Sebentar lagi pendaftaran jalur SNMPTN akan dibuka, yaitu mulai 14 Februari mendatang. Apakah kamu sudah siap menentukan jurusan pilihan kamu, guys? 

Nah, ternyata jika kamu memilih jurusan pada bidang sen atau olahraga, maka dibutuhkan portofolio yang harus kamu lampirkan.

Memilih bidang seni dan olahraga, apa yang membedakanya dengan bidang lain? 

Apakah kamu punya ketertarikan pada bidang seni atau olahraga yang ingin menekuni bidang ini? Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih bidang seni atau olahraga, kamu perlu mempersiapkan portofolio. 

Apa itu portofolio? 

Portofolio boleh dikatakan menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan jika kamu ingin lulus di bidang seni dan olahraga. Portofolio ini berupa dokumentasi karya maupun penampilan terbaik kamu di bidang yang kamu geluti yang dibutuhkan pada saat seleksi SNMPTN.  

Kali ini tim Ruang Mahasiswa akan berbagi informasi beberapa ketentuan portofolio yang ditetapkan oleh LTMPT khusus untuk kamu yang memilih bidang seni dan olahraga pada jalur SNMPTN 2020. 

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

– Kelompok Portofolio 

jurusan kuliah seni tari portofolio snmptn

Sumber gambar: infobudayaindonesia.com

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, terdapat 10 kelompok portofolio di bidang seni dan olahraga, yaitu: 

  1. Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya
  2. Potofolio Tari
  3. Portofolio Musik 
  4. Portofolio Seni Karawitan
  5. Portofolio Etnomusikologi
  6. Portofolio Sendratasik
  7. Portofolio Teater
  8. Portofolio Fotografi
  9. Portofolio Film dan Televisi 
  10. Portofolio Olahraga 

– Isi portofolio 

Isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi yang diinstruksikan dan dokumentasi yang dimiliki siswa selama mengikuti pendidikan menengah.

Portofolio yang dibuat merupakan karya terbaik pendaftar yang sesuai dengan bidang yang dipilih. 

Peserta diwajibkan untuk menggunakan template untuk file atau dokumen untuk penilaian portofolio. Dokumen yang tidak sesuai dengan template yang disediakan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. 

Baca: Wajib Tahu: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan melalui Jalur SNMPTN

– Mencantumkan beberapa borang untuk portofolio

Adapun beberapa borang yang perlu dicantumkan adalah borang pernyataan peserta yang ditandatangani oleh kepala sekolah di atas materai 6000, serta borang raihan prestasi terbaik yang relevan dengan bidang yang dipilih. 

Bagi pendaftar yang memilih bidang olahraga, kamu perlu meminta surat rekomendasi untuk portofolio, yaitu surat yang dikeluarkan oleh KONI atau pengurus cabang OR.

Untuk borang kesehatan, wajib ditandatangani oleh tenaga kesehatan dengan stempel institusi terkait. 

Untuk borang keterampilan motorik, para pendaftar bidang olahraga harus mendapat validasi dari guru PJOK yang telah memiliki sertifikat guru, dengan cara mencantumkan nama dan nomor sertifikatnya, serta membubuhi tanda tangan di atas materai 6000. 

– Peserta yang lulus SNMPTN wajib menunjukkan file asli 

portofolio masuk snmptn

Sumber gambar: onlineprint.co.id

Jika kamu lulus di bidang yang kamu pilih, kamu diwajibkan untuk membawa file asli untuk diverifikasi oleh pihak PTN tujuan kamu. Jika terdapat kecurangan, peserta dapat dibatalkan kelulusannya. Untuk itu, pastikan kamu mengunggah karya asli dengan jujur ya, sobat. 

Baca: Jadwal SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK 2020

– Portofolio SNMPTN dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN juga

Bagi pendaftar yang tidak lulus jalur SNMPTN 2020, dapat menggunakan portofolio pada jalur SNMPTN untuk portofolio pada jalur SBMPTN 2020 apabila isinya sesuai dengan persyaratan untuk SBMPTN. 

Namun, jika tema SNMPTN dengan SBMPTN berbeda, kamu diwajibkan untuk membuat kembali portofolio baru yang sesuai dengan ketentuan SBMPTN. 

Ke-5 hal di atas adalah ketentuan yang perlu kamu perhatikan dalam membuat portofolio.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu dapat mengunduh di laman www.snmptn.ac.id. Dengan mempersiapkan portofolio yang baik dan sesuai dengan pedoman mudah – mudahan membuatmu layak untuk masuk bidang yang kamu inginkan ya, sobat.


TIPS tambahan…

Pilih jurusan yang sesuai dengan bakatmu, bukan karena pengaruh lingkungan sekitar

Admin ingin menyinggung sedikit nih tentang pemilihan jurusan, sebaiknya jangan memilih jurusan yang gak sesuai sama minat dan bakat kamu ya, sobat.

Dalam hal ini di bidang seni dan olahraga, kamu harus yakin bahwa passion kamu memang ada di bidang itu. 

Baca : Ini 7 Alasan Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan Saat Menentukan Jurusan Kuliah

Nikmatilah pilihanmu, semua akan menjadi lebih mudah

Karena dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat kamu, setiap proses menjadi lebih menyenangkan, sobat. Semoga kamu berhasil lulus di jurusan yang kamu idamkan, ya!