Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri. Pastinya orang – orang yang ingin menimba ilmu di luar negeri punya alasan – alasan tersendiri untuk masing – masing.

Ada yang ingin belajar di kampus yang lebih baik di Indonesia, ada yang ingin mencari pengalaman hidup di negeri orang, ada yang ingin memanfaatkan kesempatan beasiswa, ada yang ingin sambil jalan – jalan dan juga mencari suasana baru.

Apa pun itu alasan untuk kuliah di luar negeri pastinya, setiap orang punya cerita tersendiri berkuliah di luar negeri.

Namun pada umumnya beginilah yang dialami pelajar/mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri ini. Ya, suka duka kalau kuliah di luar negeri yang diceritakan oleh Maudy Ayunda dalam bukunya Dear Tomorrow

Baca: Maudy Ayunda, Tokoh Muda yang Multi Talented

Kuliah di luar negeri itu menyenangkan, tapi tidak hanya itu berikut suka duka jika kuliah di luar negeri.

1. Memperkaya Pengalaman

Kuliah di luar negeri pasti membuat kamu semakin mandiri. Ini benar terjadi bahwa kuliah di luar negeri mau tidak mau kamu harus mandiri, karena di luar negeri kamu tentu saja jauh dari keluarga dan saudara.

pengalaman kuliah di luar negeri

Source: youtube.com

Hidup di lingkungan yang baru dan dengan orang – orang baru akan membuatmu melakukan segala sesuatu dengan sendiri, terutama di awal – awal perkuliahan yang memaksamu beradaptasi.

Namun hal ini sangat membuatmu akan banyak sekali pengalaman baru, dibandingkan dengan jika kamu hanya tinggal di Indonesia.

2. Semakin mudah belajar bahasa

Kuliah di luar negeri menuntut kamu untuk bisa berbahasa asing sesuai dengan tempatmu belajar. Belajar bahasa semakin mudah karena kamu semakin terbiasa.

Tentu saja ini terjadi karena kita dipaksa lingkungan yang harus bahasanya kita mengerti, sehingga kita harus lebih cepat belajar. Hal ini tentu berbeda jika kita hanya belajar bahasa asing melalui buku, video, internet atau kursus dibandingkan dengan langsung ditempatkan di lingkungannya.

Baca: Persiapkan 8 Hal Ini Sebelum Ke Luar Negeri

3. Menambah relasi dari berbagai belahan dunia

Memperluas jaringan dengan orang – orang dari berbagai belahan dunia memberi pengalaman yang berbeda. Kamu semakin belajar akan arti toleransi.

Kuliah di luar negeri, terutama universitas internasional akan banyak juga mahasiswa dari negara – negara berbeda. Pasti akan banyak berjumpa dengan orang – orang yang berlatar belakang berbeda, budaya, prinsip & pandangan yang berbeda.

Hal ini akan menjadi membuat kita lebih memahami arti toleransi dan perbedaaan sehingga kita akan lebih menumbuhkan rasa perbedaan.

4. Cuaca yang berbeda

suka duka kuliah di luar negeri

Source: wordpress.com

Kalo kamu belajar di negara empat musim, kamu akan merasakan perbedaan cuaca yang ektrem. Siap – siap untuk rindu Indonesia yang hangat ya! Namun kamu juga pasti ingin merasakan sensasinya ya, seperti bagaimana merasakan turunnya salju.

5. Sering kangen rumah

Jauh dari orang tua dan teman – teman kadang membuat kita akan merasa homesick. Kuliah di luar negeri juga tidak bisa membuat kita sering pulang sesuai yang kita mau, walaupun ada libur panjang atau hari – hari besar, disebabkan mahalnya biaya penerbangan. Tentunya kamu harus bisa menahan diri. Hal ini menjadi proses pembelajaran yang pastinya akan membuat kamu semakin dewasa.

Baca: Pemulung Ini Ingin Lanjut S3 di Luar Negeri

6. Rindu makanan Indonesia

Cita rasa makanan Indonesia pasti akan membuatmu rindu untuk segera kembali pulang. Apalagi masakan rumahan yang dibuat ibu. Masakan Indonesia yang kaya akan rasa akan sulit kamu rasakan di luar negeri, bahkan makanan pokok kita “nasi” juga akan susah kita temui di sana.

Hosting Unlimited Indonesia

Itulah rasa suka dan duka jika kamu memilih kuliah di luar negeri, yang pasti akan kaya ilmu dan pengalaman baru. Namun, jika selesai berkuliah di luar negeri, ingatlah untuk kembali ke Indonesia dan bangunlah Indonesia menjadi lebih baik.