Manfaat Kuliah Sambil Bekerja Bagi Mahasiswa

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja Bagi Mahasiswa

Halo anak muda indonesia di mana pun berada, bila anda saat ini yang masi berumur sekitar 18-23 tahun yang mungkin masih duduk di bangku perkuliahan,  Apakah anda juga sambil bekerja full time maupun part time?

Jika jawabannya “iya”, maka anda sudah mengambil keputusan yang sangat tepat. Walaupun dalam menjalani itu Anda akan mengalami yang namanya kelelahan atau meningkatnya stress saat bekerja dan juga kuliah dalam satu hari.

Namun sobat ruang mahasiswa jangan pernah mengeluh, berikut adalah keuntungan kuliah sambil bekerja untuk anda.

1. Disiplin Terhadap Waktu.

Manfaat kuliah sambil bekerja
Source: kombrink.com

Tidak semuanya mahasiswa mampu melakukan kuliah sambil bekerja, namun bagi Anda yang saat ini kuliah sambil bekerja tentu akan sangat ketat terhadap waktu.

Tanpa kita sadari dengan sendirinya akan belajar untuk memanajemen waktu. Anda akan berpikiran bahwa waktu sangat lah penting, seperti orang bijak mengatakan “Time is Money” waktu adalah uang.

Baca juga: Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

Ketika Anda telah bekerja menjadi seorang manajer ataupun eksekutif di dalam perusahaan yang pastinya akan membutuhkan orang-orang yang pandai dalam membagi waktu dengan sangat baik.

2. Melatih Fokus.

Dengan kita bekerja dan kuliah pastinya membutuhkan fokus yang sangat besar dari Anda, sebab Anda harus fokus dalam bekerja agar kerja anda bisa konsisten dengan baik dan juga harus fokus terhadap pelajaran di perkuliahan agar bisa lulus dengan hasil yang memuasakan.

3. Menambah dan Memperluas Relasi.

Kuliah sambil bekerja mengharuskan kita berada pada dua lingkungan yang berbeda dalam satu hari. Dengan kita melakukan dua kegiatan ini tentunya dapat menambah relasi pertemanan melalui lingkungan perkuliahan dan juga di tempat anda bekerja.

Orang-orang yang menjadi teman Anda mungkin saja bisa membawa Anda ketingkat kesuksesan di masa depan.

Oleh karena itu sobat ruangmahasiswa.com tambahlah relasi perkawanan Anda tidak hanya di tempat kampus saja tetapi juga tempat Anda bekerja saat ini.

4. Mandiri Dalam Mengelola Keuangan

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja
Source: willwill.tistory.com

Bagi sobat yang kuliah sambil bekerja tentunya mempunyai satu tujuan yaitu untuk meringankan beban orang tua yang sudah menyekolahkan kita di bangku pendidikan selama 12 tahun lamanya di sekolah formal.

Tempat bekerja bisa kita jadikan sebagai tempat pelarian hidup, tempat dimana kita bisa menemukan dunia baru. Dengan bekerja tentunya sobat akan mendapatkan gaji setiap bulannya dan yang anda lakukan adalah menyisihkan untuk biaya perkuliahan dan untuk uang saku untuk biaya hidup.

Selain untuk mengurangi beban orang tua, tentunya juga anda sudah belajar bagaimana mengatur keuangan dengan cara mandiri tanpa kita sadari sendiri. hal ini sangatlah berguna untuk anda kelak dimasa depan.

5. Menambah pengalaman

Perkerjaan yang anda tekuni saat ini mungkin saja bukanlah impian yang anda harapkan. Namun bila Anda tetap menjalaninya dengan penuh ketekunan dan semangat yang besar tentunya akan memberikan pengalaman baik untuk Anda untuk melamar kerja untuk kedepannya setelah anda selesai kuliah. Karena sebelum tamat kuliah anda sudah memiliki pengalaman kerja.

Lihat yang ini juga: 7 Kerja Part Time Cocok Buat Mahasiswa

Nah bagi sobat ruangmahasiswa, Kuliah sambil bekerjalah untuk menambah wawasan dan juga pengalaman yang berharga selama anda kuliah tanpa harus mengharapkan dari orang tua.

Dengan kuliah sambil bekerja anda akan makin giat dalam belajar sebab anda tahu begitu sulit untuk mendapatkan uang kuliah.

Itulah beberapa manfaat kuliah sambil bekerja bagi mahasiswa. Semoga artikel ini dapat bermamfaat untuk anda, Jangan lupa di share ya sobat.

Komentar: