6 Tips dan Trik Hidup Hemat Ala Anak Kost Kekinian

Hidup sebagai anak kost berbeda jauh dengan hidup seperti dirumah orang tua. Jika dirumah kamu hidup dengan serba tidak kekurangan, namun sebagai anak kost kamu harus bertahan dengan keterbatasan.

Tidak jarang, di awal bulan bagi anak kost adalah berkah yang melimpah kala uang kiriman telah sampai ke tanganmu. Namun, coba bandingkan dengan tengah dan akhir bulan, saat dompet mulai menipis, rasanya seperti minum kopi tanpa gula, rasanya pahit.

Saat akhir bulan tiba, tak jarang anak kost dituntut untuk berjuang untuk bertahan hidup dengan uang yang tinggal beberapa lembar.

tips-trik-hemat-ala-anak-kost
Siklus hidup anak kost pada umumnya 😀

Kali ini, akan saya bagikan pengalaman saya untuk bertahan hidup ala anak kost kekinian, supaya bisa bergaya kekinian dan hidup kamu nggak merana lagi. Tapi mau ikuti apa enggak terserah kamu sih. Hehe…

1. Perhitungkan Biaya Makan dan Variasi Makanan. Karena Kebutuhan Makan adalah pengeluaran terbesar

Cara bertahan hidup yang pertama yaitu memperhitungkan biaya makanan. Kamu hanya perlu membuat variasi yang jenius dan tepat supaya bisa makan enak, sehat, dan so pasti murah. Berikut variasi makanan yang saya sarankan.

a. Mi Instan: 

Sepertinya hidup sebagai anak kost belum sah kalau nggak makan mi instan. Dalam hal ini bukan berarti makanan yang tiap hari kamu makan adalah mi instan. Maksimalkan saja makan mi instan dalam seminggu dan harinya jangan sampai berturut-turut.

b. Belilah minuman sereal sebagai pengganti makan malam

Buat kamu yang tidak terbiasa sarapan dalam porsi besar, minuman sereal ini bisa jadi pilihan untuk mengganjal perut yang kelaparan( hitung-hitung diet). Harganya murah dan membuatnya pun mudah. Asumsikan sereal ini untuk dijadikan selingan dan variasi makanan dalam seminggu. Maksimalkan kamu meminum sereal ini sebanyak 2 kali seminggu.

c. Masak makanan dan minumanmu sendiri

Untuk anak kost biasanya dilengkapi dengan rice cooker dan dispenser di dalam kosannya. Ada juga sebagian kost yang memiliki dapur.

Jika yang punya dapur di kostnya, ada kalanya kamu memasak untuk dirimu sendiri, dengan memasak makananmu sendiri hal ini akan menjadi lebih hemat untuk bertahan hidup, kamu bisa mengatur lauk apa yang kamu makan dengan harga yang murah yang kamu beli di pasar dibandingkan dengan warung-warung yang ada di sekitar kost kamu. Untuk yang tidak punya dapur di kostnya, usahakan untuk menanak nasi, hal ini untuk menghemat biaya membeli nasi ke warung.

Jika kamu tidak sempat untuk memasak di kost kamu, variasi nasi dengan lauk – pauk di bawah ini menjadi pilihan yang tepat.

  • Nasi + telor : Dengan harga yang cukup murah dan mudah didapatkan, menu ini bisa menjadi menu andalan kamu, untuk menu ini kamu bisa menyantapnya 3 kali seminggu.
  • Nasi + sayur : Menjadi anak kost bukan berarti kamu tidak sehat, kamu harus tetap makan sayur uintuk memenuhi kebutuhan gizi. Menu ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mengatur variasi makananmu.
  • Nasi + tahu tempe : Belum sah jika anak kost tidak makan tahu tempe. Menu ini kamu juga bisa jadi variasi makananmu selama sebulan.
  • Nasi + ikan/ayam : Menu ini menjadi menu termewah selama satu bulan, karena harganya yang lumayan mahal dibandingkan yang lain, namun bukan berarti kamu tidak bisa makan enak, kamu harus bisa memperhitungkan kapan saja kamu menyantap menu ini.

Untuk biaya minuman, kamu bisa minum dari warung nasi tempat kamu makan, jadi biaya minum = Rp.0

2. Untuk keperluan kost, berbelanjalah sebulan sekali, “Belanjalah yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan!”

Cara bertahan hidup yang selanjutnya adalah belanja sesuai kebutuhan. Sering kali anak kost jika mendapat uang kiriman dari orangtuanya langsung pergi ke supermarket untuk membeli barang untuk kebutuhan bulanan mereka.

Sebelum berbelanja, kita menganggap persediaan sebelumnya telah habis dan membutuhkan persediaan baru tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Namun, hal ini justru membuat kamu akan boros.

Baca: 10 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Anak Kos

Sebelum berbelanja ada kalanya kamu membuat daftar kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan. Kemudian kamu survey supermarket yang menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Hindari membeli barang terus menerus karena hal ini akan membuat kamu lapar mata dan membeli barang yang tidak terlalu kamu butuhkan sehingga menjadikan kamu semakin boros.

3. Mencuci Baju Sendiri

Jangan manja jadi anak kost. Anak kost itu wajib mandiri. Jangan terlalu mengandalkan jasa laundry. Menggunakan jasa laundry membuat kamu makin boros. Biar uangmu bisa dihemat untuk makan, kamu bisa mencuci bajumu sendiri, lagi pula, mencuci baju bisa dijadikan sebagai olahraga gratis. Xixixi.

tips-hidup-ala-anak-kos-2

4. Menggunakan uang dengan bijak, kalau bisa nebeng ke teman jika hendak bepergian

Bagi kamu anak kost yang tidak punya kendaraan, kemana-mana biasanya menggunakan transportasi yang membutuhkan ongkos yang tidak sedikit. Daripada kamu harus naik angkot atau naik ojek, kamu bisa minta tolong temanmu untuk mengantarkan kamu ke tujuanmu. Atau kalau jarak tujuanmu dekat, kamu bisa berjalan kaki. Dengan hal ini uangmu tidak akan cepat habis.

Bukan berarti pelit tapi hal ini efektif untuk mengurangi pengeluaran. Tapi jangan lupa, suatu saat kamu harus menolong  temanmu atau men-traktir dia atau hanya sekadar mengisi bensinnya, supaya dia tetap bisa di-tebengin.

5. Tersambung ke internet nggak harus mahal, beli perdana kuota yang banyak promo dan manfaatkan Wifi kampus atau kost teman.

Kamu pasti tidak terlepas dari sambungan internet. Sambungan internet pasti setiap hari kamu butuhkan. Dengan begitu kamu pasti akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk internet. Namun sekarang sudah banyak dijual paket kuota internet dengan beragam promo dengan harga yang terjangkau, kamu bisa membelinya untuk memenuhi kebutuhan internet kamu.

Wifi kampus juga bisa kamu gunakan jangan sampai fasilitas kampus yang satu ini kamu sia-siakan, internet cepat, tanpa batas dan GRATIS.

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

Saat ini, banyak kost yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya adalah wifi, kamu bisa menggunakan fasilitas wifi kost temanmu untuk menggunakan akses internet.

6. Walaupun lagi berhemat, jadi anak kos kekinian kamu tetap bisa Hangout bareng teman-teman kamu.

Berhemat bukanlah alasan kamu untuk tidak bisa hangout bersama teman-teman kamu. Namun ada hal yang harus kamu ingat, niat utamanya adalah kumpul dan ngobrol, bukan berarti hal ini menjadi ajang membeli makanan-makanan unik dan minuman paling enak. Jadi, disarankan pilihlah menu yang paling murah. Lagi pula, tidak akan ada yang mengejekmu jika kamu membeli menu yang paling murah.

Berhemat itu mudah kok.  Sekarang intinya di kamu. Kamu perlu menguatkan niat supaya bisa lebih banyak menabung dan berhemat. Semoga di akhir bulan nanti, kamu tidak makan promag lagi ya 😀

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Penulis: Prawita Oktovini Sihotang

Pejuang Bumi Parahyangan

One komentar pada “6 Tips dan Trik Hidup Hemat Ala Anak Kost Kekinian

Komentar: