Universitas Mercu Buana, Jakarta – Di era modern saat ini, penggunaan gadget di kalangan masyarakat luas sangat dibutuhkan, bahkan anak-anak diusia dini yang masih bersekolah dasar pun sudah mahir dalam menggunakan gadget.

Namun, manusia tetap membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya dan generasi muda perlu mengambil sikap serta mampu melawan rasa malas terhadap belajar.

Anak – anak wajib mendapat pendidikan yang baik

Pendidikan merupakan investasi masa depan, oleh karena itu anak-anak berhak dan berkewajiban untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Pemanfaatan belajar sangat penting untuk saat ini, terlepas dari banyaknya masalah-masalah yang terjadi pada anak usia dini, yang tidak memanfaatkan jam belajar dan justru digunakan untuk hal-hal negatif, contohnya seperti tawuran antara sesama pelajar.

Kuliah Peduli Negeri (KPN) oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Berkaitan dengan hal ini, mahasiswa Universitas Mercu Buana dalam matakuliah KPN (Kuliah Peduli Negeri) meneruskan program yang telah diusung oleh Pemerintah WaliKota Jakarta Barat, yaitu JBM (Jam Belajar Malam) dengan mengadakan kegiatan sosialisasi terhadap anak-anak yang masih bersekolah dalam memafaatkan penggunaan gadget dengan bijak serta memanfaatkan waktu luang di malam hari untuk belajar mulai pukul 19: 00-21:00 setiap hari nya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu 18 Mei 2019 bertempat di RPTRA Maya Asri 13 Palmerah yang merupakan titik tengah berkumpulnya masyarakat di wilayah tersebut.

Agenda Kegiatan

Acara dihadiri oleh 43 anak-anak sekolah dasar hingga menengah pertama, dimulai dengan sambutan-sambutan yang dihadiri oleh para tamu undangan yaitu Sekertaris kelurahan Palmerah, SatgasPol PP, ibu-ibu PKK, serta pengelola-pengelola dari RPTRA.

Kemudian dilanjut dengan hiburan dari Tim Marawis Al-waton yang merupakan masyarakat asli daerah tersebut. Selanjutnya yaitu penyampaian materi “Gadget Pintar Hidupkan Jam Belajar Malam”  dan ditutup dengan sesi tanya jawab serta games yang berkaitan dengan materi.

“Saya sangat senang diadakannya acara positif seperti ini, semoga setelah terlenggaranya kegaiatan ini anak-anak jadi bisa lebih mengatur waktu jam belajarnya di malam hari” ungkap Bapak Teguh selaku SatGas PolPP.

Sosialisasi ini juga terdapat sharing pengalaman dengan mendatangkan pembicara seorang “Youtuber” yang bernama Fadli Rahman.

Bercerita terkait 2 hobi yang ditekuni yaitu menggambar dan bermain game online yang dapat menghasilkan uang melalui akun youtube nya. Antusias anak-anak terlihat jelas ketika sharing ini dilakukan dan beberapa bertanya bagaimana mengatur waktu jam belajar dengan baik dan bermain game online.

Malam hari digunakan untuk belajar dan tidak bermain gadget

“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini yaitu ingin mengajak adik-adik dan mengingatkan agar dapat memanfaatkan jam belajar malam nya untuk tidak bermain gadget. Alangkah baiknya Gadget Pintar ini kita gunakan untuk hal-hal yang dapat membantu kita untuk menjadi generasi bangsa yang cerdas” ungkap Anggi selaku ketua panitia kegiatan.

Contact Person : Utari Yulianti (utari.yulianti@yahoo.co.id)

Creativassion Team
Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No.1, RT.4/RW.1, Meruya Selatan