Tahun Ajaran (TA) baru akan menjadi petualangan baru bagi kamu dan bisa menjadi sesuatu yang spesial.

Karna bisa saja kamu yang membaca ini, selain pada umumnya merasakan kenaikan kelas, ada juga yang naik jenjang sekolah atau kuliah.

Misalnya dari SD menjadi siswa SMP, SMP ke SMA atau menjadi tahun pertama menginjakkkan kaki menjadi mahasiswa.

Nah, tahun ajaran baru bisa memberikan pengalaman baru dan luar biasa bagi kamu, dengan suasana baru, teman baru hingga pelajaran dan juga kegiatan – kegiatan baru.

Namun, agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik menghadapi tahun ajaran baru, kamu perlu memperhatikan dan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Membeli dan Mempersiapkan Peralatan Belajar

Biasanya setiap tahun ajaran baru, buku dan alat – alat tulis baru perlu kamu persiapkan. Di samping itu, kamu juga perlu membeli sepatu dan tas jika memang yang sebelumnya sudah rusak atau tidak layak pakai lagi.

Nah, bagi kamu yang juga melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya, misalnya SD – SMP, SMP – SMA atau SMA ke Kuliah, kamu pastinya harus membeli seragam baru sesuai jenjang.

Ada pula seragam wajib dari sekolah atau kampus yang perlu harus kamu beli, sesuai ketentuan dimana kamu sekolah atau kuliah.

2. Mempersiapkan Diri untuk Lingkungan Baru

Nah, lingkungan baru akan sangat terasa bagi kamu siswa/i atau mahasiswa/i baru.

Pastinya dengan sekolah baru atau pertama kali menginjakkan kaki di kampus, pastinya kamu juga akan berada di lingkungan baru, teman dan suasana baru.

Terutama kamu yang harus bersekolah / berkuliah ke luar kota. Pastinya banyak yang harus kamu persiapkan untuk bisa beradaptasi.

Misalnya budaya, tradisi, bahasa dan juga tata krama di sekitar yang musti kamu pelajari

Baca juga: 7 Prinsip yang Harus Dipegang Anak Perantauan

3. Mencatat Jadwal Pelajaran

mencatat jadwal pelajaran baru

Pastinya dengan tahun ajaran baru, jadwal kelas dan mata pelajarannya juga berubah.

Kamu perlu mencatat dan mengetahuinya sebelum proses belajar mengajar dimulai. Agar kamu juga tidak ketinggalan atau kelupaan jadwal – jadwal kelas yang akan berlangsung.

4. Menentukan Target yang Ingin Dicapai

Tentunya dengan tahun ajaran baru ini, kamu juga penting membuat target semester dan tahunan yang ingin dicapai.

Misalnya bisa menjadi juara kelas, atau meningkatkan nilai raport, bisa menjadi tim olimpiade sekolah, memiliki prestasi di kegiatan ekstrakurikuler bahkan untuk yang kelas XII bisa lulus di PTN Favorit.

Nah, kamu bisa memilih atau menentukan beberapa target kamu sendiri. Dengan begitu arah belajar kamu lebih jelas dan terencana karna tahu tujuan jelas yang ingin dicapai.

Baca juga: Ingin Menjadi Siswa Berprestasi? Ikuti 5 Kompetisi Pelajar ini!

5. Membuat Rencana Pembelajaran

Setelah kamu membuat target yang ingin dicapai, tips berikutnya adalah kamu membuat rencana pembelajaran.

Misalnya untuk bisa meraih juara kelas, meningkatkan nilai raport atau lulus di PTN favorit, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar atau kelas tambahan di luar jam sekolah.

Untuk bisa menjadi tim utama basket sekolah misalnya, kamu harus lebih banyak berlatih, sharing dengan teammate kamu yang lebih jago dan berpengalaman, atau juga mengikuti kompetisi lebih banyak.

Selain itu kamu bisa mengesampingkan atau mengurangi kegiatan – kegiatan yang kurang produktif atau tidak terlalu menunjang positif kepada target – target yang ingin kamu capai.

Misalnya terlalu banyak main game, terlalu banyak nongkrong dan lain sebagainya.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, untuk mencapai target – target kamu terutama dalam peningkatan prestasi akademik, ada perlunya kamu mengikuti bimbingan belajar.

Nah, kamu juga perlu mengetahui dan memilih tempat bimbingan belajar terbaik. Salah satunya adalah Brain Academy.

Brain Academy ini bisa menjadi pilihan yang cocok dan terbaik bagi kamu karena fitur dan fasilitasnya yang sangat lengkap.

Ada 2 pilihan yang ditawarkan oleh Brain Academy yakni:

1. Brain Academy Online

Belajar interaktif dengan master teacher + kelas pengembangan softskill yang dilakukan secara daring.

2. Brain Academy Learning Center

Brain Academy juga memiliki tempat – tempat belajar offline atau yang disebut dengan Learning Center. Cabang Brain Academy yang menawarkan fasilitas terbaik dari sebuah tempat les. Tersedia lebih dari 50 cabang di Indonesia

Sehingga Brain Academy ini cocok menjadi pilihan kamu dengan opsi belajar online dan offline-nya.

Itulah tips atau langkah yang bisa kamu ikuti dan lakukan untuk persiapan semester dan tahun ajaran baru, agar kamu mendapatkan proses pembelajaran yang lebih maksimal dan memiliki prestasi akademik yang cemerlang.