5 Website Asal Indonesia untuk Pekerja Lepas

Freelance - sebagai pekerja lepas

Pada zaman sekarang, bekerja bukan hanya bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu seperti bekerja di kantor, menjadi sales, mengajar di sekolah/privat les. Kita juga bisa bekerja dan menghasilkan uang dari rumah atau tempat lain. Mantap kan?

Istilah yang mungkin anda pernah dengar adalah freelance. Freelance adalah bekerja sendiri dengan tempat, waktu, dan untuk orang yang tidak tetap. Nah, orang yang bekerja dengan demikian disebut freelancer atau pekerja lepas.

Freelancer dapat bekerja dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, memiliki kontrak/jangka waktu yang terbatas, dan tidak terikat oleh satu pihak secara permanen.

Baca: 7 Kerja Part Time Cocok Buat Mahasiswa

Bagi anda yang merupakan seorang mahasiswa, mungkin pekerjaan seperti ini dapat anda coba. Jika anda sedang kuliah dan tidak bekerja di tempat manapun, anda bisa menjadi freelancer untuk menghasilkan uang dan meringankan pengeluaran orang tua.

Kan bagus juga, misalnya untuk membayar kos, membayar uang kuliah, membeli barang kebutuhan sehari-hari.

Bagi yang sudah bekerja, di sela-sela luang waktu anda juga bisa menjadi freelancer untuk menambah-nambah penghasilan.

Ok, langsung saja ke TKP. Berikut adalah 5 website untuk mencari pekerjaan freelance di Indonesia yang bisa anda coba.

1. Sribulancer

Sribulancer

Ini merupakan website untuk freelance yang cukup terkenal di Indonesia. Anda bisa mencari pekerjaan menulis, penerjemahan, desain grafis, pengembangan aplikasi, bisnis dan pemasaran online, dan konsultasi hukum.

Jika anda tertarik dengan pekerjaan tertentu (yang memiliki status Open), anda bisa menawarkan diri anda dengan menulis proposal untuk menyakinkan si pemilik pekerjaan. Pemilik pekerjaan sendiri akan menyeleksi pelamar mana yang hendak diterima.

Link: Sribulancer

2. Sribu

Website ini satu perusahaan dengan Sribulancer. Berbeda dengan Sribulancer, Sribu merupakan rumah tempat berkumpulnya para desainer grafis. Bagus nih buat anda memiliki hobi desain atau jago desain.

Sribu memakai sistem kontes dimana para desainer grafis dapat mengumpulkan karyanya terlebih dahulu kepada pemilik kontes. Pemilik kontes kemudian akan memilih karya mana yang lebih disukainya.

Desainer yang karyanya dipilih akan mendapatkan hadiah uang sesuai dengan yang tertera.

Baca: Manfaat Kuliah Sambil Bekerja Bagi Mahasiswa

Link: Sribu

3. Projects.co.id

Projects.co.id

Anda bukan hanya bisa melamar pekerjaan freelance di website ini melainkan menjual jasa dan produk yang anda miliki.

Misalnya, jika anda memiliki kemampuan mendesain brosur, anda bisa menjual kemampuan anda tersebut sebagai jasa sehingga orang lain dapat membeli jasa anda untuk dibuatkan brosur.

Selain itu, jika anda mempunyai desain T-Shirt yang siap dicetak, e-Book, program komputer, template, animasi, anda juga bisa menjualnya di situs ini.

Link: Projects.co.id

4. Gobann

Situs freelance yang satu ini cukup unik. Semuanya serba 50ribu. Anda bisa menjual jasa apa saja yang anda mampu. Semua jasanya dimulai dengan kata “Gue Akan” dan diakhir dengan kata “untuk Rp 50.000”.

Baca: 7 Kerja Part Time Cocok Buat Mahasiswa

Misalnya, Gue akan membuat lukisan atau karikatur dari foto kamu untuk Rp 50.000, Gue akan buatin video explainer animasi 2D / animasi pendek 2D. Cocok buat yang ngembangin bisnis, buat Tugas Akhir atau skripsi. Per 5 Seconds untuk Rp 50.000.

Link: Gobann

5. Serba50ribu

Sama dengan Gobann, di situs freelance ini anda bisa menjual jasa apa saja dengan harga 50ribu.

Bedanya, situs ini memberikan opsi kepada pembeli jasa untuk menyarankan jasa yang dia cari. Jadi, anda bisa menjadikannya referensi untuk memulai menjual jasa.

Link: Serba50ribu

Itulah 5 website asal Indonesia yang hendak anda coba jika ingin menjadi pekerja lepas, bagi untuk yang sudah bekerja maupun yang lagi menempuh perkuliahan. Semoga situs-situs tersebut dapat menambah penghasilan anda.

Baca: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

Komentar: