Sobat Ruang Mahasiswa, apakah kalian suka matematika? Beberapa dari kita mungkin sangat menyukai matematika karena ilmu ini berguna di hampir semua bidang kehidupan.

Namun, banyak juga lho yang nggak suka atau bahkan benci banget sama Matematika. Hayo, kamu termasuk yang mana nih?

Terlepas dari suka atau tidak, kita semua tahu betapa pentingnya Matematika. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mengajari adik-adik kita untuk belajar Matematika sejak dini.

Kenapa harus sejak dini? Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan belajar Matematika untuk anak itu penting banget buat anak-anak, lho. Apa aja sih? Yuk simak!

Matematika Penting dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Sebagaimana sudah disinggung di atas, Matematika sangat penting bagi kehidupan kita, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Nah, sobat mahasiswa bisa nih mulai mengajari adik-adik berhitung supaya nggak bingung ketika jajan, berbelanja di warung, serta mengikuti pelajaran matematika di kelasnya.

Baca juga: 5 Manfaat untuk Kamu Yang Memilih Jurusan Matematika

Melatih Pola Pikir Kritis

berpikir kritis
Ilustrasi belajar matematika untuk mengasah pola pikir kritis (Sumber: Ruangguru.com)

Seperti kita ketahui, rasa ingin tahu anak-anak sangatlah besar. Hal ini ditunjukkan dengan kebiasaan mereka menanyakan banyak hal di sekitarnya dan juga bereksperimen.

Nah, pelajaran Matematika seringkali memberikan soal cerita dan ilustrasi yang bisa memancing rasa ingin tahunya. Selain itu, hitungan-hitungan yang dilakukan juga bisa melatih pola pikir kritis dan logis.

Meningkatkan Kreativitas

Matematika bahkan bisa membuat kita jadi lebih kreatif, lho! Kok bisa? Soalnya, berbagai persoalan matematika seringkali memiliki berbagai alternatif penyelesaian. Oleh karena itu, kita selalu terlatih untuk mencari cara mana yang paling efektif untuk mengerjakannya.

Melatih Pola Pikir Sistematis

Belajar matematika untuk anak juga penting guna melatih pola pikir mereka agar lebih sistematis. Hal ini karena untuk menyelesaikan satu soal, mereka harus menggunakan berbagai langkah-langkah dan metode penyelesaian.

Baca juga: Belajar Matematika Gak Ribet dengan Lakukan 5 Hal Ini

Nah, setelah tahu pentingnya belajar matematika bagi kehidupan seseorang, tentunya Sobat Mahasiswa setuju bahwa kita perlu memberikan pendidikan matematika yang memadai untuk adik-adik kita.

Salah satu caranya adalah dengan mendaftar les di Ruangguru. Kenapa Ruangguru? Soalnya, Ruangguru punya beberapa kelebihan, di antaranya sebagai berikut:

1. Fasilitas Lengkap dengan Harga Terjangkau

Tarif belajar Matematika untuk anak cukup terjangkau, yakni mulai dari 1 jutaan saja. Paket belajar ini bernama Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris for Kids.

Dengan harga paket mulai dari Rp1.440.000, anak akan mendapatkan berbagai fasilitas belajar, meliputi:

  • Dua kali pertemuan dalam seminggu, masing-masing selama 60 menit.
  • Kelas terdiri dari 10–15 siswa
  • Pembelajaran secara Live Teaching interaktif dan tutor berpengalaman
  • Mendapat modul belajar
  • Mendapat sertifikat setelah menyelesaikan kursus
  • Kegiatan belajar mengajar menggunakan bahasa Indonesia
  • Pembelajaran dengan mengembangkan pemikiran kritis dan analitis
  • Konsep dasar berhitung didukung dengan metode literasi dan visual yang menarik

2. Tersedia Pilihan Durasi Belajar

Paket Ruangguru Matematika & Bahasa Inggris for Kids juga memiliki beberapa pilihan durasi belajar. Dengan demikian, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anak.

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, tersedia 2 sesi atau pertemuan per minggu. Nah, tiap sesinya berdurasi 60 menit.

Jika memilih paket durasi belajar selama 3 bulan, maka akan dikenakan harga Rp1.440.000 (gratis 1 modul belajar).

Tapi, jika memilih paket durasi belajar selama 6 bulan, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp2.610.000 (gratis 2 modul belajar). Murah, bukan?

3. Cocok untuk Pendidikan di Usia Dini

ruangguru calistung
Ilustrasi belajar matematika untuk anak usia dini (Sumber: ruangguru.com)

Paket belajar Matematika untuk anak dari Ruangguru ini juga cocok bagi pendidikan usia dini. Hal ini karena paket tersebut diperuntukkan bagi anak berumur 4 sampai 7 tahun.

Baca juga: Pentingnya Memilih Jasa Les Privat untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik

Untuk informasi selengkapnya terkait paket ini, cara berlangganan, dan fasilitas menarik lainnya, yuk kunjungi website Ruangguru di sini: www.ruangguru.com/for-kids/bahasa-inggris-matematika


Nah, itu tadi informasi tentang pentingnya belajar matematika untuk anak-anak dan rekomendasi bimbel yang berkualitas dan tentunya terjangkau.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi terkait seleksi perguruan tinggi, perkuliahan, dan pengembangan karir, yuk follow akun Instagram dan Tiktok @ruangmahasiswa dan jangan lupa pantau terus website ruangmahasiswa.com, ya!