Indonesia harus bangga memiliki anak-anak bangsa yang luar biasa. Tidak hanya fokus pada nilai di portal, mahasiswa juga dapat mengembangkan kreativitasnya.

Bicara tentang portal, nilai kuliah sebentar lagi keluar loh “selamat datang semester baru, selamat tinggal semester lama” dan “selamat datang semester tua, selamat tinggal semester muda”.

Hallo sahabat ruangmahasiswa, sudah lama ya saya tidak menulis di ruangmahasiswa.com. Ada yang rindu tulisan saya? Hehe (mungkin tidak ya). Kali ini saya akan membagikan informasi tentang sebuah karya, apalagi kalau bukan kreativitas anak bangsa.

Dilansir dari situs Universitas Gadjah Mada, 3 mahasiswa jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM mengembangkan sebuah perangkat untuk menerjemahkan bahasa isyarat. Alat ini dinamakan SIGNLY (Sign Language Translator Synchronously) yang digunakan untuk membantu para penyandang tunarungu dan tunawicara dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Tiga mahasiswa UGM tersebut bernama Nindi Kusuma Ningrum, Faturahman Yudanto, dan Lely Monalisa dan mereka dibimbing oleh Anugerah Galang Persada, S.T., M.Eng. Inovasi ini dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta (PKM-KC) dan mendapatkan dana hibah dari DIKTI.

Perangkat ini terdiri dari sarung tangan, smartphone, dan komputer. Sarung tangan tersebut bisa menerjemahkan bahasa isyarat secara langsung ke bahasa verbal. Dalam sarung tangan itu, terdapat teknologi untuk mendeteksi gerakan dan posisi jari tangan berupa flek sensor.

Output yang dihasilkan berupa rangkaian huruf dan akan ditampilkan melalui aplikasi berbasis desktop atau mobile. Rangkaian huruf tersebut nantinya akan dikonversikan ke dalam bentuk suara sehingga orang yang tidak tahu bahasa isyarat dapat langsung mengerti apa yang dikomunikasikan.

Kemudian, lawan bicara dapat menjawab dengan bahasa sehari-hari yang akan diubah ke dalam bentuk tulisan. Tulisan tersebut dapat dibaca langsung oleh penyandang tunarungu/tunawicara melalui layar komputer atau smartphone.

Perangkat ini dikembangkan untuk memudahkan komunikasi antara penyandang tunarungu dan tunawicara dengan orang lain. Ini disebabkan komunikasi dengan bahasa isyarat sulit dimengerti oleh masyarakat umum.

Katalog bahasa isyarat dari pengembangan alat ini diambil dari American Sign Language, Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), dan masukan-masukan baru dengan kombinasi 5 jari tangan kanan.


Keren bukan alatnya? Gimana menurut kalian sahabat ruangmahasiswa? Jadi, buat kalian maba atau camaba atau yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah, tunjukkan bahwa kamu bisa seperti mereka.

Ibarat kata ini ya, pisau akan tajam jika terus di asah. Dan lo akan menemukan apa yang ada pada diri lo”.

Kalian bisa membaca artikel inspirasi mengenai bagaimana menjadi pemuda yang produktif dan juga kumpulan kata motivasi dari tokoh dunia untuk memotivasi semangat kamu menjadi mahasiswa yang kreatif.

Sahabat ruangmahasiswa bisa meninggalkan komentar berupa saran, pertanyaan, ataupun kritik untuk membangun ruangmahasiswa.com menjadi lebih baik. Kita juga bisa diskusi bareng kok 🙂

Baca juga: Clara Haniyah, Beauty Youtuber Muda yang Inspiratif

Sumber gambar: ugm.ac.id