Sebelumnya kita sudah membahas berapa nilai aman UTBK untuk bisa lolos ke SBMPTN 2019, untuk yang belum baca boleh di klik artikel ini:

Nilai Aman UTBK untuk Lolos SBMPTN 2019

Di mana kita tahu bersama, pada sistem baru SBMPTN ini kita terlebih dahulu mendapat nilai UTBK yang akan kita ajukan untuk memilih jurusan di PTN nantinya.

Namun dengan artikel yang kami terbitkan muncul kegalauan – kegalauan di antara peserta SBMPTN karena kami menyebutkan bahwa Nilai Aman berada pada skor 655 ke atas 

Mengapa galau?

Karena rata – rata peserta UTBK mengaku nilai mereka di bawah nilai aman. Ada yang mengaku mendapat nilai rata – rata 550, 500, 450, 400 dan di bawahnya lagi.

Memang sangat jarang yang mengaku mendapat nilai 655 ke atas.

Pertanyaannya:

Apakah sudah paham betul dengan nilai aman yang kami maksud?

Nilai Aman adalah nilai aman dan berpeluang besar untuk lolos di semua jurusan dan semua PTN di seluruh Indonesia, karena kita melakukan perhitungan dan pengambilan sample secara nasional. Ini tidak mengartikan bahwa nilai di bawah 655 tidak berpeluang lolos.

Jadi apakah nilai di bawah Nilai Aman masih berpeluang?

Ya, masih banyak peluangnya, terutama peserta yang mendapat nilai di rentang 500 – 655

Penjelasan tentang Peluang Lolos SBMPTN 2019

Kamu pastinya sudah tahu bahwa di Indonesia ada PTN favorit, ada yang biasa, ada yang kurang favorit, begitu juga dengan jurusannya, ada yang jurusan tinggi peminatnya, ada yang menengah, ada yang kurang diminati.

Jadi ini tidak bisa kita samakan semua, tergantung pilihan PTN dan jurusan kamu apa.

Jadi agar kamu memiliki peluang LOLOS ke SBMPTN 2019 perhatikan dan ikuti penjelasan dan tips berikut ini:

1. Tentukan PTN tujuanmu dengan pasti

Universitas Negeri Yogyakarta

Sumber gambar: trivia.id

Selama ini kamu pasti punya PTN favorit yang kamu idam – idamkan, PTN favoritmu bisa jadi bukan favorit orang lain atau tidak masuk dalam 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik , namun kamu sangat ingin kuliah di sana.

Maka segera tentukan 2 PTN yang pasti kamu minati

2. Pilihlah beberapa jurusan yang kamu minati

Setelah memilih PTN yang ingin kamu tuju, pilihlah beberapa jurusan di setiap PTN yang kamu minati. Kami selalu berharap bahwa jangan pernah memilih jurusan yang tidak pernah kamu minat atau tertarik, karena nanti jikalau pun lolos, kamu tidak serta merta semangat untuk kuliah di sana. Bayangkan saja, kuliah selama 4 tahun itu bukanlah waktu yang singkat.

Kami sarankan kamu membuat list 5 jurusan yang ingin kamu pilih di PTN tersebut. Jangan sampai salah memilih jurusan.

Silahkan baca dulu: Calon Mahasiswa, Hindari 5 Kesalahan dalam Memilih Jurusan

3. Bandingkan daya tampung, peminat dan peluangmu terhadap list jurusanmu

Setelah kamu membuat list jurusan, sekarang bandingkan mana jurusan yang membuatmu paling berpeluang lolos.

Perhatikan, ada beberapa faktor hubungan daya tampung dengan peminat:

  • Jurusan dengan daya tampung sedikit, peminat tinggi
  • Jurusan dengan daya tampung banyak, peminat tinggi
  • Jurusan dengan daya tampung banyak, peminat rendah
  • Jurusan dengan daya tampung sedikit, peminat rendah

Misalnya:

A. jurusan Ilmu Komputer di Universitas Sumatera Utara memiliki daya tampung untuk SBMPTN 2019 sebanyak 54 kursi, dengan peminat pada SBMPTN 2018 lalu adalah 3.126

Peluang kamu = 3.126 –  54 = 3.072 (artinya nilai UTBK kamu harus di atas 3.072 pelamar Ilmu Komputer lainnya )
Catatan: angka peminat ini adalah 2018, jadi 2019 bisa berubah lebih rendah atau lebih tinggi tetap prediksi tidak terlalu jauh dari angka tersebut.

B. jurusan Fisika di Universitas Sumatera Utara memiliki daya tampung untuk SBMPTN 2019 sebanyak 44 kursi, dengan peminat pada SBMPTN 2018 lalu adalah 355

Peluang kamu = 355 –  44 = 311 (artinya nilai UTBK kamu harus di atas 311 pelamar Fisika lainnya )
Catatan: angka peminat ini adalah 2018, jadi 2019 bisa berubah lebih rendah atau lebih tinggi tetap prediksi tidak terlalu jauh dari angka tersebut.

Jadi mana yang lebih berpeluang?

Otomatis adalah jurusan Fisika, karena sainganmu jauh lebih sedikit. Wajar saja, bahwa Ilmu Komputer USU merupakan jurusan paling tinggi peminat ke-3 sedangkan fisika merupakan jurusan yang paling rendah peminat di USU pada kategori Saintek.

Sekarang kamu bisa melihat peluangmu di 5 jurusan yang kamu buat di daftar tadi kan?

4. Pertimbangkan jurusan yang paling berpeluang

Setelah kamu analisis, sekarang pertimbangkan jurusan yang paling berpeluang dan tentukan pilihan 1 – 2 jurusan dengan mantap. Artinya yang paling berpeluang adalah bandingkan dengan nilai yang kamu dapat, jika nilai UTBK makin rendah, pilihlah jurusan yang makin rendah peminatnya dari 5 list jurusan yang kamu suka tadi.

5. Rendah atau tinggi, kamu wajib daftar SBMPTN

Pesan kamu, rendah atau tinggi nilai UTBK kamu, kamu wajib daftar PTN karena sangat sayang usahamu selama ini, mulai dari persiapan belajar, ikut bimbingan belajar, mendaftar, ujian harus ke luar kota, cari lokasi dan masih banyak lagi.

Usaha itu sia – sia jika kamu mengurungkan niat kamu mendaftar hanya karena merasa nilai kamu rendah, sehingga ketika kamu daftar kamu pastinya wajib pilih jurusan. Tips memilihnya sudah dijelaskan di atas.

6. Percaya pada DOA dan keberuntungan

Tidak semua yang ada didunia ini bisa dipikirkan secara logika dan analitik. Tidak semua tentang angka – angka, tetap ada faktor keberuntungan dan percaya DOA kepada Tuhan kita sebagai umat beragama.

Jadi pilihlah jurusan dengan yakin dan optimis. Rezeki tidak akan kemana – mana, bisa jadi jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang sudah dipilihkan Tuhan kepadamu

Itu penjelasan dan tips agar bisa lolos SBMPTN 2019 dengan nilai UTBK yang tidak terlalu tinggi dari kami. Semoga bisa bermanfaat.