Kamu calon mahasiswa? Atau mahasiswa baru? Bagi kamu yang sudah tamat SMA dan memutuskan untuk kuliah, kalian akan merasakan suasana dan lingkungan yang baru. Kondisi di lingkungan kampus sangat berbeda dengan lingkungan sekolah.

Pada tulisan kali ini, kamu akan diperkenalkan dengan beberapa istilah gaul yang ada di kampus. Mungkin istilah-istilah tersebut masing terdengar asing di telinga kamu. Oke, tanpa-basa-basi lagi, saya langsung bahas tuntas yaahh.

1. MABA

Istilah ini sudah sangat sering terdengar tapi masih saja banyak orang yang bertanya apa sih artinya? Terutama bagi siswa yang pengen jadi mahasiswa, MABA itu adalah Mahasiswa Baru, mahasiswa yang masih duduk di semester awal yaitu semester 1 dan 2.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru

2. SKS

Istilah Sistem Kebut Semalam Mahasiswa

Sumber: gregretan.com

Istilah ini sebenarnya adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Nah, kalo waktu sekolah, ini sama artinya dengan jam/les. Kalo ada mahasiswa yang bertanya hari ini berapa sks, sama aja tuh dengan hari ini berapa les.

Ada juga nih arti lain dari SKS. Mahasiswa yang sudah gaul pasti tau dong SKS yang satu ini yaitu Sistem Kebut Semalam. Ini merupakan sebutan untuk mahasiswa yang sering kerjain tugas mendekati deadline.

Mahasiwa ini juga disebut dengan deadliner. Alhasil, terkadang tugas tidak selesai dengan tepat waktu dan kurang memuaskan. Jadi, jangan dicontoh ya.

3. Kupu-Kupu

Ini bukan hewan cantik yang akan kita temui di kampus ya teman-teman. Kupu-kupu yang dimaksud adalah mahasiswa yang kerjaannya Kuliah Pulang Kuliah Pulang (Kupu-Kupu).

Jangan ditiru ya teman-teman karena berinteraksi di kampus akan membuat kita semakin dikenal dan semakin akrab dengan siapapun.

4. Kura-Kura

Istilah ini adalah singkatan buat mahasiswa yang datang ke kampus dan kerjaannya rapat setelah kuliah. Contohnya, rapat organisasi, rapat kepanitiaan, dan lain-lain.

Organisasi dan kepanitiaan itu penting untuk menambah dasar kepemimpinan, relasi, dan wawasan tapi teman-teman harus tau dan memperhatikan perkuliahan juga ya.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi Kampus

5. Kuda-Kuda

Mahasiswa kuda-kuda ini adalah mahasiswa yang gak mau rugi, pandai mencari uang di perkuliahan. Kuda-kuda alias Kuliah Dagang Kuliah Dagang itu ada baiknya dan ada tidak baiknya yah teman-teman.

Berdagang di kampus memang menghasilkan keuntungan yang lumayan. Karena kesempatan inilah, mahasiswa suka berdagang. Saran saya, berdagang boleh-boleh saja, tapi wajib kuliah dan mengerjakan tugas dengan serius ya.

6. DPR

Istilah Di bawah Pohon Rindang (DPR) di Kampus

Sumber: dream.co.id

Setiap kampus pasti punya DPR. Eittttssss, DPR ini bukan Dewan Perwakilan Rakyat yah. DPR yang dimaksud di sini adalah Di bawah Pohon Rindang, tempat yang paling disukai mahasiswa. Duduk-duduk ngadem di bawah pohon sambil cerita dan mengerjakan tugas. Duduk di DPR asik lho, apalagi kalo ada wifi-nya, pasti gak pengen pulang ke rumah deh.

7. TA

Setiap mahasiswa sudah pasti akan menjalani yang namanya TA atau Tugas Akhir. Ini tandanya dia sebentar lagi akan mengakhiri masa kuliahnya dan berlanjut ke wisuda.

Jangan salah, arti TA yang lain juga ada lho. Tapi TA yang satu ini jangan ditiru ya. TA disini adalah Titip Absen. Mahasiswa sering kali mengesampingkan kuliahnya dan pergi bermain atau jalan-jalan bersama temannya dan kemudian menitipkan absennya kepada teman lain yang hadir mengikuti perkuliahan.

Dengan demikian, mahasiswa yang tidak hadir akan tercatat hadir karena adanya titip absen tersebut. Kamu mau kalo teman kamu yang suka bolos, daftar hadirnya penuh dengan kehadiran? Pasti tidak kan?


Nah, itulah istilah-istilah gaul di kampus yang bisa buat kamu lebih mengerti sedikit tentang kehidupan kampus. Tulisan ini bisa buat kamu tau bagaimana menata kehidupan kampus yang baik dan keren nantinya. Kamu juga bisa bayangin gimana sih kehidupan kampus yang sebenarnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Mahasiswa di Kampus

Penulis: Ezra Ridayanti Siahaan (Ilmu Komputer USU 2015)