Halo, para sobat mahasiswa dan calon mahasiswa Indonesia!

Khusus buat adik – adik, sebagai calon mahasiswa, tentu kamu harus memiliki banyak pertimbangan yang matang sebelum masuk kuliah. Salah satunya adalah dengan memilih jurusan yang tepat.

Namun, apakah kamu sudah tahu kira-kira akan masuk jurusan mana?

Mengingat ada banyak sekali jurusan di berbagai universitas, penting bagi kita untuk memilih jurusan dengan seksama, sesuai dengan minat dan bakat kita.

Selain itu, kita juga bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan di masa depan nanti, lho!

Hal ini penting juga agar kita dapat terjun ke dunia karier tanpa hambatan yang berarti serta dapat menjadi lebih stabil dalam hal finansial di masa depan nanti.

Maka dari itu, untuk kalian yang masih bingung kira-kira jurusan apa yang mau dipilih ketika masuk kuliah nanti,

Ruang Mahasiswa telah mengulas dan memberikan informasi tentang 10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjika di Masa Depan, nih! 

Yuk, check this out!

1. Periklanan

Jika kamu lihat sehari-hari, sekarang pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran dan periklanan jadi semakin dibutuhkan.

Hal itu dikarenakan media untuk beriklan yang semakin banyak dengan adanya internet dan media sosial.

Selain itu, periklanan juga diekspektasikan akan berkembang pesat pada 10 tahun ke depan, lho!

Untuk kamu yang masih ragu untuk memilih Jurusan Komunikasi atau Periklanan, tidak perlu ragu lagi! Di masa yang semakin maju ini, periklanan semakin dibutuhkan.

Kamu bisa memilih Jurusan Periklanan, atau Jurusan Komunikasi dengan peminatan periklanan.

Di Indonesia sendiri, banyak lho PTN yang menyediakan jurusan atau peminatan ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengapa Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi? Berikut 7 Alasan Pentingnya!

2. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

jurusan prospek kerja terbaik
Sumber gambar: pexels.com

Ingat drama korea Start Up yang sempat viral beberapa bulan yang lalu? Ternyata, pekerjaan Nam Do-san sebagai ahli IT akan semakin dicari, lho!

Berdasarkan analisa data, pekerjaan di bidang komputer akan semakin berkembang 10 tahun lagi.

Karena perkembangan teknologi tersebut, semakin banyak pula perusahaan yang ingin mengembangkan layanan elektronik perusahaannya, seperti website, aplikasi, dan sebagainya.

Maka dari itu, web developer dan iOS/Android developer saat ini semakin dicari! Bukan hanya itu, bisa dipastikan setiap perusahaan atau instansi selalu membutuhkan tim dari lulusan IT.

Untuk kamu yang tertarik mendalami bidang ini, kamu bisa mendaftarkan diri di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan sangat banyak kampus yang sudah memiliki jurusan ini.

3. Akuntansi

Tahun 2020 lalu, permintaan profesional akuntansi dan keuangan meningkat sebesar 44% dan diprediksi akan bertumbuh terus.

Bahkan, berdasarkan data Biro Statistik Tenaga Kerja, profesi akuntan dan auditor diprediksi akan terus mengalami peningkatan pencarian sebanyak 6% hingga tahun 2028, lho!

Makanya, tidak mengherankan lulusan dari jurusan yang terkait dengan keuangan semakin dicari dan menjadi di antara yang memiliki prospek kerja terbaik.

Jika kita berperan sebagai seorang akuntan, kita akan berperan penting untuk menjaga keuangan perusahaan. Akuntan sendiri dapat berkiprah sebagai pegawai bank, konsultan pajak, hingga auditor.

Jika kamu berminat untuk menekuni Akuntansi, kalian bisa mengambil jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, dan masih banyak lagi!

Baca juga: 7 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

4. Matematika

Selain basis keuangan, perusahaan juga perlu untuk memiliki basis data yang baik.

Hal ini juga dibuktikan dengan meningkatnya kebutuhan profesional pada bidang matematika dan statistik sebesar 10% pada tahun 2020 kemarin, seperti yang dilansir oleh Kompas.

Nantinya, matematika dan statistik juga akan dibutuhkan dalam perusahaan untuk mengolah data (metadata/big data) yang berprofesi sebagai data analyst, data scientist dan lain sebagainya

Juga menganalisa sektor bisnis dan keuangan, terutama di era digital yang semakin berkembang ini.

Jurusan Matematika bisa kalian pilih di Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, hingga Institut Teknologi Kalimantan.

5. Sastra dan Linguistik

Sumber gambar: Unsplash

Kemajuan zaman juga turut berkontribusi dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional dan juga kerjasama antarnegara.

Untuk itu, kamu yang sedang mempertimbangkan jurusan sastra dan linguistik tidak perlu lagi ragu untuk terjun ke sana!

Diprediksi oleh Detik, pada 10 tahun kedepan profesi ini akan meningkat hingga 19% melihat globalisasi di berbagai industri kerja.

Ada banyak sekali jurusan sastra di kampus-kampus Indonesia! Kamu bisa mencoba mulai dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, dan sebagainya.

6. Keperawatan

Melihat bahwa kesehatan merupakan hal yang esensial di saat ini, kebutuhan akan profesi perawat pun semakin dibutuhkan.

Tidak ada manusia yang bisa memastikan diri tetap sehat, artinya kebutuhan akan tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan.

Bahkan, pada tahun 2020, angka kebutuhan dan pencarian akan tenaga profesional layanan kesehatan fisik dan mental telah mencapai angka 40% terutama karena faktor pandemi Covid 19.

Seperti kedokteran, keperawatan juga memerlukan keahlian khusus dengan adanya kuliah profesi ners setelah selesai menjalani S1.

Setelah itu, kalian juga bisa menjadi spesialis dalam keperawatan, seperti keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, dan sebagainya.

Tertarik untuk terjun ke dunia keperawatan? Kalian bisa mendaftarkan diri di Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan banyak lagi.

7. Teknik Sipil

Tahu nggak, kalau industri teknik sipil juga dikatakan mengalami peningkatan sejak 2018 dan akan terus berkembang hingga 8 tahun lagi?

Kini, Jurusan Teknik Sipil pun semakin diminati karena selain banyak dibutuhkan, penghasilan yang diterima juga tidak sedikit.

Untuk kamu yang tertarik di bidang konstruksi dan infrastruktur, tidak perlu lagi ragu untuk terjun ke dalamnya!

Jurusan Teknik Sipil bisa kamu temui di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Gadjah Mada, dan sebagainya.

8. Arsitektur Lanskap

Arsitektur Lanskap merupakan suatu ilmu interdisiplin yang mempelajari kombinasi dari arsitektur, ekologi, teknik lingkungan, teknik sipil, geografi, hingga planologi.

Meskipun tidak sepopuler Jurusan Arsitektur, namun ternyata kebutuhan akan Arsitek Lanskap juga semakin meningkat, lho!

Berdasarkan data, industri arsitektur lanskap akan berkembang sebanyak 4% di 2028, ditambah penjualan dalam industri arsitektur lanskap di beberapa tahun ini telah meningkat sebanyak 14%.

Institut Pertanian Bogor dapat jadi pilihan kamu jika tertarik untuk menekuni jurusan ini lebih lanjut!

9. Hukum

jurusan hukum jurusan kuliah menjanjikan di masa depan
Sumber : pexels.com

Sejak dulu, Jurusan Hukum memang sudah menjadi favorit banyak calon mahasiswa.

Namun, tahukah kamu bahwa berdasarkan Investopedia, lapangan pekerjaan terkait jasa legal akan terus meningkat hingga 50 ribu banyaknya di tahun 2028 nanti?

Selain semakin luasnya lapangan kerja, Ilmu Hukum juga dapat mengikuti perkembangan dunia dan mudah beradaptasi.

Jika kamu tertarik menekuni Ilmu Hukum, kamu bisa mendaftarkan diri di Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan banyak lagi!

Baca juga: 7 Alasan Memilih Kuliah di Jurusan Ilmu Hukum

10. Kesejahteraan Sosial

Jurusan Kesejahteraan Sosial juga diperikrakan semakin dibutuhkan dan berkembang di 10 tahun ke depan.

Diprediksi, profesi industri kesejahteraan sosial akan berkembang sebanyak 11%, lho.

Nantinya, di Kesejahteraan Sosial kamu akan belajar mengenai fenomena sosial dan permasalahan yang menyangkut kesejahteraan sosial. 

Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri di Universitas Jember, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, dan sebagainya.

Nah, itu dia 10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Terbaik di Masa Depan!

Gimana, sudah siap masuk ke salah satunya?


*) Artikel ini telah ditulis dengan beberapa sumber referensi yang valid

Penulis Ameni Nazaretha
Mahasiswi Universitas Indonesia