7 Film yang Wajib Ditonton Mahasiswa

film untuk mahasiswa

Sobat kampus, ketemu lagi bareng aku nih. Nah, kali ini kita akan membicarakan tentang film-film yang wajib loh di tonton mahasiswa. Selain buku, film tentunya menjadi referensi yang bagus buat nambah wawasan dan pengetahuan kita.

Selain itu, film juga bisa membawa kita haru-biru saat mengikuti alurnya. Oke deh guys, langsung aja pantengin channel kita ya. Ekh maksudnya, let’s check it out baby….

1. Spare Parts

film bagus untuk mahasiswa

Film ini menceritakan bagaimana kegigihan 4 orang anak SMA yang bersusah payah mengikuti kontes lomba robotik. Pasalnya, kontes itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mulai dari perakitan hingga penyempurnaan robot. Mereka luntang-lantung mencari dana mengikuti lomba tersebut. Tidak sampai disitu, fasilitas SMA tempat mereka bersekolah juga kurang memadai. Singkat kata, perjuangan mereka sangat keras.

Dalam kontes itu, keempat anak SMA tersebut justru tidak memilih kategori SMA dalam perlombaan. Mereka justru memilih kategori mahasiswa. Sesuatu yang mengejutkan guys.

Baca: 7 Manfaat Membaca Buku

Dan tahukah pembaca bagiamana akhir kisahnya? Hehe, silakan ditonton sendiri ya guys. Yang jelas, film ini mengajarkan pentingnya berjuang untuk mencapai cita-cita kita. So, kita pun harus gitu juga ya…

2. Soe Hok Gie

Film bergenre seperti Soe Hok Gie dijamin membuat kita menjadi manusia yang cerdas.

Film ini menggambarkan bagaimana sosok Soe Hok Gie (yang menjadi figur utama-seorang mahasiswa Sastra UI) hidup di masa Soekarno dengan beragam polemik dan permasalahan bangsa.

Ia hadir dan menjelma menjadi sosok yang kritis dan gigih memperjuangkan kaum-kaum marginal (tertindas). Haru-biru masa Revolusi Kronik (1945-1966) akan diperlihatkan dalam film ini. Silakan menonton. Dan jadilah penikmat sejarah…

3. Rudy Habibie

Siapa yang tak kenal dengan Rudy Habibie (BJ. Habibi) yang lewat film Habibi/Ainun menjadi sorotan di kancah perfilman nasional.

Tapi, di film ini, kita tidak akan mendapatkan kisah cinta mereka berdua. Justru yang ditampilkan ialah kegigiahn Rudy Habibi dalam menempuh kuliah di Jerman.

Film ini menceritakan bagaimana awal mula Rudy yang lompat tingkat dari universitasnya di Indonesia, hingga polemik dalam rencana pembangunan Indonesia, sampai ke pembentukan industri dirgantara. Film ini merupakan gambaran bagaimana kehidupan Rudy Habibi yang jenius dalam merancang pembangunan Indonesia.

Baca: 7 Hal Menjadikan Masa Muda Lebih Bermakna

Satu pesan yang saya ingat dalam film ini adalah, dimanapun kita berada, sejauh apapun kita melangkah, jangan lupakan ibu pertiwi. Di pangkuannya, kita dulu besar dan dibesarkan. Inilah yang dalam bahasa Batak dikenal sebagai “Marsipature Hutanabe”.

4. 9 Summers 10 Autumns

Film yang dibintangi oleh Ikhsan Idol ini patut ditonton oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. Film ini bercerita tentang seorang anak yang ingin mengejar cita-citanya.

Di masa sekolah, ia memang sudah menampakkan kepintarannya diantara teman-teman sebayanya. Bahkan, setelah tamat SMA, ia diterima lulus tanpa tes di Institut Teknologi Bandung jurusan Statistika. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Perjuangannya tidak sampai disitu. Di bangku kuliah, ia pun banyak menghadapi kendala karena kondisi keuangan orang tua yang pas-pasan.

Belum lagi, anak yang terbilang ‘polos’ ini sering di kompas oleh preman-preman setempat. Namun karena kegigihannya, ia kemudian berhasil menyelesaikan S1 nya dengan predikat yang memuaskan.

Setelah itu, ia kemudian diterima kerja di perusahaan di Jakarta. Tidak berselang lama, ia kemudian diterima bekerja di New York sebagai ahli statistika.

Memang kalimat ini benar, tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Apa yang dulu diperjuangkannya dengan gigih mencapai hasilnya di masa mendatang. Jadi bersabarlah dalam proses.

Bagi saya, film ini tentunya sangat memotivasi karena kehidupannya yang sesuai dengan yang saya alami. Satu hal yang saya pahami, si anak tersebut tidak pernah lupa untuk selalu beribadah dan tidak lupa pada keluarga yang telah membantu dia di kala suka dan duka.

Singkat kata, kita hendaknya tidak menjadi kacang yang lupa akan kulitnya. Namun, tetap rendah hati kalaupun kesuksesan itu sudah diraih. Semoga ya guys.

5. The Theory of Everything

film untuk mahasiswa

Film ini adalah autobiografi Stephen Hawking. Siapa yang tidak kenal dengan bapak penemu teori BingBang dan Fisika Kuantumnya.

Dalam film ini diceritakan bagaimana Stephen Hawking mampu menghasilkan beragam penemuan sampai pada akhirnya ia dinyatakan lumpuh oleh dokter. Namun, di balik kelumpuhannya ia terus berkarya dan menghasilkan beberapa buku.

Satu hal yang perlu kita pelajari dalam film ini adalah kemampuan menciptanya di masa mahasiswa dan perjuangannya yang gigih dalam melawan penyakitnya.

Film ini menjadi referensi yang menarik bagi seluruh mahasiswa yang ada di dunia, khususnya yang tertarik pada ilmu alam semesta dan tata surya.

6. God is Not Dead

Film ini menceritakan seorang mahasiswa yang ditantang oleh seorang Professor untuk menjelaskan mengenai eksistensi Tuhan.

Pasalnya, di awal kelas, Professor tersebut mewajibkan mahasiswanya untuk menulis ‘Tuhan sudah mati’ di lembar kertas. Bagi yang tidak menuliskannya akan dikeluarkan dari kelas.

Baca: 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Menghadapi Ujian

Dan pada saat itu, si mahasiswa tersebut tidak melakukannya. Itulah yang kemudian membuat dia harus menjelaskan keberadaan Tuhan di depan Professor dan teman kelasnya.

Singkat cerita, si mahasiswa tersebut belajar keras untuk menambah pengetahuannya seputar Tuhan. Bahkan, waktu untuk berkencan dengan pacarnya pun harus ditinggalkannya. Hingga pada akhirnya, si pacar mahasiswa tersebut memutuskannya.

Keadaan semakin runyam tatkala ia harus berjuang keras untuk mengerti tentang konsep keTuhanan. Sebuah hal yang baru yang sangat sulit dijangkau mahasiswa semester awal.

Namun berkat kegigihan dan doa yang terus dipanjatkannya, mahasiswa tersebut mampu meyakinkan tidak hanya Professor tersebut, namun juga rekan-rekan yang ada di kelas tentang eksistensi Tuhan.

Bahkan si Professor yang ateis itu akhirnya mengakui kekalahan nya dan kemudian berbalik untuk memercayai Tuhan di akhir hidupnya.

Film ini mau memberikan nasihat pada kita bahwa pengetahuan tidak bisa dinilai dari umur. Pun begitu, sebagai mahasiwa, tidak hanya pengetahuan saja yang kita andalkan, namun oleh karena kuasa-Nya, kita dimampukan. Andalkanlah Tuhan dalam seluruh kegiatanmu ya guys

7. The Imitation Game

Film ini merupakan fim yang diangkat dari kisah nyata seorang penemu mesin enigma yakni Alan Turing. Mesin Enigma adalah mesin yang ditemukan di masa perang dunia II untuk memecahkan kode-kode yang dilancarkan oleh pemimpin NAZI ketika itu.

Yang menciptakannya adalah seorang mahasiswa jurusan matematika. Ia bersama beberapa rekan mahasiswanya berjuang keras untuk memecahkan kode-kode pemimpin NAZI yang sulit dipecahkan. Hingga akhirnya, dengan perjuangan yang tiada henti, mereka berhasil memecahkan kode-kode rahasia tersebut dan berbuntut pada kekalahan Jerman dalam PD II.

Kisah di film ini juga menggambarkan bagaiman kegigihan seorang mahasiswa dalam menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak terpikirkan manusia lain.

Penemuan Alan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya komputer modern saat ini.. Kita patut berterima kasih banyak sama beliau.. Tanpa dia, mungkin kita tidak mengenal jejaring sosial tempat kita ber-haha, hehe, hoho… Ckckck.

Gimana guys, mana nih film yang betul-betul sesuai dengan kehidupan kalian? Yang pasti, film-film ini wajib ditonton ya. Sekian dulu ya episode kali ini. Nantikan tulisan-tulisan berikutnya. Eits, ada yang lupa. Bila ingin filmnya, silakan hubungi saya via Facebook ya: Fajar Anugrah Tumanggor. See you

*Penulis adalah penikmat film

 

Komentar: