah tinggi yang berfokus di bidang logistik. Pernah berkirim surat melalui pos? Atau tertarik dengan dunia pos? STIMLOG is the recommended one.

Tertarik dengan yang satu ini, silahkan dicoba, sobat!

5. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

perguruan tinggi swasta milik bumn

Source: ekbis.sindonews.com

UISI sesuai namanya adalah universitas yang berfokus di bidang persemenan dan luar biasanya berkelas internasional. Universitas yang dinaungi oleh PT. Semen Indonesia Tbk. yang satu ini akan memberikan peluang untuk berkarir di Semen Indonesia Grup dan perusahaan semen lainnya yang ada di Indonesia.

Buat kamu yang tertarik untuk terlibat di dunia industri, yang satu ini juga pilihan yang bagus, guys.

Buat kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi BUMN, kamu dapat cek informasi selengkapnya di apertibumn.id.

Mengapa kami merekomendasikan ini?

Kelebihan yang dapat kamu pertimbangkan adalah kamu akan lebih dekat dengan dunia industri, karena perguruan tinggi di atas tentu bermitra dengan perusahaan yang sesuai bidangnya.

Akhirnya, admin ingin menyampaikan poin penting terakhir : Jangan memandang universitas swasta dengan sebelah mata, ya sobat! Belum tentu mereka yang kuliah di negeri akan lebih sukses dibandingkan mereka yang kuliah di swasta. SO, masa depanmu ada di tanganmu.

Selamat mencoba, guys! Semoga kamu mendapatkan yang terbaik!