Miliki 8 Kualitas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah modal yang sangat penting untuk dimiliki setiap pribadi. Namun sayang, banyak yang belum memilikinya.

Kepercayaan diri adalah cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri, apa yang orang itu lihat, pikirkan dan percayai terhadap dirinya sendiri.

Kepercayaan diri itu adalah dimulai dari bagaimana mengenal dan menyukai diri sendiri. Pengenalan diri yang baik akan memudahkan seseorang untuk menjadi orang yang percaya diri.

Nah, untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi tidak datang begitu saja, melainkan harus punya kualitas – kualitas diri.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sebanyak 8 kualitas diri yang perlu dimiliki agar memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, yaitu seperti berikut:

1. Rendah hati

Menjadi percaya diri (pede) tidak sama dengan menjadi sombong. Orang percaya diri seharusnya akan lebih tahu diri, sehingga akan menjadi orang yang rendah hati. Orang yang memiliki rasa percaya diri justru menyadari bahwa ia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang berharga, serta menyadari juga bahwa ia adalah makhluk kecil dan lemah di hadapan Tuhan.

Dengan hal ini, bagaimana pun kehebatan seseorang, ia harus berusaha untuk menghargainya dan mensyukurinya bahwa itu adalah pemberian Tuhan. Maka orang tersebut adalah orang yang rendah hati.

2. Menerima diri sendiri

Orang percaya diri akan menerima dirinya apa adanya, menyadari kelebihan dan kekurangan yang ia miliki. Ia menyukai dirinya sendiri, menghargai dirinya sendiri walaupun orang lain tidak.

Baca: 5 Tips Mendapat IP Tinggi yang Bisa Kamu Pelajari

3. Menghargai orang lain

saling-menghargai

Jika orang yang percaya diri menghargai kelebihan dan kekurangannya, hal ini juga patut dilakukan kepada orang lain. Maka ia tidak harus merasa hebat atau lebih lemah dari orang lain. Ia menghargai orang lain, tidak iri akan kemampuan orang lain dan tidak membanding – bandingkan.

4. Mengenal kekuatan

Orang akan lebih percaya diri jika berhasil menemukan kekuatan dalam dirinya sendiri. Mampu menggali potensi diri yang menjadi modal utamanya untuk menjadi kunci sukses di masa depannya. Potensi yang harus dimanfaatkan sebaik – baiknya bisa dalam hal bakat, minat atau passion-nya.

5. Mengembangkan keahlian

Seperti yang dijelaskan di poin nomor 4, potensi yang didapatkan dari dalam diri harus diolah menjadi keahlian, karena dengan lewat keahlian inilah ia menyelesaikan tugas dan kewajiban dengan baik.

Baca : 8 Teknik yang Harus Kamu Kuasai Ketika Wawancara

6. Menghasilkan kualitas kerja yang baik

Orang yang percaya diri akan menggunakan keahliannya untuk menghasilkan kerja yang baik. Semakin baik hasil kerjanya, maka semakin percaya diri untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar lainnya.

Sehingga cara efektif yang perlu dilakukan adalah dengan menyelesaikan pekerjaan – pekerjaan kecil terlebih dahulu dengan sebaik – baiknya, kemudian jika mempunyai pekerjaan yang besar, alangkah baiknya untuk memilah – milah dulu menjadi pekerjaan – pekerjaan yang kecil.

7. Terus belajar mengembangkan keahlian yang dimiliki

Orang yang percaya diri akan terus belajar untuk mengembangkan keahliannya. Keahlian tidak datang begitu saja, perlu ada pembelajaran dan pelatihan. Terkadang keahlian yang kita miliki sekarang tidak relevan di masa mendatang, sehingga perlu terus belajar yang update sehingga selalu relevan dengan tuntutan zaman.

Baca: 6 Langkah Menjadi Penulis Profesional

8. Optimis

harus-selalu-optimis

Memang orang yang percaya diri otomatis akan selalu memiliki rasa optimis yang tinggi. Karena dengan apa yang dia miliki, dia yakin dapat menyelesaikan pekerjaan dan rencananya dengan baik. Orang yang percaya diri juga akan optimis untuk masa depannya yang baik.

Nah, sobat mahasiswa sudah membaca ke-8 poin tersebut. Sekarang tinggal melaksanakannya dalam praktek hidup anda. Niscaya kamu akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. So, let’s do it.

2 komentar pada “Miliki 8 Kualitas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Komentar: